10 Manfaat Magnesium untuk Kesehatan Tubuh Anda

  • Whatsapp

Tubuh anda membutuhkan beragam nutrisi penting dari makanan, dan tidak bisa bertahan hanya dari satu jenis nutrisi saja. Untungnya, makanan bernutrisi tidaklah harus mahal, bahkan beberapa yang terlihat remeh temeh sebenarnya lebih menyehatkan dibandingkan dengan junk-food dengan harga yang lebih mahal.

Salah satu jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh anda adalah mineral magnesium, dimana menduduki peringkat ke-4 teratas dengan jumlah terbanyak yang ditemukan dalam tubuh seseorang.

Magnesium memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan otak anda, jadi pastikan anda untuk mendapatkannya secara teratur dari makanan.

Adapun beberapa manfaat yang bisa diberikan magnesium terhadap tubuh anda sudah kami susun secara lengkap di bawah ini.

  1. Terlibat Dalam Ratusan Biokimia Tubuh

Magnesium merupakan sejenis mineral yang bisa ditemukan di dalam bumi, laut, tanaman, binatang, serta manusia. Sementara 60% magnesium manusia bisa ditemukan di dalam tulang, dan 40% sisanya terbagi di beberapa bagian tubuh seperti otot, jaringan lunak, dan cairan seperti darah.

Faktanya, setiap sel di dalam tubuh anda mengandung mineral ini dan dibutuhkan agar fungsinya tetap berjalan dengan baik. Salah satu tugas utama dari magnesium adalah sebagai kofaktor atau molekul pembantu pada reaksi biokimia yang secara terus menerus dilakukan oleh enzim.

Dengan begitu, magnesium melibatkan di lebih dari 600 reaksi berbeda di tubuh anda termasuk:

  • Produksi energi. Membantu mengkonversi makanan ke dalam bentuk energi.
  • Membentuk protein. Membantu menciptakan protein baru dari asam amino.
  • Menjaga gen. Membantu membuat dan memperbaiki DNA dan RNA.
  • Pergerakan otot. Sebagai bagian dari kontraksi dan relaksasi otot.
  • Mengatur sistem saraf. Membantu mengatur neurotransmitter, yang mana akan mengirimkan pesan melalui oak dan sistem saraf anda.

Sayangnya, penelitian menunjukkan bahwa 50% orang-orang kurang mendapatkan mineral jenis ini. Jadi, pastikan anda untuk tidak melewatkannya.

  1. Meningkatkan Performa Latihan

Magnesium sangatlah memainkan peran penting terhadap performa latihan tubuh anda. Selama berolahraga, anda mungkin akan membutuhkan sekitar 10 hingga 20 persen magnesium lebih banyak dibandingkan ketika anda tengah beristirahat, tergantung dari aktivitas yang selalu anda lakukan.

Magnesium akan membantu memindahkan gula darah ke dalam otot-otot anda dan membuang laktat yang biasanya terbentuk selama sesi latihan dan menyebabkan kelelahan.

  1. Melawan Depresi

Tak hanya terhadap tubuh anda, magnesium juga memainkan peran penting terhadap fungsi otak dan mood anda, sehingga kadar rendah dari jenis mineral ini sangat berkaitan erat dengan peningkatan resiko seseorang terkena depresi.

Pada sebuah analisa yang melibatkan 8800 orang menemukan bahwa mereka yang berusia di bawah 65 tahun dengan asupan magnesium yang rendah cenderung memiliki resiko depresi hingga 22%.

Para peneliti juga berpendapat bahwa makanan modern saat ini sangatlah rendah akan kadar magnesium sehingga depresi dan stres pun semakin merajalela.

  1. Melawan Diabetes Tipe-2

Jika anda tengah menderita penyakit gula darah atau diabetes tipe-2, maka ada baiknya untuk segera meningkatkan asupan magnesium anda. Karena menurut penelitian menunjukkan bahwa sekitar 48% para penderita diabetes tipe-2 memiliki kadar magnesium yang rendah di dalam darah mereka.

Kondisi ini nantinya akan mengganggu kemampuan insulin dalam menjaga kadar gula darah anda tetap terjaga. Bahkan jika anda tengah sehat namun memiliki kadar rendah magnesium dalam tubuh, maka beresiko terkena diabetes dan mengembangkannya menjadi lebih berbahaya lagi.

Tetapi efek ini tentunya tergantung dari jenis makanan yang anda konsumsi. Hal ini karena magnesium yang didapatkan dari suplemen tidak memiliki efek apapun terhadap gula darah maupun kadar insulin di dalam tubuh seseorang.

