Cara Membangun Panel Surya Anda Sendiri

  • Whatsapp
Cara Membangun Panel Surya Anda Sendiri

Anda harus mendapat informasi lengkap jika Anda sedang mempertimbangkan rencana menggunakan tenaga surya untuk tempat tinggal atau bisnis Anda. Pada artikel ini kami akan membahas cara membangun panel surya anda sendiri. Satu hal yang perlu anda garis bawahi bahwa dengan panel surya, Anda bisa menghemat uang untuk membayar tagihan listrik bulanan anda yang semakin makin mahal. Selain hal itu, penggunaan panel surya berdampak positif pada lingkungan sekitar. Bahkan di beberapa negara yang mendorong energi terbarukan, penggunaan panel listrik untuk kebutuhan rumah tangga diberi insentif oleh pemerintah. Energi bertenaga surya sebenarnya adalah topik awam bagi sebagian besar orang. lewat artikel ini kami coba menjelaskan hal hal yang perlu anda ketahui tentang panel surya dan bagaimana cara membangun panel surya anda sendiri.

Cara Membangun Panel Surya Anda Sendiri

Mengenal Panel Surya sebagai energi terbarukan

Mencari energi terbarukan dan ramah lingkungan sedang menjadi trends saat ini. Namun, kita tahu bawah membangun panel surya sendiri bukan suatu perkara yang mudah dan perlu modal awal yang tinggi.  Istilah panel surya umumnya digunakan dalam bahasa sehari-hari untuk merujuk pada modul foto-listrik. Sel fotovoltaik (PV) terbuat dari bahan semikonduktor dan mengubah energi matahari menjadi energi listrik melalui konduksi. Sistem panel dapat digunakan untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik, yang kemudian dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga. Sel PV juga dapat dipasang di atap untuk menghasilkan listrik untuk digunakan di rumah. Ada banyak jenis panel, masing-masing cocok untuk aplikasi tertentu, jadi penting untuk memilih panel surya yang tepat untuk pekerjaan itu.

Sebagian besar panel surya berbentuk panel yang dipasang di atap bangunan komersial, sedangkan sebagian lagi untuk keperluan rumah tangga. Untuk aplikasi hunian, perlu dipastikan bahwa bangunan bebas dari penghalang, seperti pohon dan benda lain yang dapat mengurangi jumlah sinar matahari yang tersedia dan bisa diserap oleh panel surya kita. Kita juga dapat menyimpan listrik yang dihasilkan oleh panel sura sebagai cadangan listrik.  Sehingga kita bisa tetap menyalurkan listrik saat terjadi pemadaman listrik.

Ada dua metode untuk menghasilkan listrik dengan panel surya: stand-alone dan grid-tie. Sistem yang berdiri sendiri menggunakan satu atau lebih sel Fotovoltaik (PV), sedangkan sistem pengikat jaringan menghubungkan beberapa modul PV ke dalam bank baterai. Sistem grid-tie memerlukan investasi awal yang lebih mahal dibanding sistem stand alone, tetapi sistem ini bisa menghemat uang dalam jangka panjang karena lebih efisien daripada sistem yang berdiri sendiri. Sistem grid-tie membutuhkan setidaknya satu bank baterai atau bisa lebih jika disesuaikan dengan kebutuhan.

Panel surya pertama membutuhkan sumber tenaga. Sinar matahari adalah sumber yang paling mudah diakses. dan untuk itu anda butuh panel surya sebagai alat menyerap energi matahari. Penting juga untuk memilih sel fotovoltaik yang tepat agar efisiensi konversi energinya berada pada tingkat optimal.

Sel surya terbuat dari semikonduktor seperti silikon, boron dan fosfor. Silikon adalah yang paling umum digunakan, sedangkan boron dan fosfor juga cocok untuk produksi listrik. Sel fotovoltaik juga dapat dibangun untuk menghasilkan listrik dari gelombang radio, yang disebut tenaga panas matahari. Namun, panel surya bekerja lebih baik dengan energi gabungan yang digunakan dari sel fotovoltaik.

Seseorang dapat menggunakan listrik yang terkumpul untuk menyalakan peralatan atau memenuhi kebutuhan pribadi lainnya seperti mengisi daya ponsel atau laptop. Metode alternatif penggunaan energi terbarukan ini sangat hemat biaya. Selain menghemat tagihan listrik, penggunaan energi terbarukan yang bersih dapat membantu melestarikan lingkungan dengan mengurangi polusi.

