7 Jenis Makanan yang Baik Untuk Otak Anda

  • Whatsapp
7 Jenis Makanan yang Baik Untuk Otak Anda
7 Jenis Makanan yang Baik Untuk Otak Anda

Otak merupakan organ utama tubuh yang membuat anda menjadi manusia seutuhnya. Bayangkan saja, organ yang tertanam di dalam kepala ini merupakan pusat kendali dari tubuh yang bertugas dalam menjaga jantung anda tetap berdetak, paru-paru tetap bernafas, memungkinkan anda untuk mampu menggerakkan organ-organ tubuh, serta memiliki kendali untuk merasakan dan berpikir.

Jadi sudah sangat jelas, penting sekali untuk tetap menjaga agar otak anda bekerja dengan baik dan memiliki kondisi yang prima. Varian makanan pun harus tetap anda pilih dengan hati-hati karena segala apapun yang masuk ke dalam tubuh melalui mulut anda, dapat memainkan peran penting terhadap kesehatan otak anda tersebut.

Maka dari itulah, langkah pertama untuk meningkatkan kesehatan otak adalah dengan mendapatkan asupan makanan yang baik untuknya. Adapun beberapa jenis makanan tersebut telah kami rangkumkan secara spesifik di bawah ini.

  1. Ikan Berlemak

Jika kita berbicara mengenai makanan yang baik untuk otak, maka ikan berlemak bisa menjadi pilihan pertama bagi anda. Jenis ikan ini berupa salmon, sarden, dan berbagai jenis ikan lainnya dengan kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya.

Sekitar 60% otak anda terdiri dari lemak, dan setengah dari lemak tersebut merupakan jenis dari omega-3. Otak anda pun akan menggunakan omega-3 tersebut untuk membangun sel-sel otak dan jaringan, sehingga jenis lemak ini sangatlah penting untuk proses belajar dan memori.

Asam lemak omega-3 juga memiliki berbagai macam jenis manfaat untuk otak anda. Salah satunya adalah kemampuan untuk memperlambat penurunan mental terkait usia dan menghindari penyakit Alzheimer.

Sebaliknya, tidak mendapatkan asupan omega-3 yang cukup telah dikaitkan dengan gangguan belajar dan depresi. Jadi secara keseluruhan, mengkonsumsi ikan berlemak bisa memberikan tubuh anda manfaat kesehatan yang positif.

  1. Kopi

Jika kopi merupakan minuman favorit anda di pagi hari, maka tentunya anda akan senang mendengar kabar yang satu ini. Dua jenis komponen utama dari kopi adalah kafein dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan otak anda.

Kafein dalam kopi sendiri memiliki berbagai macam efek positif terhadap otak anda termasuk:

  • Meningkatkan Kepekaan. Kafein dapat menjaga otak anda tetap peka dan waspada dengan cara menghalangi adenosin, yaitu sejenis kimia yang membuat anda mengantuk.
  • Memperbaiki mood. Kafein juga dapat memperbaiki neurotransmitter perasaan baik seperti serotonin.
  • Mempertajam konsentrasi. Sebuah penelitian menemukan bahwa ketika orang-orang yang mengkonsumsi kopi di pagi hari atau dalam jumlah kecil sepanjang hari, maka secara efektif mampu menyelesaikan tugas-tugas yang membutuhkan konsentrasi.

Mengkonsumsi kopi dalam jangka panjang juga telah dikaitkan dengan berkurangnya resiko terkena penyakit neurologis, seperti Parkinson dan Alzheimer. Hal ini mungkin disebabkan oleh kandungan antioksidan yang dimilikinya.

  1. Blueberry

Buah jenis berry berwarna biru tua ini juga tak kalah dalam memberikan manfaat kesehatan terhadap tubuh, terutama untuk otak anda. Warnanya yang terlihat kebiruan tersebut disebabkan oleh kandungan antosianin, yaitu sejenis kelompok senyawa tanaman dengan efek antioksidan dan anti-radang.

Antioksidan sendiri berperan sebagai pelawan stres oksidasi dan peradangan, yang mana kedua kondisi ini telah banyak menyebabkan kerusakan seperti penyakit neurodegeneratif dan penuaan otak.

Bahkan beberapa antioksidan dari blueberry terlihat berkumpul di otak dan membantu meningkatkan komunikasi antara sel-sel otak. Cobalah untuk mengkonsumsinya di pagi hari untuk memberikan hasil yang lebih memukau.

  1. Kunyit

Kunyit beberapa waktu belakangan ini semakin banyak dicari oleh para pecinta makanan sehat. Rempah-rempah berwarna kuning cerah yang menjadi bahan utama dari pembuatan kari ini juga ternyata memiliki sejumlah manfaat terhadap otak anda.

