Cara Memulai Bisnis Online

  • Whatsapp
cara memulai bisnis online
cara memulai bisnis online

Kita sedang menghadapi masa pandemi dan tidak tau kapan situasi ini segera berakhir. Banyak hal menjadi rumit akhir akhir ini. Beberapa teman dan saudara mulai mengeluhkan situasi ekonomi yang semakin sulit. Bahkan ada beberapa orang yang harus kehilangan pekerjaan karena dampak pandemi bagi dunia usaha. Seiring dengan berjalannya hal tersebut trend untuk memulai bisnis online juga semakin meningkat. Bisnis online memang menjadi solusi untuk tetap mendapatkan penghasilan di masa sekarang ini. Kali ini kita akan membahas cara memulai bisnis online secara detail dan mendalam. Semoga menjadi manfaat bagi anda yang ingin memulai bisnis online namun bingung tentang apa yang harus dikerjakan.

cara memulai bisnis online
cara memulai bisnis online

Pada dasarnya pengertian bisnis online adalah semua aktivitas atau usaha mendapatkan penghasilan dengan menggunakan media internet. Cakupan bisnis online sangat luas dan banyak, sehingga orang bisa jadi bingung memulai karena banyaknya referensi soal bisnis online. Mari kita bahas satu persatu tentang cara bisnis online bagi pemula.

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Saat ini peranan internet menjadi hal yang sangat penting. Segala sesuatu terkoneksi dengan internet. Di indonesia sendiri, pertumbuhan pengguna internet sangat tinggi dan ini seiring juga peningkatan jumlah pengguna smartphone baik android dan ios. Seringkali sebagaian besar dari kita hanya memanfaatkan HP atau smartphone sebagai sarana komunikasi dan bersosial media saja. Untuk memulai bisnis online tanpa modal, anda bisa mulai dengan menggunakan handphone atau smartphone anda. Cara paling sederhana memulai bisnis online tanpa modal adalah dengan smartphone anda bisa menawarkan dagangan atau jasa kepada teman, saudara atau koneksi anda. Buatlah status whatsapp mengenai produk atau jasa yang anda miliki. Posting juga di akun sosmed anda tentang penawaran tersebut. Dari situ kita berharap semoga ada yang tertarik dengan penawaran kita.

Lalu bagaimana kalau kita tidak punya dagangan atau jasa yang ditawarkan? Kita akan bahas solusinya dalam artikel ini. Seperti yang kita singgung di atas, memulai bisnis online itu sangat mudah. Selama ada niat dan kemauan pasti ada jalan. Berikut ini beberapa hal yang memang harus anda siapkan dan miliki sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara memulai bisnis online di marketplace online dan media sosial.

  • Niat dan Konsisten pada yang anda kerjakan. Syarat utama dalam melakukan sesuatu agar sukses dan bisa dinikmati hasilnya adalah niat anda serta konsistensi anda terhadap pekerjaan itu. Memulai bisnis online awalnya tak selalu mudah. anda perlu waktu dan tetap konsisten pada hal tersebut sehingga lambat laun bisa menikmati hasil dari proses anda.
  • Smartphone dan Paket data. Modal awal yang kemungkinan sudah anda miliki adalah hp dan paket data. jadi manfaatkan saja yang sudah anda miliki ini untuk memulai bisnis online.
  • Rekening atau alat penerima pembayaran. Anda tentu harus memiliki rekening bank sebagai alat penerima pembayaran bisnis online anda. jangan lupa untuk mengaktifkan internet banking, sehingga anda bisa langsung mengecheck pembayaran jika menerima transaksi online. Selain rekening anda bisa juga menggunakan fintech seperti ovo sebagai alternatif pembayaran bisnis online.
  • Produk dan Jasa yang ditawarkan. Produk atau jasa apa yang ingin anda tawarkan? Jika anda sudah punya produk atau kemampuan. mungkin anda sudah tidak lagi bingung membuat penawaran secara online tentang bisnis anda. Jika anda bisa membuat produk sendiri seperti makanan dan kerajinan tangan, saatnya anda mencoba memasarkannya secara online. Namun bagi yang tidak punya produk atau jasa, anda bisa mulai dengan menjadi dropshipper. Dropshipper adalah model bisnis online di mana anda hanya menjadi perantara penjualan dari produsen ke konsumen. istilah sederhananya adalah anda menjadi makelar online. Carilah distributor atau program dropshipper yang terpercaya.

Cara Memulai Bisnis online di Marketplace Shopee, lazada, tokopedia dan bukalapak

Pertumbuhan marketplace di indonesia tergolong cepat dan ini merupakan peluang bagi anda yang ingin belajar memulai bisnis online. Manfaatkan keberadaan marketplace seperti Shopee, lazada, tokopedia dan bukalapak sebagai tempat berjualan produk yang anda miliki. Menjadi penjual di marketplace sangat mudah, anda hanya butuh mendaftar sebagai penjual dan melakukan verifikasi data. Setelah terverifikasi sebagai penjual, anda bisa langsung posting produk dan menunggu konsumen atau pembeli. Bisnis online adalah tentang reputasi dan trust. Semakin baik reputasi lapak/toko maka akan semakin rame atau laris produk yang anda jual.

