5 Dapil Menjadi 6 Dapil Merupakan Opsi yang Istimewa Demi Pemerataan

Magetan - 5 Dapil Menjadi 6 Dapil Merupakan Opsi yang Istimewa Demi Pemerataan

Pemuda Asal Kota Magetan Abby

Beritatrends, Magetan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magetan menggelar Uji Publik Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Magetan dalam Pemilu 2024 mendatang, kegiatan yang pusatkan di Hotel Bukit Bintang jalan Mayjen Sukowati Kelurahan Tawanganom Magetan, Selasa (13/12/2022) yang lalu.

KPU Kabupaten Magetan menyodorkan 3 rancangan daerah pemilihan (dapil) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Dua rancangan dengan skema 5 dapil dan satu berskema 6 dapil.

Dari Uji Pablik tersebut waktu itu ada yang menginginkan tetap di dapil seperti sekarang 5 dapil dan ada juga yang menghendaki 6 dapil. Hasil uji publik ini masih akan usulkan ke KPU Provinsi dan akan diputuskan oleh KPU RI

Undang-undang, Peraturan Komisi Pemilihan Umum dan Keputusan Komisi Pemilihan Umum berdasarkan PKPU No. 3 Tahun 2022 Tentang Tahapan Pemilu, saat ini telah memasuki tahapan yang sedang berjalan yakni penataan daerah pemilihan (dapil) dan penataan alokasi kursi untuk pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Magetan dalam pemilu Tahun 2024.

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri, telah menyampaikan data Agregat Kependudukan (DAK2) semester 1 tahun 2022 kepada Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia, dengan keputusan KPU RI Nomor 457 Tahun 2022 yang merupakan sebagai dasar komisi pemilihan umum dalam melaksanakan tahapan penataan dapil dan alokasi kursi pemilu tahun 2024.

Akhirnya banyak media yang memberitakan bahwa persoalan Uji Publik Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi DPRD Kabupaten Magetan, masih banyak yang menginginkan tetap 5 dapil

Justru menurut salah satu Pemuda asal Kota Magetan Abby mengatakan uji publik untuk pemerataan daerah itu biar aspirasi di setiap daerah itu bisa terserap dengan baik contoh sekarang di Dapil 1 itu dewannya ada 5 itu 1 Kecamatan, bayangkan kalau ini ada opsi seperti ini Insyaallah di penambahan dabil yang ada tidak bisa disalahkan pemerataan discovery.

Aspirasi masyarakat harus dijadikan patokan bukan aspirasi anggota partai, kenapa ini harus kita lakukan karena masyarakat merasakan kurang pemerataan untuk dewan yang ada selama ini.

Opsi yang paling istimewa adalah dari 5 dapil menjadi 6 dapil dengan harapan minimal satu kecamatan terwakili oleh minimal mempunyai 1 anggota Dewan sehingga aspirasinya masyarakat bisa tersalurkan lewat dewannya dan pembangunan bisa merata dari Jasmasnya dewan tersebut, ini harus dibuktikan dan saya yakin dengan 6 dapil akan menjadi tolak ukurnya kemajuan pembanguan kedepannya.

Pos terkait