10 Bisnis Yang Menguntungkan Saat Pandemi

  • Whatsapp
bisnis yang menguntungkan saat pandemi
bisnis yang menguntungkan saat pandemi

Pandemi covid 19 menghantam segala sendi kehidupan. Pukulan berat juga menghantam dunia bisnis, banyak bisnis yang berguguran karena kurangnya kemampuan beradaptasi pada situasi seperti ini. Mau tidak mau sekarang pelaku bisnis dan usaha harus siap menghadapi era normal baru. Adaptasi hal baru ini banyak membawa korban bukan hanya pemilik bisnis namun juga pekerja atau karyawan. Kita melihat banyaknya bisnis yang gulung tikar dan PHK (pemutusan hubungan kerja) terjadi di mana mana. Namun dibalik semua itu ada beberapa bisnis yang menguntungkan dan berkembang pesat saat corona.

Memulai usaha di masa sekarang ini memang bukan hal yang mudah. Namun seiring waktu, kehidupan harus tetap berjalan. Sudah saatnya untuk bertindak dan beradaptasi, Kali ini kita akan membahas bisnis yang menguntungkan saat pandemi. Baca informasi mendalam dari kami agar anda mendapatkan ide untuk memulai usaha yang sedang trend dan menjanjikan di masa pandemi covid 19.

bisnis yang menguntungkan saat pandemi
bisnis yang menguntungkan saat pandemi

Beberapa Model Bisnis Yang Maju Saat Covid 19

  • E-Commerce (Toko Online)

Salah satu bisnis yang berkembang sangat pesat dan paling menjanjikan di era pandemi ini adalah toko online dan marketplace online seperti Tokopedia, lazada, shopee, bukalapak dan lain lain. Jadi jika anda pemilik toko atau usaha yang awalnya sangat tradisonal atau konvensional dalam melayani pelanggan dengan menjual langsung secara tatap muka, sudah saatnya anda memulai memasarkan usaha atau produk secara online baik menggunakan toko online, marketplace online dan sosial media. Trend e-commerce ini semakin meningkat selama pandemi virus corona karena banyak toko tradisional ditutup dan orang-orang merasa kurang nyaman dan aman untuk keluar hanya untuk membeli barang. Selain itu, sebelum pandemi trend belanja online sudah semakin berkembang sebagai gaya hidup di era digital saat ini. cek disini untuk memulai bisnis online

  • Menjadi Online Teacher atau Jualan Tutorial secara online

Memproduksi dan menjual tutorial online atau menjadi guru online merupakan salah satu ide usaha yang maju saat pandemi. Anda yang memiliki skill bisa membuat video tutorial, membuat pelatihan online atau webinar. Anda bisa menjual produk tutorial ini secara langsung atau melalui marketplace tutorial seperti udemy atau skillshare. Kebutuhan upgrade keahlian yang selama ini dilakukan secara konvesional melalui seminar tatap muka kini mulai ditinggalkan dan beralih ke kelas kelas virtual. Trend ini akan berlangsung lama dan berubah menjadi gaya pengajaran di saat pandemi maupun saat pandemi sudah berakhir.

  • Pekerja lepas online atau freelancer

Trend bisnis atau usaha dengan menjadi pekerja lepas online atau freelancer jadi ceruk bisnis yang menjanjikan dan meningkat pesat saat ini. Pandemi corona telah memaksa sebagian usaha melakukan pengurangan karyawan tetap sebagai salah satu cara untuk bertahan. Banyak pekerjaan yang mulai dialihkan dengan memakai jasa pekerja online untuk meminimalkan beban operasional. Dengan memakai jasa pekerja lepas, Perusahaan hanya perlu melakukan penyesuaian pembiayaan operasional dengan membayar orang saat mendapatkan proyek atau pekerjaan saja. Hal ini tentu sangat meringankan beban perusahaan yang sudah tidak perlu memikirkan gaji tetap dan pesangon serta rekrutmen. Kebutuhan pekerja lepas di era pandemi covid menjadi sangat tinggi dan ini didukung dengan banyaknya platform marketplace online khusus pekerja lepas seperti freelancer, upwork dan fiverr serta masih banyak lagi lainnya sehingga memudahkan perusahaan untuk mencari dan merekrut pekerja lepas saat dibutuhkan.

