Alternatif Terbaik Pengganti Microsoft Office

  • Whatsapp
alternatif microsoft words
alternatif microsoft words

Bagi anda pengguna windows tentu sudah sangat akrab dengan software Microsoft office. Software Penunjang produktivitas pekerjaan kantor besutan microsoft ini merupakan pionir dalam aplikasi pendukung pekerjaan. Beberapa fitur andalan Microsoft Office seperti Word, Excel, Power point, note dan masih banyak lagi fitur lainnya makin membuat Microsoft office susah dikalahkan oleh software lain sejenis. Namun dibalik keunggulannya, Microsoft office juga dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi untuk pasaran Indonesia, sehingga banyak orang mencoba menggunakan software microsoft bajakan meski banyak resiko bagi pemakainya.

alternatif microsoft words
alternatif microsoft words

Sebenarnya ada beberapa aplikasi terbaik pengganti microsoft office yang mungkin jarang anda ketahui dan anda sadari. Berikut ini akan kami bagikan beberapa solusi alternatif software pengganti Microsoft Office di tahun 2021 untuk mempermudah tugas anda. Beberapa orang mungkin membutuhkan fitur tertentu penunjang produktivitas pekerjaan. Tapi bagaimana dengan mereka yang tidak membutuhkan banyak fitur? Beberapa orang hanya membutuhkan software pengolah kata sederhana untuk mencatat dan menulis. Berikut informasi menarik yang bisa anda jadikan referensi sebagai pengganti Microsoft office.

Alternatif Office dengan Google Docs, Google Slide, Google Sheets

Google dikenal dengan segala kesaktiannya dalam segala hal tentang teknologi. Sebagai raksasa teknologi, google juga membuat aplikasi yang mendukung produktivitas pengganti Microsoft office. Dengan beberapa aplikasi andalan seperti google docs dan google slide dapat digunakan sebagai alternatif terbaik buat aplikasi Microsoft Office karena tersedia secara gratis dan mendukung penyimpanan cloud, sehingga tidak mengharuskan Anda melalui proses instalasi dan penyimpanan file manual.

Aplikasi pennggati office dari Google terdiri dari pengolah kata (Google Dokumen), aplikasi presentasi ( Google Slide), Google spreadsheet (Spreadsheet) sebagai pengganti excell dan masih banyak fitur pendukung lainnya yang bisa menggantikan beberapa fitur Microsoft office.

Keunggulan aplikasi office suite buatan Google dapat diakses tanpa biaya dari lokasi mana pun di dunia yang anda butuhkan hanyalah akun Google dan koneksi internet yang aktif. Namun, bagi anda yang tak bisa online anda tetap bisa menggunakannya dengan cara mengaktifkan mode offline, karena mode online ini hanya berfungsi untuk file yang disimpan di Google Drive Anda.

Google Docs mendukung ekspor sederhana ke format dokumen standar industri seperti Microsoft ‘docx’, PDF, dan beberapa jenis file lainnya. Serupa dengan aplikasi kantor dari Google lainnya seperti Spreadsheet dan Slide. Google Sheets sekarang menyertakan fitur di mana anda dapat membuat diagram lingkaran dan grafik batang untuk data tertentu hanya dengan mengetikkan deskripsi ke dalam kotak teks.

Anda juga dapat mengupload file dari piranti Anda atau langsung menyunting file yang disimpan di Google Drive Anda. Aplikasi kantor dari Google ini memungkinkan anda bisa berbagi dokumen secara pribadi dengan teman, atau secara publik. Dan tak hanya fitur berbagi, Anda juga dapat mengundang orang untuk mengedit bersama secara real time

Alasan memilih Google Docs sebagai alternatif microsoft office?

Google Docs tidak perlu diragukan lagi adalah software produktivitas perkantoran berbasis cloud terbaik dan gratis serta juga merupakan pesaing bagi Microsoft Office Online. Anda pun dapat menambahkan beberapa add-on yang dibuat oleh Google atau pihak ketiga, yang memperluas fungsionalitas Google Docs.

Keunggulan Google docs sebagai Pengganti Microsoft Office yang tersedia secara gratis dapat bermanfaat bagi pengguna rumahan dan pelajar yang mencari sekumpulan aplikasi kantor namu tetep hemat biaya, Anda hanya perlu akses internet untuk menggunakan aplikasi ini.

Namun, untuk pengguna komersial, Google juga menjual aplikasi ini dalam bentuk langganan yang disebut G Suite, yang juga mencakup solusi berbasis cloud Google lainnya. G Suite terdiri dari fasilitas layanan seperti Gmail, Hangouts, Drive, kalender, Dokumen, Spreadsheet, Slide, Formulir, Sites dan masih banyak lagi fitur yang lain.

Apache Open Office

Nama yang populer di antara paket aplikasi perkantoran gratis terbaik, ini adalah aplikasi dari OpenOffice.org yang tidak berfungsi dan dikelola oleh Apache Software Foundation. Sifat yang dapat disesuaikan dari perangkat lunak produktivitas kantor ini menjadikannya pilihan yang tepat bagi banyak orang.