  1. Mengurangi Tekanan Darah

Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi magnesium sebanyak 450 mg per harinya mampu mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik secara signifikan. Tetapi tentunya manfaat ini hanya terjadi para mereka yang tengah menderita tekanan darah tinggi.

Seseorang yang tidak memiliki gangguan atau kondisi tekanan darah tinggi tidak akan terpengaruh oleh kadar magnesium dalam tubuh mereka. Tetapi magnesium masih bisa dijadikan sebagai pencegahan terjadinya tekanan darah tinggi yang berpotensi berbahaya.

  1. Memiliki Sifat Anti-Radang

Asupan magnesium yang rendah telah terkait pula dengan peradangan kronis, yang salah satunya penyebab dari penuaan, obesitas, dan penyakit kronis. Terutama pada anak-anak dengan asupan magnesium rendah cenderung memiliki kadar tinggi akan penanda peradangan CRP.

Mereka juga cenderung memiliki kadar gula darah, insulin, dan kadar trigliserida yang tinggi dalam tubuhnya. Suplemen magnesium untungnya mampu mengurangi CRP dan penanda peradangan lainnya pada orang dewasa, orang dengan berat badan berlebih, dan mereka yang telah masuk kategori pradiabetes.

Makanan lainnya yang mengandung kadar tinggi akan magnesium seperti ikan berlemak dan coklat hitam dengan kandungan kakao 70% atau lebih di dalamnya juga patut didapatkan karena mampu mengurangi peradangan di tubuh seseorang.

  1. Mencegah Migrain

Sakit kepala migrain sangatlah menyakitkan dan melemahkan. Muntah, mual, serta sensitivitas terhadap cahaya bisa menjadi gejalanya. Banyak para peneliti percaya bahwa orang-orang yang selalu menderita migrain cenderung memiliki kadar magnesium rendah dalam tubuh mereka.

Faktanya, penelitian lainnya pun menemukan bahwa magnesium dapat mencegah dan bahkan membantu seseorang sembuh dari migrain. Dengan mengkonsumsi 1 gram suplemen migrain mampu membantu meredakan sakit migrain akut lebih cepat dan efektif dibandingkan dengan pengobatan lainnya.

  1. Mengurangi Resistensi Insulin

Resistensi insulin merupakan salah satu jenis penyebab utama dari sindrom metabolik dan diabetes tipe-2. Biasanya ditandai dengan gangguan sel-sel otot dan hati dalam menyerap gula secara benar dari aliran darah anda.

Selain itu, kadar tinggi akan insulin yang disertai dengan resistensi insulin bisa menyebabkan anda kehilangan lebih banyak magnesium yang dikeluarkan melalui air seni, sehingga anda pun akan semakin kekurangan mendapatkan mineral penting yang satu ini.

Jadi, tingkatkanlah asupan magnesium anda baik itu dari suplemen maupun makanan demi memerangi kondisi yang berbahaya ini. Suplemen magnesium sendiri bisa bekerja secara positif terhadap orang-orang dengan kadar gula darah normal sekalipun.

  1. Mengurangi Gejala Sindrom Pramenstruasi

Sindrom pramenstruasi atau PMS (premenstrual syndrome) merupakan salah satu jenis gangguan paling umum diantara wanita usia subur, baik itu wanita dewasa maupun ABG. Gejala ini bisa berupa retensi cairan, kram perut, kelelahan, dan mudah marah. Menariknya, magnesium telah terbukti mampu meningkatkan mood, mengurangi retensi cairan dan gejala lainnya terkait PMS.

  1. Aman Dikonsumsi dan Mudah Didapatkan

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa magnesium termasuk ke dalam mineral sehat yang terdapat dalam banyak makanan. Rekomendasi asupan harian dari magnesium sendiri adalah 400-420 mg untuk pria dan 310-320 mg untuk wanita per harinya.

Anda tentu boleh mendapatkannya dari makanan maupun suplemen. Tetapi jika anda ingin mendapatkannya dari makanan, cobalah mengkonsumsi kudapan di bawah ini.

  • Biji labu (16 gram): 46% dari rekomendasi harian anda (RDI)
  • Bayam (180 gram): 39% RDI
  • Coklat Hitam (100 gram): 33% RDI
  • Kacang hitam (172 gram): 30% RDI
  • Quinoa (185 gram): 33% RDI
  • Almond (24 gram): 25% RDI
  • Kacang mede (30 gram): 25% RDI
  • Makarel (100 gram): 19% RDI
  • Alpukat (200 gram): 15% RDI
  • Salmon (100 gram): 9% RDI

Sementara untuk suplemen, pastikan anda mendapatkan resep dari dokter untuk dosis yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Pos terkait