  • Industri Mesin dan Robotika

Industri yang berkembang saat corona adalah permesinan dan robotika. Implementasi robot ke ruang kerja dan pabrik sudah menjadi keharusan. Saat ini kategori robotika semakin mendapat perhatian karena alasan yang sederhana, robot tidak bisa sakit dan dapat membantu mengisi kesenjangan pekerja. Pembatasan kerja massal dapat digantikan peran mesin dan robotika. Pabrik besar dan pelaku usaha kini lebih cenderung berinvestasi dengan mesin robotika untuk menggantikan tenaga manusia. Bisnis ini akan terus mendapatkan banyak permintaan kedepannya.

  • Software House, Web dan Apps Development

Primadona bisnis yang berkembang sangat pesat dan menjadi trend di era pandemi ini adalah produksi software, pembuatan website dan aplikasi mobile. Seiring pandemi, sektor bisnis ini memegang peranan penting untuk usaha atau bisnis yang ingin bertranformasi ke arah digital bisnis. Pembuatan toko online dan aplikasi mobile mendapatkan banyak permintaan. Untuk pembuatan software yang menunjang produktivitas kerja dan pemasaran secara online juga sangat banyak mendapatkan permintaan dari para pelaku usaha konvensional.

  • Bisnis Kesehatan

Bisnis yang menguntungkan saat pandemi adalah bisnis di bidang kesehatan. Baik dari alat alat kesehatan, multivitamin dan obat obatan. Obat medis maupun herbal jadi kebutuhan yang paling banyak mendapatkan permintaan apalagi jika itu memiliki kegunaan meningkatkan imunitas tubuh. Jadi jika anda bisa produksi obat herbal atau meracik jamu tradisional, ini waktu yang tepat anda menjangkau pasar lebih luas.

  • Kurir Pengiriman

Dengan begitu banyak orang yang bekerja dan menghabiskan waktu di rumah, seharusnya tidak mengherankan bahwa perusahaan membutuhkan pekerja pengiriman tambahan. Pengecer, restoran, toko kelontong, dan banyak lagi mempekerjakan karyawan untuk pengiriman lokal. Untuk kelancaran distribusi, Industri juga mulai menggunakan jasa logistik dari pihak ketiga daripada mengandalkan armada logistik sendiri yang berbiaya besar.  Permintaan dan kebutuhan transaksi online juga menunjang sektor bisnis kurir pengiriman menjadi salah satu bisnis yang sangat menguntungkan di era covid 19.

  • Kuliner Online

Salah satu bisnis rumahan yang menjanjikan adalah kuliner online. Bisnis makanan memang masih menjanjikan di era pandemi ini asal dikemas dengan layanan yang baik serta standart kesehatan yang tinggi. Orang cenderung memesan makanan secara online ketimbang makan di restaurant yang memungkinkan terjadinya kerumunan. Kesan makanan handmade buatan rumah juga lebih higienis dan lebih sehat daripada kuliner instant dan junk food.

  • IT Support atau Layanan IT

Kebutuhan IT Support jelas merupakan hal yang paling dicari saat pandemi ini. Kebutuhan kerja jarak jauh dan kolaborasi pekerjaan secara online memerlukan sumber daya dukungan teknologi informasi yang mumpuni. IT support ini yang akan mendukung semua produktivitas pekerjaan meski melui remote jarak. Faktor Jaringan, cloud sistem dan keamanan siber jadi poin utama dalam bisnis IT support

  • EO Acara Virtual

Banyak event pameran atau event perusahaan yang dibatalkan karena pandemi. Untuk menjaga kelangsungan promosi dan menjangkau calon pelanggan dan serta pelanggan, maka banyak perusahaan mengadakan acara atau event virtual. EO yang biasa mengerjakan persiapan konvensional kini mulai beralih dengan cara virtual dengan mengadakan event live streaming. EO sekarang tidak hanya menyiapkan acara saja namun juga harus menyajikan acara tersebut secara virtual sehingga dampak dari event tersebut tetap bisa dirasakan meski tanpa melalui tatap muka atau bertemu secara fisik.

