Desa Selur Raih Penghargaan Pemenang Desa Brilian 2021 Batch 2

  • Whatsapp

Kades Selur Suprapto bersama BRI saat pengumuman Juara Nasional Penganugerahan Desa Brilian Batch 2 melalui webinar zoom

Beritatrends, Ponorogo – Desa Selur Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo terus mengukir prestasi gemilang. Usai mengikuti seleksi dan proses yang cukup panjang, Desa Selur kembali mendapat juara Nasional Penganugerahan Desa Brilian Batch 2 tahun 2021 melalui pengumuman webinar zoom bertempat di BRI Cabang Ponorogo, Rabu (1/9).

Padahal sebelumnya Desa Selur telah mendapatkan Juara Nasional kategori Inovasi Pelayanan Publik melalui pajak kendaraan bermotor dengan sistem 4.0 yang berkerjasama dengan Bappenda Provinsi Jawa Timur pada
pada tanggal 29 Juli tahun 2021 kemarin.

Kepala Desa Selur Suprapto, S.Sos menyampaikan bahwa, diraihnya penghargaan sebagai Juara Nasional Penganugerahan Desa Brilian Batch 2 tahun 2021 tersebut, semula diikuti sekitar 2046 Desa pendaftar, dan setelah melalui tahapan-tahapan serta seleksi mengerucut menjadi 15 Desa yang terpilih.

“Melalui optimalisasi budidaya tanaman porang yang lagi booming dimana-mana dengan dibalut dengan program Argroforesty berbasis sadapan yang melibatkan pihak BRI, Perhutani sebagai perluasan lahan dan Pemerintah Desa Selur menjadi dasar untuk mengembangkan inovasi sekaligus membangun pondasi dasar pemulihan ekonomi Nasional pasca pandemi Covid-19 khususnya di Desa Selur yang bersentuhan langsung di wilayah hutan, “kata Suprapto, Kamis (2/9).

Suprapto menambahkan, sesuai informasi bahwa lomba kategori Desa Brilian lebih dari 2000 desa peserta dari seluruh Indonesia, Desa Selur menjadi juara dengan awal seleksi jumlah peserta 2046 desa dan selanjutnya diseleksi menjadi 450 desa dan menjadi 50 desa se-Indonesia.

“Dari 50 desa seleksi terakhir menjadi 15 juara nasional. Desa Selur terpilih diantara 15 desa Juara Nasional Penganugrahan Desa Brilian Batch 2. Tentu atas prestasi dan penghargaan ini sangat membanggakan bagi kami serta masyarakat Selur. Untuk itu, atas nama Pemdes Selur dan selaku kades mengucapkan terima kasih dukungan serta suppor semua pihak, baik pihak BRI, Perhutani maupun masyarakat Selur sehingga mendapatkan juara ini, “imbuh Kades Selur.

Sementara itu, pimpinan BRI Cabang Ponorogo Efendi Sudarso menuturkan, Classter baru terkait tanaman porang sekaligus pohon pinus yang ada di Desa Selur, menjadi salah satu point Juara Nasional Desa Brilian Bacth 2 tahun 2021 ini.

” Untuk itu, BRI Cabang Ponorogo akan terus mensupport dengan adanya Desa Brilian ini di Desa Selur dan mudah-mudahan bisa membantu serta bekerjasama dengan baik kepada para petani masyarakat Selur. Semoga hal ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Selur menjadi lebih baik dari sebelumnya, “pungkasnya.

Pos terkait