Beberapa Kepala OPD Tak Hadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Soco

Beberapa Kepala OPD Tak Hadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Soco.

Beritatrends, Magetan – Sebagian besar dari kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Magetan tidak nampak pada upacara hari kesaktian pancasila yang di gelar di Monumen Suco, Desa Suco, Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan, Sabtu (1/10/2022).

“Ada yang di wakilkan, ada yang sekolah, seperti OPD PMD dan kemudian ada DTPHPKP, pasti ada sebab lainnya. akan ada kepentingan lain, bisa juga sakit,” kata Bupati Magetan, Suprawoto saat dimintai keterangan usai upacara.

Pasalnya, pada upacara peringatan hari kesaktian pancasila di monumen Suco pada tahun-tahun sebelumnya, khususnya sebelum pandemi, upacara selalu mengundang seluruh kepala OPD, bahkan setiap Kepala Sekolah juga turut diundang.

Namun kali ini hanya kepala OPD tertentu saja yang hadir mengikuti upacara.

Sementara, Drs. Venly Tomi Nicolas, SH. MM. Selaku Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Magetan mengatakan, panitia upacara tahun ini lebih mengedepankan pemuda dan ormas untuk mengikuti upacara di monumen Suco.

“Tahun ini kita lebih mengedepankan ormas, kita juga mengundang semua Danramil dan Kapolsek, tokoh pemuda dan santri,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, pemuda perlu kita dorong agar tahu perjalanan sejarah bangsa kita agar tidak terulang lagi.

“Karena mereka-merekalah yang akan nanti menjadi pemimpin kita selanjutnya,” jelas Asisten Bupati.

Perlu diketahui, bahwa monumen Suco merupakan saksi bisu kekejaman PKI tahun 1948, dimana tokoh agama, tokoh masyarakat, pejabat pemerintah kabupaten Magetan, dibantai dan di kubur dalam satu lubang sumur monumen Suco.

 

Pos terkait