Prinsip Utama Bisnis Waktu Pandemi

bisnis waktu pandemi
bisnis waktu pandemi

Jadi bagaimana? sudah paham bisnis apa saja yang berkembang saat pandemi dan cukup menjanjikan untuk anda geluti dan mulai? Masih banyak pilihan dan ide bisnis lainya yang bisa anda dapatkan setelah membaca artikel kami diatas. Kemauan untuk berubah dan berdapatasi memegang peranan penting dalam menghadapi normal baru buat kita semua. Dibalik itu semua ada beberapa prinsip utama yang harus anda terapkan pada bisnis anda saat pandemi corona ini. Berikut ini hal yang harus jadi perhatian anda sebagai pemilik bisnis dan usaha.

  1. Cashless Transaction atau Transaksi non tunai menjadi salah satu prinsip yang harus anda terapkan dalam bisnis anda. Bisnis yang masih berinteraksi tatap muka dengan konsumen, termasuk restoran dan toko, harus menerapkan perubahan untuk mengurangi kontak dekat antara pekerja dan pelanggan.  Salah satu solusinya adalah dengan tidak menggunakan uang tunai dan hanya menerima kartu kredit/debit atau platform pembayaran digital.
  2. Layanan Online lewat website dan aplikasi. Optimalkan kehadiran bisnis anda melalui website dan aplikasi untuk menjangkau pelanggan dimanapun dan kapanpun. Lakukan pemesanan online dan layanan pelanggan serta penjualan online adalah solusi bisnis di era wabah covid ini. Kenyamanan, kemudahan serta keamanan layanan online adalah prioritas bagi pelanggan.
  3. Hemat operasional dengan menggunakan pekerja lepas. Mungkin ini bukan prinsip ideal dan pilihan yang sulit. Namun demi menjaga beban operasional yang semakin tinggi, anda bisa lakukan efisiensi sumber daya manusia dengan membayar pekerja lepas saat ada proyek masuk.
  4. Perbanyak Remote Work dan Gunakan Meeting Online. WFH merupakan keharusan, jadi melakukan remote work dan meeting secara virtual adalah solusi tepat agar bisnis tetap berjalan. Memang tidak semua jenis pekerjaan bisa dilakukan dengan remote kerja jarak jauh. Namun untuk beberapa pekerjaan, hal ini bukanlah halangan dan bisa tetap dikerjakan secara online. Jika anda merasa remote work dan meeting online kurang maksimal mungkin dikarenakan perubahan pola kerja yang baru. Sebenarnya dengan remote work dan meeting online, perusahaan bisa mendapatkan banyak keuntungan juga. Salah satunya adalah penghematan operasional kantor dari beban listrik, sewa kantor dan biaya perjalanan untuk meeting.
  5. Cari sumber pasokan lokal. Buat bisnis yang selama ini mengandalkan pasokan global, pandemi virus corona ini jelas mengganggu rantai pasokan global. Karena hal itu, saat ini lebih banyak pelaku bisnis mulai melihat dan mencari pemasok dan supplier lokal untuk membantu mereka memenuhi kebutuhan produksi. Dibalik ketidakpastian kondisi global, pelaku usaha tidak ingin bepergian jauh untuk mendapatkan barang baku dan sebaliknya mengandalkan sumber bahan baku lokal meski ada sedikit kenaikan harga namun menjamin kecepatan produksi.

Memang berbisnis di saat pandemi adalah sebuah tantangan bagi pelaku usaha. Namun strategi dan adaptasi harus tetap dilakukan agar bisnis tetap berjalan dan berkembang meskipun pandemi belum jelas kapan akan berakhir. Tetap optimis dan semangat buat anda yang ingin mulai berusaha atau pelaku usaha. Semoga pandemi segera berakhir dan bisnis tetap berjalan serta semakin baik.

 

 

Pos terkait