Kurkumin, sejenis bahan aktif dari kunyit telah terbukti mampu melintasi penghalang darah di otak. Artinya, kurkumin dapat secara langsung sampai di otak anda dan memberikan manfaat positif terhadap sel-sel yang terdapat di sana.

Adapun kandungan antioksidan dan anti-radang ampuh di dalamnya telah terbukti memberikan manfaat kesehatan pada otak diantaranya:

  • Memberi Manfaat Terhadap Memori. Kurkumin dapat membantu memori para penderita Alzheimer. Bahan aktif ini juga bisa membantu membersihkan plak amiloid yang telah menjadi penyebab dari penyakit terkait memori.
  • Meredakan depresi. Kunyit dapat meningkatkan serotonin dan dopamin, yang mana keduanya dapat memperbaiki mood anda. sebuah penelitian menemukan bahwa kurkumin dapat meredakan gejala depresi sama ampuhnya seperti anda mengkonsumsi anti-depresan selama 6 minggu penuh.
  • Membantu sel-sel otak baru untuk tumbuh. Kurkumin bisa meningkatkan faktor neurotropik yang diturunkan dari otak, yaitu sejenis hormon pertumbuhan yang membantu sel-sel otak anda untuk tumbuh. Tentunya ini dapat membantu menunda penurunan mental yang berkaitan dengan usia. Tetapi fakta ini masih membutuhkan lebih banyak penelitian.
  1. Brokoli

Brokoli dikemas dengan senyawa tanaman yang sangat kuat, termasuk antioksidan. Selain itu, sayuran kribo ini juga memiliki kandungan vitamin K yang sangat tinggi, dimana 91 gram-nya saja menyediakan lebih dari 100% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan (RDI).

Vitamin yang larut dalam lemak ini sangatlah berguna dalam membentuk sphingolipid, yaitu sejenis lemak pada yang terdapat di dalam sel-sel otak. Dalam beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengkonsumsi kadar lebih tinggi akan vitamin K cenderung memiliki ingatan lebih baik.

Di luar vitamin K, brokoli juga mengandung sejumlah senyawa yang memberikan efek anti-radang dan antioksidan, yang mana keduanya berperan dalam menjaga otak anda dari kerusakan.

  1. Biji Labu

Biji labu juga mengandung antioksidan kuat yang berperan sebagai penjaga tubuh dan otak anda dari kerusakan akibat radikal bebas. Selanjutnya, biji labu juga merupakan sumber yang sangat baik akan magnesium, zat besi, zinc, dan tembaga.

Setiap nutrisi berbeda yang terdapat dalam biji labu tentunya memiliki peran yang berbeda seperti:

  • Elemen ini sangatlah penting untuk sinyal saraf. Kekurangan zinc telah dikaitkan dengan berbagai jenis kondisi neurologis termasuk penyakit Alzheimer, Parkinson, dan depresi.
  • Mineral ini sangatlah penting untuk pembelajaran dan memori anda. Rendahnya kadar magnesium di tubuh juga telah terkait dengan penyakit neurologis termasuk migrain, depresi, dan epilepsi.
  • Otak anda menggunakan tembaga untuk membantu mengontrol sinyal saraf. Dan jika kadar tembaga anda tidak dipertahankan dalam jumlah normal, maka anda pun beresiko terkena penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.
  • Zat besi. Kekurangan zat besi seringkali ditandai dengan kabut otak (brain fog) dan fungsi otak yang terganggu.

Sebenarnya, penelitian sendiri lebih terfokus pada mikronutrisi di atas, dan bukanlah pada biji labu itu sendiri. Tetapi dikarenakan biji labu juga memiliki kadar tinggi akan jenis mikronutrisi di atas, maka tidak ada salahnya memasukan kudapan ini ke dalam daftar camilan anda.

  1. Coklat Hitam

Jangan salah, ternyata coklat hitam dan bubuk kakao juga memiliki senyawa peningkat kesehatan otak, yaitu flavonoid, kafein, dan antioksidan. Flavonoid juga termasuk ke dalam kelompok antioksidan berbasis tanaman.

Flavonoid dalam coklat akan terkumpul di area otak anda untuk meningkatkan daya belajar dan memori anda. Para peneliti juga berkata bahwa senyawa ini dapat meningkatkan ingatan dan membantu memperlambat penurunan mental terkait usia.

Tak berhenti sampai di sana, coklat juga sudah terkenal sebagai obat mood di kalangan wanita muda. Efek ini tentunya sudah diteliti dan menemukan bahwa mereka yang doyan mengemil coklat mampu meningkatkan perasaan positif dibandingkan dengan orang-orang yang tidak memakannya.

Tetapi pastikan anda untuk memilih coklat dengan kandungan kakao setidaknya 70% di dalamnya. Coklat susu atau coklat putih perlu anda hindari karena memiliki kadar kalori yang lebih tinggi dan bisa merugikan terhadap usaha menurunkan berat badan anda.

Pos terkait