Desa Jonggol Gelar Sosialisasi STBM

  • Whatsapp
Pemdes Jonggol bersama Puskesmas Jambon menggelar sosialisasi STBM dan Kades Jonggol Supriyadi didampingi Kepala Puskemas Jambon Andi Muhadi melakukan tandatangani komitmen Desa STBM

Beritatrends, Ponorogo – Sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) digelar Pemerintahan Desa Jonggol Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo bersama Puskesmas Jambon di balai desa setempat, Rabu (17/2/2021).

Sosialisasi digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, yakni mewajibkan memakai masker, dan dihadiri oleh Kepala Desa Jonggol Supriyadi, Kepala Puskemas Jambon Andi Muhadi, bidan dan kader kesehatan Desa Jonggol.

Supriyadi Kepala Desa Jonggol mengatakan bahwa, Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

“Dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya menjaga pola hidup sehat dan bersih di lingkungan masing-masing, “ucap Supriyadi.

Lanjutnya, sosialisasi STBM ini, tim kesehatan akan menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dengan stop BAB sembarangan, selalu mencuci tangan, pengelolaan air minum rumah tangga bebas kuman, pengelolaan sampah dan limbah cair rumah tangga.

“Ditengah pandemi Covid 19, untuk sosialisasi melalui grup WhatsApp oleh kader-kader kesehatan Desa Jonggol, bulan Juli nanti untuk program desa STBM akan dinilai tim kesehatan dari Pemkab. Kita berharap dengan sosialisasi ini, masyarakat Desa Jonggol bisa terjaga kesehatannya, karena kesehatan berawal dari perawatan lingkungan yang sehat dan bersih serta Desa Jonggol menjadi desa sanitasi total berbasis masyarakat,”harap Supriyadi.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penandatanganan komitmen Pemdes Jonggol bersama masyarakat mewujudkan Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Kepala Puskemas Jambon Andi Muhadi mengatakan, sosialiasi ini merupakan program nasional STBM untuk mewujudkan derajat kesehatan bagi masyarakat di desa.

“Dengan mendorong masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dan bersih, melalui kader-kader kesehatan yang ada di desa. Tujuannya meningkatkan derajat kesehatan berbasis masyarakat terutama ditengah pandemi Covid 19 ini, dengan tetap disiplin mematuhi serta menerapkan protokol kesehatan, “pungkas Andi Muhadi.

Pos terkait