Cara Memulai Bisnis online dengan membuat toko online

Solusi lain memulai bisnis online diluar marketplace adalah dengan membangun toko online anda sendiri. membangun bisnis online dengan toko online sendiri memang tidak semudah anda berjualan di marketplace. Anda harus mengeluarkan modal tambahan untuk membuat toko online. Jika anda punya waktu, anda bisa belajar membuat toko online sendiri. Banyak tutorial membuat toko online dengan wordpress, blogspot atau menggunakan layanan toko online instant seperti shopify yang bisa anda temukan di Youtube. Alternatif lain adalah dengan memesan jasa pembuatan toko online. Dengan membuat toko online sendiri, anda bisa membangun reputasi dan brand serta memotong biaya administrasi dan pembayaran yang biasa dikenakan pihak marketplace.

Cara Memulai bisnis online di sosmed seperti di facebook, instagram, whatsapp dan twitter

Social Media bisa dijadikan media untuk memulai bisnis online anda. Indonesia merupakan negara dengan pengguna sosial media terbesar di dunia. Menurut data, pengguna sosmed di indonesia terbanyak ada di facebook, instagram dan Twitter. Hal ini jadi peluang besar bagi anda untuk memanfaatkan sosmed sebagai salah satu alat memulai bisnis online. Berjualan produk dan jasa di sosmed sangat mudah. Berikut ini beberapa cara sederhana mulai berjualan di facebook, instagram, whatsapp dan Twitter.

  • Anda sudah punya akun facebook? jika sudah punya akun facebook anda bisa langsung menggunakannya untuk mulai menawarkan produk dan jasa. anda bisa mulai posting jasa atau produk anda via status dan mulai melakukan mention ke teman teman anda tentang postingan produk anda. Selain itu cara tercepat mempromosika dagangan anda secara gratis adalah dengan bergabung di grup grup facebook dan mulai posting tentang penawaran anda.
  • Manfaatkan facebook marketplace. Facebook memiliki fitur facebook marketplace berdasarkan geo lokasi. anda bisa melakukan posting produk dan jasa berdasarkan lokasi terdekat anda. facebook akan menampilkan produk anda pada bagian marketplace sesuai lokasi anda memposting bisnis anda.
  • Membuat Fans Page Facebook untuk bisnis online anda. dengan membuat fanspage, anda bisa memisahkan penggunaan antara akun pribadi dan fanspage yang dikhususkan untuk jualan produk/bisnis anda. Selain lebih terlihat profesional, anda bisa leluasa memposting dan membuat katalog produk/bisnis yang ditawarkan.
  • Beriklan dengan FB ads. Facebook memiliki layanan berbayar FB ads untuk promosi produk. Dengan budget iklan mulai 10 ribu rupiah per hari, anda bisa memasarkan produk/bisnis anda secara efektif karena fb ads langsung menargetkan iklan anda pada pengguna FB berdasarkan interest atau ketertarikan.
  • Cara memulai bisnis online di instagram pada dasarnya sama dengan di facebook. Anda butuh membuat akun instagram dan mulai mencoba follow akun akun instagram lainnya. Pastikan selalu update informasi usaha atau bisnis anda. Cara lain yang harus di coba adalah dengan komentar di postingan postingan viral. Postingan akun IG dengan banyak follower yang ditandai dengan banyaknya komen dan likes berpotensi mendatangkan traffic ke materi promosi bisnis atau usaha anda. Jika anda mempunyai budget berlebih bisa menggunakan layanan instagram ads agar promosi semakin cepat mendapatkan respon atau ketertarikan
  • Cara berbisnis online dengan menggunakan whatsapp. Whatsapp sebenarnya layanan messenger, namun banyak juga diantara kita yang menggunakan whatsapp sebagai media untuk bisnis online. cara sederhana adalah dengan membuat status soal dagangan produk anda. Jika anda sudah memiliki banyak konsumen, simpan nomer hape konsumen dan buatlah grup untuk komunikasi serta update informasi produk/bisnis anda.
  • Bisnis online menggunakan twitter. Salah satu platform media sosial yang rame adalah twitter. Gunakan twitter untuk promosi bisnis online anda. sering seringlah berinteraksi dan membuat twitt yang relevan dengan bisnis yang anda tawarkan. Saling follow dan retweet bisa membantu twitt anda semakin dilihat pengguna lain dan mendatangkan traffic.

Sekarang bagaimana trend lovers? sudah mulai paham cara memulai bisnis online? tunggu apalagi. segeralah memulai. siapa tahu ini bisa menjadi jalan rejeki baru dimasa sulit seperti ini.

Pos terkait