173 Jamaah Calon Haji Magetan Diberangkatkan

Pemberangkatan Calon Haji Magetan Tahun 2022.

Beritatrends, Magetan – Sebanyak 173 jamaah calon haji asal Magetan diberangkatkan, Senin (6/6/2022) sore. Rombongan diberangkatkan bupati Magetan Suprawoto dari Pendopo Surya Graha.

Kepala Kemenag Magetan, Muttakin dalam laporannya menerangkan, tahun ini Magetan mendapat kuota sebanyak 173 orang. Dengan usia termuda 21 tahun dan tertua 57 tahun.

”Alhamdulillah hari ini kita bisa memberangkatkan para jamaah. Setelah kurang lebih dua tahun tertunda karena pandemi,” terang Muttakin.

Sebagian besar dari 173 jamaah haji asal Kabupaten Magetan yang jadi berangkat beribadah haji tahun ini, ternyata melalui masa penantian sangat lama. Karena mereka sempat masuk daftar tunggu selama 32 tahun atau seperempat abad, sebelum akhirnya masuk kuota dan diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah tahun ini.

Uniknya, ada jamaah haji termuda berusia 21 tahun, yang artinya usianya tidak sepanjang masa daftar tunggu jamaah haji lainnya.

“Ada ketentuan dari pemerintah Saudi Arabia, peserta haji maksimal berusia 65 tahun,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama (KaKankemenag) Magetan, Muttakin.

Menurut Muttakin, tahun ini Kabupaten Magetan mendapat kuota 173 jamaah haji dan dua orang pendamping. Mereka akan berangkat dari asrama haji Surabaya dengan empat bus dan dua truk pengangkut barang.

“Jamaah asal Kabupaten Magetan akan berangkat bersama jamaah dari Pacitan dan Ponorogo dari asrama haji Surabaya, menuju Saudi Arabia, Selasa (7/6/2022) malam,” ungkap Muttakin.

“Alhamdulillah, tahun ini CJH yang berangkat paling tua berusia 57 tahun dan termuda 21 tahun,” tambahnya.

Muttakin berharap, jamaah haji yang rencananya berangkat pada 2023, tidak mencabut antreannya. Karena dengan dicabutnya daftar antrean, berarti CJH itu nantinya dihitung dari nol tahun.

“Bapak bupati, mohon bisa menasihati para CJH yang sudah masuk daftar antrean agar tidak mencabut antreannya, apalagi mengambil biayanya,” ujar Muttakin.

Dijelaskan Muttakin, jamaah haji yang berangkat akan kembali ke tanah air pada 18 Juli 2022 mendatang. “Mohon maaf kalau pelayanan dari Kankemenag Magetan kurang memuaskan. Selamat Jalan, semoga mabrur hajinya, aamiin,” pungkas Muttakin.

Pos terkait