Bupati Suprawoto Launching Sekolah Lansia Tangguh

Bupati Suprawoto Launching Sekolah Lansia Tangguh

Beritatrends, Magetan – Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto SH. M.Si  meinginkan Sekolah lansia tangguh ini bisa memberi penghormatan dan penghargaan kepada lanjut usia.

Progam Sekolah lansia tangguh  ini diharapkan nantinya para lansia di Kabupaten Mageta akan mendapatkan ilmu, informasi, pelatihan dan permainan edukatif tentang kesehatan, keagamaan, sosial budaya dan kewirausahaan untuk mewujudkan lansia tangguh yang sehat, mandiri dan sejahtera.

Proses belajar mengajar di Sekolah lansia tangguh ini nantinya akan menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi para peserta. Nantinya, para peserta akan menerima materi yang sangat menyenangkan dan tidak membebani.

Sekolah lansia tangguh, lansia yang berpartisipasi aktif nantinya tidak hanya menjadi objek pembangunan tetapi juga dapat menjadi subjek pembangunan.

Bupati Magetan Suprawoto saat diwawancarai mengatakan,Bupati Suprawoto Launching Sekolah Lansia Tangguh, karena apa karena orang tua ini jangan sampai dimaknai kemudian jadi beban, jadi yang bersangkutan nanti ada pelajarannya macem-macem, mulai kemandirian, dan seterusnya, sehingga orang tua ini mempunyai pengendalian, kemudian tidak tergantung pada anak, orang tua itu berhak seneng, berhak gembira, dan seterusnya, ini yang harus di pahami oleh anak-anak sekarang.

Biasanya orang-orang sekarang ini, wong tuo kok polah dan seterusnya, kita tidak boleh seperti itu, orang tua itu nari tidak apa-apa nyanyi juga tidak apa-apa, kemudian orang tua hebat supaya orang tua mempunyai visi yang bagus, kemudian mendidik anak, agar anak itu sehat punya harapan dan seterusnya.

“Pemahaman itu harus diterapkan kepada orang tua, ini proyek dulu kalau ini berhasil tidak menutup kemungkinan nanti diadakan di tempat lain, juga disampaikan kalau ada wisuda juga, juga ada tingkatan, tingkatan 1,2 dan3,”papar Suprawoto.

Ditambahakan salah satu pendidik Yatno menjelaskan, menurut saya program ini sangat baik dan saya sangat mendukung,  saya sebagai pembina dan pembimbing di Posyandu Lansia Sweliya Desa Janggan.

“Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemerintah, Pemerintah bisa meluangkan waktu, Desa Janggan di tunjuk akan diadakan selantang yang ditunjuk itu Posyandu Lansia Mawaridah Dukuh Janggan,”ucapanya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas PPKB dan PA Furiana mengatakan, kita melaksanakan launching sekolah orang tua hebat dan sekolah lansia tangguh dimana ini adalah guna meningkatkan sumber daya manusia baik ibu-ibu muda, ibu-ibu balita maupun bagi lansia yang memang harus kita tingkatkan untuk produktifitasnya.

Untuk sekolah lansia ini kita berharap ada pendampingan-pendampingan baik dari kesehatan, pertanian dari psikolog ada dari Dinas Kesehatan nah ini semua berkolaborasi untuk meningkatkan dimensi pola pikir lansia bahwa mereka itu sebenarnya masih kita butuhkan pemikirannya dan ini di laksanakan selama 6 bulan, dua minggu sekali untuk pelaksanaan sekolahnya.

“Gurunya ada dari relawan ada juga dari Dinas Kesehatan ada dari KB ada dari TP PKK jadi semuanya ada walaupun ini dari dinas tapi semuanya adalah relawan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang ada,”pungkas Furiana.

Pos terkait