Bersih Desa Terung Tahun 2022

Bersih Desa pada bulan Sura Tahun 2022

Beritatrends, Magetan – Bersih Desa pada bulan Sura Tahun 2022 beda dengan tahun lalu, Desa Terung mengemasnya lebih semarak karena semua RT yang ada di Terung ikut berpatisipasi pada acara kirap tumpeng yang dipusatkan di lapangan Desa setempat.

Pertunjukan Reog salah satu tontonan yang ditunggu masyarakat, ratusan warga desa antusias melihat pagelaran seni Reog karena semua pemainya dari desa setempat.

Setelah kesenian reog digelar di rumah kediaman Kepala desa rombongan reog di arak ke punden desa yang berjarak kurang lebih 1 km dari kediaman kepala desa.

Dilingkungan Punden telah banyak masyarakat yang menunggu kedatangan rombongan reog juga kepala desa .

Selanjutnya kepala desa beserta juru kunci punden berdoa di makam yang konon masih peninggalan Brawijaya 5 yang muksa di Gunung lawu.

Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto, SH. M.Si saat menghadiri bersih desa saat diwawancarai menjelaskan, kita tahu bahwa 2 tahun ini kita kena pandemi kumpul tidak boleh, kemudian pandemi sudah turun, ketepatan acara bersih desa bersamaan dengan HUT Kemerdekaan RI ke 77 maka Desa Terung mengemasnya lebih meriah.

Tentu antusias masyarakat sangat luar biasa terbukti dimana tempat semua berlomba-lomba untuk mengekspresikan sebuah hari yang sangat bersejarah dan saya berterimakasih bahwa tanggal 17 Agustus itu sebagai pengikat.

“Ini menunjukkan bahwa Kemerdekaan ini mengikat kembali, ikatan menyadari kita semua, bahwa ksatu bangsa, satu bahasa dan itu yang wajib kita pertahankan. Ini sebenarnya hanya ekspresi saja salah satu ekspresi kita betapa kita mencintai negeri kita,”ujar Suprawoto.

Salah satu panitia Agus mengatakan, sebenarnya ini Suroan dan ini bebarengan dengan HUT Kemerdekaan RI ke 77, makannya kita sikronkan jadi satu bagaimana HUT Kemerdekaan RI dan Suroan yang ada di Desa Terung kita jadikan moment.

Kita tahu 2 tahun yang lalu pandemi, masyarakat sudah jenuh dengan covid, Murti Bumi Terung ini sama juga sedekah bumi yang tiap tahun kita lakukan. Acara 3 hari mulai dari hiburan rakyat, Lomba anak-anak terus ada Ketoprak,”pungkas Agus.

Pos terkait