Bupati Pesawaran : LPM Siap Jadi Mitra Pemerintahan Desa

Bupati pesawaran berharap Lembaga
Pemberdayaan masyarakat (LPM) jadi mitra pemerintahan Desa

Beritatrends, Pesawaran -Sebanyak 61 anggota dan pengurus DPD Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) di lantik untuk menjadi mitra Pemerintahan Desa di Kabupaten Pesawaran.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona berharap para anggota DPD LPM agar memiliki kompetensi dalam masing-masing bidang. Sebab kompetensi SDM yang baik merupakan investasi yang berjalan dalam waktu yang panjang.

“Sehingga SDM yang terlatih akan dapat melaksanakan tugasnya yakni pemberdayaan desa. Karena tugas DPD LPM Kabupaten Pesawaran adalah ikut merancang, menyusun dan melaksanakan,” kata Dendi, di Balai Pertemuan Desa Kedondong, Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran, Kamis 22 September 2022.

Dirinya juga meminta secara langsung kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (DPMD) Kabupaten Pesawaran untuk menguatkan keberadaan DPD LPM dalam APBdes 2023.

“Semoga DPD LPM yang terlantik bisa melaksanakan tugasnya dengan baik, dan bekerja sama secara horisontal dengan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD LPM Kabupaten Pesawaran masa periode 2022-2027 Irwan Rosa meminta kepada para anggota yang terlantik untuk bisa saling bersinergi, mengingat kekompakan dalam tugas-tugas di pemerintahan desa menjadi prioritas bersama.

“Tugas-tugas kita nanti adalah membantu perencanaan desa, ikut serta menampung aspirasi masyarakat, menyusun perencanaan, pengendalian, pengembangan, dan pelaksanaan pembangunan yang partisipatif,” kata dia.

“Oleh karenanya sesuai dengan tugas tersebut, maka kami secara struktural ikut menjadi pioner dalam membangun desa secara inovatif dan fungsional,” timpalnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPD LPM Provinsi Lampung Ahmad Bastian mengatakan, bahwa organisasi LPM harus tertangani dengan baik.

“Sebagai fungsinya yang harus maksimal, maka organisasi ini harus dijaga dan benar-benar hidup, dalam konteksnya permasalahan apapun ikut dilibatkan, sehingga dapat berjalan dengan baik, maka DPD LPM Kabupaten Pesawaran terbentuk dari 11 kecamatan yang ada,” pungkasnya.

Pos terkait