8 Manfaat Konsumsi Brokoli

  • Whatsapp
8 manfaat konsumsi brokoli
8 manfaat konsumsi brokoli

Tahukah anda manfaat dan kandungan brokoli untuk kesehatan? Kali ini saya akan membahas secara lengkap tentang kandungan, manfaat serta resep olahan brokoli yang baik dan berguna untuk kesehatan anda.

Brokoli sering dijuluki sebagai superfood karena kaya akan vitamin dan manfaatnya untuk tubuh. Meski demikian tidak semua orang menyukai brokoli. Brokoli merupakan sayuran hijau dalam keluarga kol yang bisa kita konsumsi langsung atau dijadikan bahan olahan masakan. Adapun manfaat dan kandungan brokoli adalah sebagai berikut :

  1. Mengandung banyak antioksidan, vitamin dan mineral, terutama saat dimakan mentah atau dikukus Membantu mengurangi peradangan. Brokoli merupakan sumber sulforaphane terbaik
  2. Membantu melindungi terhadap kanker tertentu, seperti payudara, prostat, lambung, ginjal dan kandung kemih
  3. Brokoli sangat baik untuk jantung Anda. Konsumsi brokoli dapat meningkatkan kadar lipid, kolesterol, dan trigliserida dalam tubuh anda.
  4. Konsumsi brokoli secara teratur sangat baik untuk menjaga kadar gula darah Anda
  5. Dapat memaksimalkan dan meningkatkan fungsi otak sehingga menurunkan resiko penurunan kognitif serta meningkatkan daya ingat otak Anda.
  6. Brokoli kaya akan serat sehingga baik untuk usus besar, dan pencernaan anda.
  7. Kandungan nutrisi tinggi dalam brokoli baik untuk persendian dan kesehatan tulang Anda.
  8. Brokoli sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit Anda dari kerusakan akibat paparan sina UV, brokoli juga bagus untuk kesehatan mulut.

Sebagai salah satu superfood, brokoli memang memiliki banyak manfaat.  Namun ada hal hal yang perlu diperhatikan karena ada juga efek negatif dari konsumsi brokoli yang berlebihan bagi tubuh anda. Brokoli adalah sayuran jenis silangan, dan seperti kebanyakan sayuran, dapat menyebabkan gas berlebih, serta perut kembung. Konsumsi brokoli juga bisa menimbulkan masalah pencernaan bagi sebagian orang. Dapat menurunkan produksi tiroid, terutama dengan mereka yang hipotiroid.

Brokoli non organik atau brokoli yang mengandung pestisida jelas tidak baik untuk kesehatan Anda. Kandungan pestisida dalam sayuran dapat merusak kesehatan usus dan sistem kekebalan tubuh anda. Jadi usahakan selalu membeli brokoli organik. Jika anda susah mendapatkan brokoli dari pertanian organik maka usahakan mencuci bersih brokoli sebelum diolah atau dikonsumsi.

Kandungan Nutrisi yang terdapat dalam Brokoli:

  • Brokoli kaya akan vitamin, sebagai multivitamin, brokoli mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, C, D, E, dan vitamin K.
  • Brokoli mengandung betakaroten, antioksidan, serta bermacam fitonutrien (zat kimia yang dibuat oleh tumbuh- tumbuhan)
  • Brokoli mengandung mineral tinggi seperti kromium, fosfor, mangan, postassiun, tembaga, magnesium, zinc, zat besi, kalsium, serta selenium.
  • Sumber protein, serat, serta asam lemak omega- 3

Cara Konsumsi Brokoli serta menjaga kandungan nutrisi dalam Brokoli

Konsumsi brokoli yang paling baik adalah dengan cara memakan brokoli mentah. Namun tidak semua orang bisa mengkonsumsi sayuran secara mentah. Dan khusus di Indonesia, Sayuran Brokoli organik sangat jarang ditemukan. Jadi sebaiknya anda mengolahnya dulu ketimbang memakan brokoli mentah namun mengandung pestisida.

Metode penyajian ataupun memasak brokoli yang salah bisa berakibat menghilangkan kandungan vitamin dan nutrisi di dalamnya. Untuk memperoleh manfaat maksimal dari brokoli maka cara yang benar dalam penyajian brokoli harus diperhatikan. Panduan melindungi khasiat brokoli supaya senantiasa maksimal dengan mensterilkan serta merendam brokoli dengan air garam kurang lebih dalam 30 menit. Kemudian mencuci kembali memakai air dingin, Sehingga menghilangkan kandungan pestisida dalam brokoli.

Memasak brokoli dengan direbus atau memakai temperatur besar dapat menghilangkan nutrisi serta vitamin di dalamnya. Maka, jika anda ingin merebus brokoli, rebuslah dengan panas yang kecil atau masukan brokoli sebagai sayuran tambahan di proses akhir memasak sayuran anda. Batasan durasi untuk memasak brokoli berkisar 10 menit saja. Jauhi memasak sayur- mayur ini dalam durasi yang lama karena hasilnya benar benar merusak kandungan vitamin dan nutrisi dalam sayuran. Usahakan juga selalu menyimpan brokoli dalam kulkas sehingga menjaga kesegaran brokoli agar siap dimasak dan diolah sesuai kebutuhan anda.

Demikian manfaat brokoli untuk kesehatan anda. Khasiat brokoli memang tidak diragukan lagi. Terdapat banyak sekali isi vitamin yang menyehatkan pengonsumsinya terlebih bila dikonsumsi dengan cara teratur. Sayangnya, banyak yang tidak senang dengan brokoli karena rasanya yang dirasa kurang nikmat. Padahal kita sama sama tau manfaat brokoli sebagai superfood tidak diragukan lagi. Tetap sehat dan semangat, semoga artikel ini menambah pengetahuan anda tentang manfaat dan kandungan brokoli untuk tubuh anda.

Pos terkait