Persiapan yang dilakukan untuk membangun sistem panel surya anda sendiri

Berikut ini hal yang perlu anda perhatikan dalam membuat sistem panel surya untuk rumah anda :

  • Mengetahui tujuan utama anda. jadi apakah anda menggunakan panel surya sebagai energi alternatif dan disimpan untuk digunakan saat pemadaman saja, atau anda ingin membangun energi surya sebagai pengganti tenaga listrik konvensional yang digunakan sebagai kebutuhan sehari hari di rumah anda
  • Jika anda sudah menetapkan tujuan anda membangun panel surya, anda bisa melakukan penghitungan berapa daya listrik dan jumlah listrik yang anda butuhkan. Desain sistem panel surya anda sesuai kebutuhan listrik anda
  • Beli peralatan panel surya sesuai skema desain anda seperti panel surya, rak panel surya, baterai penyimpanan listrik, inverters solar panel dan lain sebagainya
  • Rakit dan instal panel surya dan pasang di atap rumah anda. Pastikan panel surya anda dapat menangkap matahari tanpa ada halangan gedung atau hal hal lain
  • Konekan dengan solar inverter serta baterai penyimpanan
  • Gabungkan dan alirkan listrik yang dihasilkan ke dalam sistem kelistrikan di rumah anda.

Langkah langah di atas terlihat sederhana bukan? namun kita sama sama tau, perakitan dan pemasangan panel surya bukan hal yang mudah meskipun saat ini sudah banyak perusahaan yang menawarkan produk panel surya lengkap disertai panduan dan pemasangan. Saran kami, jika anda ingin memiliki pengaturan yang benar dan aman untuk panel energi surya, Pekerjakan seorang teknisi profesional untuk datang ke rumah anda untuk melakukan instalasi. Selain aman, pemasangan yang dilakukan teknisi yang mempunyai lisensi kelistrikan bisa membantu anda melakukan penyesuain terhadap sistem tenaga surya, sehingga menghasilkan  energi listik yang optimal dan efisien.

Untuk memastikan panel energi surya Anda beroperasi dengan efisiensi maksimum, lakukan pemeriksaan rutin beberapa kali setiap tahun. Pemeriksaan oleh Teknisi untuk memastikan bahwa semua koneksi dan inverter daya Anda beroperasi dengan benar, dan mereka juga memastikan panel energi surya ditempatkan pada posisi terbaik untuk mendapat limpahan tenaga matahari.

Saat sistem energi bertenaga surya sudah dipasang, pastikan perawatan dilakukan secara rutin dan berkala. Secara keseluruhan, energi matahari tidak membutuhkan banyak perawatan, namun ada beberapa hal yang bisa anda lakukan. Periksa panel energi surya Anda sesering mungkin untuk apa pun yang dapat menghalangi paparan sinar matahari. Ini bisa termasuk daun-daun dan kotoran yang menumpuk di atas panel surya.

Sistem pemasangan panel harus disesuaikan dengan area Anda. Jika daerah anda rawan terhadap bencana seperti gempa bumi atau bahkan tornado, Anda perlu mendapatkan sistem pemasangan yang tahan terhadap kondisi ekstrim tersebut. Energi alternatif tenaga surya merupakan hal yang sangat cocok dilakukan di indonesia. Karena negara kita adalah negara tropis dan selalu mendapat sinar matahari paling banyak sepanjang tahun. Semakin hari inovasi panel surya semakin maju. sehingga menghasilkan produk produk yang semakin murah dan terjangkau

Salah satu komponen mahal dalam sistem listrik tenaga matahari adalah sistem inverternya. Sistem panel surya menghasilkan listrik DC, tetapi peralatan Anda membutuhkan energi AC. Anda perlu memilih inverter daya yang berkualitas untuk mengubah listrik DC menjadi AC. Pilih power inverter Anda dengan hati-hati dan jangan pernah ragu untuk membeli yang mahal karena efisiensi inverter Anda dapat secara langsung mempengaruhi tingkat daya yang dapat Anda hasilkan dengan panel Anda.

Kisaran harga di pasaran untuk sistem teknologi surya antara 20 juta sampai 60 juta. Cari tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan seseorang untuk memulihkan biaya awal Anda. Selain itu, Anda tidak perlu membeli sistem surya bertenaga besar pada satu waktu, sesuaikan saja dengan tujuan dan kebutuhan energi anda. Lakukan instalasi dengan budget yang Anda mampu dan anda bisa lakukan upgrade atau menambahkan item lain dalam sistem tenaga surya anda untuk mendukung kebutuhan energi listrik yang lebih besar. Menarik bukan bahasan tentang panel surya, sekarang kembali di keputusan anda. Apakah anda akan beralih ke panel surya atau tetap menggunakan listik konvensional dari PLN.

Pos terkait