Cara buat kopi sendiri ala cafe

  • Whatsapp
cara buat kopi sendiri ala cafe

Anda termasuk penggemar kopi? suka banget nongkrong di cafe dan coffe shop? pernahkah anda bertanya-tanya mengapa kopi yang Anda buat di rumah tidak pernah terasa seenak buatan cafe atau barista? Nah, kali ini kami akan berikan tips atau cara buat kopi sendiri ala cafe, sehingga anda tidak perlu lagi sering sering nongkrong di cafe, gak perlu sekolah barista namun anda tetep bisa menghadirkan sensasi kopi racikan coffee shop. Keren bukan? selain bikin hemat, artikel ini bisa menambah pengetahuan anda tentang meracik kopi ala barista profesional hanya dengan bantuan mesin pembuat kopi sederhana atau biasa di.

cara buat kopi sendiri ala cafe

Tips dan Cara buat kopi sendiri ala cafe seperti racikan barista

  1. Jangan biarkan kopi Anda terbuka lebih lama dari yang diperlukan. Saat menyiapkan kopi Anda, jangan buka kaleng atau kantong kemasan kopi sampai Anda siap untuk menyendoknya. Segera setelah menyendok, tutup wadah kopi. Ini akan membuat kopi Anda lebih segar dan lebih tahan lama. Itu juga menjaga rasa dan aromanya tidak menguap di udara.
  2. Untuk rasa kopi terbaik, belilah biji kopi pilihan. Beruntungnya, kita tinggal di negara penghasil biji kopi kelas dunia.  Anda bisa membeli biji kopi kualitas ekspor secara online atau bisa di dapatkan mini market dan supermarket terdekat di kota anda. biji kopi juga memiliki banyak jenis, dari arabic, robusta, liberica dan masih banyak lagi. Tiap jenis biji kopi memiliki karakter rasa yang berbeda beda. Namun di Indonesia, varian umum yang dikenal adalah robusta dan arabica.
  3. Giling biji kopi hanya dalam jumlah yang ingin Anda gunakan. Dengan meracik dan menggiling biji kopi saat dibutuhkan akan membuat citarasa Kopi Anda menjadi lebih kuat dan fresh. Selain itu, Anda dapat membuat campuran khusus menggunakan berbagai jenis biji kopi yang berbeda, sehingga Anda dapat membuat teman-teman Anda terkesan dengan racikan kopi spesial dari anda.
  4. Perhatikan suhu dan kandungan mineral air yang anda gunakan ke dalam membuat kopi. untuk suhu yang paling ideal dalam menyeduh kopi diantara 92 derajat celcius sampai 96 derajat celcius. Menggunakan air dengan kualitas yang buruk pasti akan menghasilkan rasa kopi yang tidak enak.
  5. Durasi waktu Anda menyeduh kopi sangat penting. Sekitar 4 atau 5 menit saja. Jika Anda menyeduh lebih dari lima menit, kopi akan terasa leih pahit. Jika Anda menyeduh kurang dari empat menit,  Anda akan membuat citarasa kopi menjadi hambar.
  6. Jika Anda menyukai rasa yang lembut pada kopi Anda, coba tambahkan sedikit kayu manis atau beberapa tetes vanilla ke dalam panci atau mesin kopi saat sedang menyeduh. Sedikit kayu manis atau beberapa tetes vanilla akan menambah rasa pada minuman tersebut. Meracik kopi dengan cara ini akan menjaga rasa tidak terlalu berlebihan. jika anda penyuka manis bisa tambahkan juga gula jawa atau dikenal dengan brown sugar. kopi dengan gula kelapa terasa lebih nikmat dibanding dengan gula putih biasa.
  7. Jika anda penggemar es kopi, jangan gunakan es batu. Es kopi tidak terasa begitu enak saat es batu mulai meleleh, membuat rasanya lebih encer. Tip yang bagus adalah membuat es batu dari kopi atau susu, dan menyimpannya di dalam freezer dalam kantong yang memiliki segel kedap udara. Hal ini akan berguna saat anda ingin membuat es kopi setiap saat.
  8. Jika kopi Anda terasa asam, berilah sedikit garam untuk membantu mengurangi tingkat keasaaman kopi. Namun, pastikan untuk tidak menambahkan terlalu banyak garam. Cukup sedikit garam untuk menciptakan efek ini.
  9. Jika Anda mencari secangkir kopi dengan rasa terbaik, jangan membiarkan kopi untuk waktu yang lama, tip yang bagus untuk diingat. Kopi hanya akan tetap segar selama sekitar sepuluh menit jadi Anda harus bersiap untuk meminum kopi Anda segera setelah diseduh.

