2 Tahun Memimpin Ponorogo, Ini Capaian Kang Sugiri dan Bunda Rita

Beritatrends, Ponorogo – Pasangan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko dan Wakil Bupati Ponorogo Lisdyarita menapaki usia dua tahun pada 26 Februari 2023. Berbagai capaian telah ditorehkan keduanya di dua tahun pertama tersebut.

Visi dan misi yang diusung mereka dalam memimpin Kabupaten Ponorogo bukan sekedar diucapkan saja. Namun, harus dilaksanakan dan dibuktikan oleh pasangan ini.

Perlahan, hal itu sudah terlihat selama dua tahun kepemimpinannya saat ini. Visi dan misi tersebut terangkum dalam Nawa Dharma Nyata Kabupaten Ponorogo.

Capaian tersebut diantaranya. Dalam bidang pertanian, meningkatnya produktivitas dan daya beli petani melalui reformasi sistem pertanian. Nilai Tukar Petani (NTP) pada tahun 2021 yang target di angka 114,23 persen terealisasi 116,53 persen naik sebesar 2,3 persen.

Sedangkan pada tahun 2022 target 115,57 persen terealisasi 116,65 persen naik sebesar 1,08 persen. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan NTP provinsi dan nasional.

Selanjutnya, lebih dari 100 pembangunan sumur dalam untuk para petani yang daerahnya kekeringan ketika tiba musim kemarau.

Di sektor kesehatan, pendidikan dan kependudukan. Indek Pembangunan Manusia (IPM) menunjukkan tren positif setiap tahunnya sekarang di angka 71,87 persen.

Kenaikan juga terjadi pada angka harapan hidup di angka 73,20 persen. Sedangkan persentase penduduk miskin pun turun 0,94 persen, dari angka 10,26 persen persen menjadi 9,32 persen penduduk.

Penurunan angka stunting yang juga sangat signifikan yaitu di angka 14,20 persen, yang mana itu target dari pemerintah pusat untuk mewujudkan Indonesia emas.

Saat ini juga tengah dalam proses pembangunan rehabilitasi puskesmas Kauman menjadi rumah sakit tipe D, yang di targetkan rampung pada tahun 2023.

Sedangkan dalam sektor pembangunan prioritas daerah, pembangunan sangat signifikan khususnya infrastruktur jalan dan daerah khusus pariwisata dapat terealisasi. Dimulai dari awal pelantikan saat Covid-19 dimana APBD sudah di sahkan dan banyak refocusing untuk penanganan Covid-19. Pasangan Bupati Sugiri Sancoko-Wakil Bupati Lisdyarita membuat gebrakan dimana mampu menggerakkan masyarakat dan pihak swasta untuk gotong royong face off jalan HOS. Tjokroaminoto yang menjadi tempat wisata baru di tengah kota, hingga berlanjut pembangunannya saat ini di jalan Jendral Sudirman dan jalan Urip Sumoharjo.

Baca Juga  Wapres K.H Ma'ruf Amin Kunjungi Program Pengembangan Hortikultura Pisang Candendish di Ponorogo

Selain itu juga pembangunan infrastruktur jalan, lebih dari 450 Km jalan Kabupaten mendapat perbaikan melalui dan PEN dan juga BKKD untuk desa.

Dalam sektor pembangunan daerah khusus pariwisata. Pasangan Sugiri Sancoko-Lisdyarita membuat trobosan yang sangat signifikan yaitu pembangunan Monumen dan Museum Peradaban di Sampung, serta air mancur menari Nyayian Telaga di Ngebel yang di launching pada malam tahun baru 2023 yang mampu menyedot animo ribuan masyarakat Ponorogo memadati telaga Ngebel.

Tidak hanya itu, untuk mengakomodasi bakat anak muda, pasangan ini juga tengah membangun Sirkuit Balap yang saat ini selesai pembangunannya untuk balap motor cross dan terus berlanjut untuk pembangunan lintasan Drag Race.

Serta rehabilitasi tampak selatan Stadion Batoro Katong yang semakin megah. Terbaru Festival Nasional Reog Ponorogo (FNRP) yang baru pertama kali masuk agenda Kharisma Even Nusantara (KEN) langsung menempati peringkat ke-2 terbaik seluruh Indonesia. Serta Kabupaten Ponorogo masuk 5 nominasi pengusulan Unesco Creative City Network (UCCN) Tahun 2023.

Di sektor UMKM dan penguatan perekonomian masyarakat, Pasar Krempyeng menjadi solusi untuk mempromosikan hasil UMKM masyarakat, diharapkan disitu akan muncul perputaran ekonomi yang sangat bagus.

Kang Bupati Sugiri juga mengungkapkan beberapa capaian yang belum dituntaskan dalam dua tahun pertama kepemimpinannya, salah satunya belum tuntasnya infrastruktur.

“Meneruskan infrastruktur yang belum selesai, sisa-sisa yang belum bagus akan dilanjutkan. Mudah-mudahan capaian untuk tahun 2023 bisa lebih baik, dan di tahun 2024 saya pastikan bahwa infrastruktur akan bagus,” ungkapnya.

Pos terkait