Mengapa Memilih Apache OpenOffice?

Sama seperti pendahulunya, Apache OpenOffice juga merupakan perangkat lunak sumber terbuka dan gratis yang tersedia dalam 40 bahasa lebih dan dilengkapi dengan fitur-fitur. Muncul dengan UI yang rapi dan bersih dan menawarkan spreadsheet, pengolah kata, aplikasi presentasi, editor grafik vektor, dll. Namun, beberapa pengguna mungkin menganggap antarmuka agak kuno.

Berbicara tentang Apache Open Office, alternatif Microsoft office ini hadir dengan berbagai template dan anda dapat memperluas fungsionalitasnya dengan menambahkan berbagai ekstensi dari kebutuhan kantor yang anda inginkan.

Libre Office

Libre Office adalah software pengolah data dan tulisan gratis yang tersedia di internet. Software ini cocok untuk semua maksud dan tujuan untuk tugas yang anda butuhkan dalam mengolah dokumen. LibreOffice adalah paket alternatif MS Office gratis yang sangat kaya fitur jika anda menginginkan sesuatu yang dapat diinstal di komputer anda dan berfungsi tanpa koneksi internet.

Dalam hal efektivitas biaya, aplikasi ini sangat membantu karena gratis. Namun pengguna libre office diharuskan mengubah dulu format dokumen default ke format Microsoft Office agar bisa dibuka dan compatible dengan Microsoft office. Namun selain itu, perangkat lunak perkantoran gratis ini adalah pilihan yang sangat baik bagi siapa saja yang tidak memerlukan lisensi. Karena alternatif dari Ms Word ini sangat komplit fiturnya.

Office Online atau Microsoft 360

Bila Anda mau tetap memakai aplikasi kantor bikinan Microsoft, Office Online juga bisa menjadi opsi lain yang bagus untuk Microsoft Office Suite, yang biasanya anda instal di PC dan Mac anda. Mirip dengan kumpulan aplikasi kantor Google, aplikasi ini bekerja secara online langsung di dalam browser web anda serta dapat diakses hanya menggunakan akun Microsoft Anda. Keunggulan office online atau microsof 360 adalah layanan cloud yang serupa dengan Google Docs, dan Sheets, anda dapat mengedit file yang disimpan di OneDrive atau komputer anda namun dengan semua kelengkapan yang dimiliki office installer.

Alasan menggunakan Office 360 Online?

Alasan terbesar pengguna menggunakan microsof Office 360 Online merupakan karena tampilan dan seluruh fitur serta shortcut yang sama dengan Office versi lama ataupun yang lebih baru. Secara teknis, Office Online adalah alternatif MS Offices standalone installer.

Office Online memiliki integrasi Skype yang memungkinkan pengguna mengobrol dengan orang lain kala menyunting dokumen bersama atau melakukan presentasi PowerPoint bersama-sama. Buat Chrome, pengguna dapat menginstal ekstensi Office Online, yang memungkinkan user membuat dan mengedit file baru dan file yang sudah ada dengan mudah memakai Office Online.

WPS Office

Nama lain yang bisa disebut sebagai alternatif Microsoft Office terbaik di tahun 2021 adalah WPS Office. Anda mungkin pernah mendengar tentang Kingsoft Office pada masa itu. Itu diubah namanya menjadi WPS Office, yang merupakan aplikasi kantor terkenal untuk android.

Saat ini, versi Gratis WPS Office 2021 tersedia untuk pengguna Windows tanpa biaya tetapi disertai dengan iklan saat perangkat lunak dimulai. Ini termasuk pengolah kata, spreadsheet, dan aplikasi pembuatan presentasi. Mengenai tampilan dan nuansa, WPS Office mirip dengan MS Office.

Mengapa menggunakan WPS Office?

WPS Office menyertakan fitur sinkronisasi cloud yang memungkinkan pengguna menyinkronkan dokumen di seluruh perangkat. Anda dapat memanfaatkan berbagai template bawaan untuk tujuan yang berbeda.

Ini juga mencakup konverter Word ke PDF bawaan, tetapi versi gratisnya memberi Anda jumlah konversi yang terbatas. Itulah perbedaan dasar dari perangkat lunak yang tersedia dalam versi gratis dan premium. Singkatnya, ini bisa menjadi pilihan yang bagus bagi mereka yang mencari beberapa alternatif gratis untuk Microsoft Office. Tetapi Anda dapat memilih opsi berbayar jika Anda menginginkan fitur tambahan.

Jadi bagaimana dengan anda? Sekarang anda tidak perlu lagi bingung mencari rekomendasi software pengolah kata dan pendukung produktivitas kerja selain microsoft office. Pilih yang paling nyaman dengan anda. Kenyamanan juga merupakan kunci peningkatan produktivitas kerja anda.

Pos terkait