Apa Saja yang perlu anda ketahui tentang Kopi?

Ketika Anda membeli biji kopi, jangan pernah menyimpannya lagi di dalam kantong kemasan pabrik. lebih baik anda menyimpan biji kopi di wadah sendiri yang kedap udara dan terhindar dari cahaya langsung matahari. Biji kopi akan tetap segar lebih lama dengan cara ini. Kualitas biji kopi akan terjaga di tempat yang sejuk. anda bisa saja menyimpan biji kopi dalam cool box sendiri. Satu hal yang perlu diingat, jangan pernah menyimpan kopi dalam lemari es. Sifat biji kopi mudah sekali menyerap bau dari makanan lain. Menyimpan biji kopi dalam lemari es bersama dengan makanan lain akan merusak citarasa kopi itu sendiri. Hal lain yang juga penting diperhatikan adalah saat anda ingin membuat kopi, biarkan biji kopi terkena udara luar sekitar lima menit. ini untuk menyeimbangkan suhu pada biji kopi agar menjadi normal saat akan diseduh.

Ada banyak manfaat kesehatan yang telah ditemukan dari minum kopi. Jangan ragu untuk menikmati secangkir kopi di pagi hari. Jika kafein dalam kopi memengaruhi obat lain yang Anda minum, Anda mungkin ingin beralih ke kopi tanpa kafein. Kurangi atau hilangkan krimer dan gula untuk memaksimalkan manfaat ini.

Penting untuk mewaspadai kadar kafein dalam kopi Anda. Tidak semua kopi memiliki jumlah kafein yang sama. Misalnya, biji Robusta mengandung dua kali lipat kopi Arabika. Tergantung pada jenis biji kopi yang digunakan dan jumlah yang digunakan.

Membeli biji kopi segar akan menghasilkan rasa yang lebih enak daripada membeli kopi instant atau kopi bubuk kemasan.  Dengan memanggang biji kopi sendiri, Anda bisa menikmati kopi segar ala cafe setiap hari? Anda dapat dengan mudah memanggang biji Anda sendiri dengan memasukkannya ke dalam oven atau menggunakan mesin pembuat kopi.

Cobalah perpaduan rasa yang saling melengkapi jika Anda tidak dapat menemukan satu minuman pun yang memberikan rasa yang Anda inginkan. Bicaralah dengan karyawan kedai kopi dan mintalah rekomendasi jika Anda tidak yakin rasa mana yang harus digabungkan. Banyak toko yang menawarkan sampel kopi beraroma sebelum Anda membeli satu kantong penuh.

Tahukah anda Manfaat lain dari bubuk kopi?

  • Bubuk kopi kering bisa menjadi obat pengusir semut. Jadi jika Anda memiliki banyak semut di rumah. Taburkan bubuk kering bekas di mana pun Anda biasa melihat semut itu berkerumun, atau anda bisa masukan bubuk kering ke lubang semut.
  • Biji kopi bisa menghilangkan bau sepatu. Jika sepatu anda memiliki bau yang tak sedap, cara ini sangat efektif untuk menghilangkan bau sepatu. cukup masukan beberapa biji kopi dalam sepatu anda, lalu bungkus sepatu anda dengan plastik tertutup dan biarkan semalaman. Dijamin bau tak sedap dalam sepatu anda akan hilang esok harinya.

Seperti yang telah disebutkan di awal artikel ini, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa kopi buatan Anda tidak seenak kopi racikan barista. Sekarang setelah Anda membaca artikel di atas, Anda tidak perlu bertanya-tanya lagi. Gunakan semua cara buat kopi sendiri ala cafe di atas untuk membuat rasa kopi yang lebih enak.

Pos terkait