Dikpora Magetan Menjalankan Program Bupati, Sekolah Menuju Adiwiyata

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magetan Suwata dan salah satu sekolah Adiwiyata

Beritatrends, Magetan – Program merupakan landasan untuk mewujudkan tujuan dan sasaran dari Renstra, sedangkan untuk mengimplementasikannya harus ditindaklanjuti dengan kegiatan dalam jangka waktu 1 (satu) tahun sampai dengan 5 (lima) tahun. Program pembangunan pendidikan yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magetan yang tertuang dalam Renstra.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magetan Suwata mengatakan, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga menjalankan menindak lanjuti apa yang menjadi visi misi Bupati.

Yang pertama meningkatkan mutu pendidikan, memperbanyak sekolah Adiwiyata, kemudian pendidikan karakter, yang lain banyak tapi yang diprioritaskan itu, peningkatan mutu pendidikan kita garap mulai dari tenaga pendidiknya, kita minta seluruh guru sekarang harus menyusun program pembelajaran dengan baik, meningkatkan mutu dengan diklat-diklat peningkatan mutu, kemudian yang paling penting kami sudah sampaikan semua guru sekarang harus memahami ITE  karena kedepan kita tidak hanya mengandalkan manual sebab kedepan adalah berbasis digital.

“Untuk meningkatkan mutu pendidikan anak-anak kita. Kita terus menerus melakukan evaluasi kinerja atas apa yang saya sampaikan saat itu, apakah guru itu sudah mendiklat dengan diklat mandiri. Hampir setiap minggu kami itu disuruh membuka seminar workshop,”terang Suwata.

Kita ini menyusun program pemerintah dari sisi pendidikan, memang sejak dulu sudah ditunjukan tentang sekolah Adiwiyata, diminta lebih memperbanyak sekolah Adiwiyata.

“Saya terimakasih kepada para guru yang mengajar di jenjang SD dan SMP, tentunya semua sekolah sekarang kondisinya sudah lumayan, bergerak membenahi sekolahnya, kebersihan kemudian diikuti mendukung tentang penghijauan,”ucap Suwata.

Karena tidak semua sekolah memiliki kondisi sekolah yang bagus, dimusim penghujan ini sekolah-sekolah sudah melakukan penghijauan, keberhasilan, semua kita siapkan beberapa sekolah maju, ini SD Unggulan maju lomba Adiwiyata ke Provinsi, mudah-mudahan nanti yang lainnya menyusul seperti SMPN 1 Magetan, kemudian SMPN 3 Kawedanan, SMPN 4 Magetan mandiri Adiwiyata.

Kemarin itu masuk ke Provinsi itu SMPN 3 Plaosan bagus kondisi lingkungannya. Jadi semata-mata kita tidak ingin mendapatkan juara, penghargaan, supaya sekolah-sekolah yang lain itu yang ada potensi mengimbas semua menuju sekolah berwawasan.

“Sebenarnya gol nya itu Adiwiyata berupa proses pembelajaran di sekolah itu berjalan dengan lancar ketika kondisi lingkungannya sehat, bersih, asri dan nyaman,”pungkas Suwata.

 

Pos terkait