Dishub Magetan Lakukan Ramp Check Armada Bus Program Balik Bareng Gratis

Dishub Ramp Check Armada Bus Program Balik Bareng Gratis

Beritatrends, Magetan – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Magetan lakukan Ramp Check atau inspeksi keselamatan armada bus pariwisata di gedung uji Dishub Magetan, Kamis (13/4/2023).

Kepala Bidang Pengembangan dan Keselamatan Dishub Magetan, Titik Suharsih mengatakan, ramp check angkutan bus ini dilakukan dalam rangka persiapan program Balik Bareng Gratis dari pemerintah, yang akan diberangkatkan di depan Pendopo Surya Graha, 25 April mendatang.

“Ramp check dilakukan untuk mengantisipasi kalau terjadi apa-apa di jalan, agar ada kenyamanan dari penumpang, dan selamat sampai tujuan,” terangnya.

Saat ramp check, kendaraan diperiksa satu per satu oleh petugas, mulai dari unsur administrasi, yakni Kartu Uji, KP Reguler, KP Cadangan, dan SIM Pengemudi.

Kemudian, juga dilakukan pengecekan unsur teknis meliputi pengereman, penerangan, badan kendaraan, ban, dan perlengkapan kendaraan lainnya.

Tak lupa pengecekan unsur penunjang seperti body kendaraan, tempat duduk, perlengkapan keselamatan, tool tanggap darurat, dan kondisi fisik pengemudi juga dicek untuk memastikan aman.

Setelahnya, angkutan bus yang dinyatakan lulus ramp check akan ditempeli stiker oleh petugas.

“Total dari 10 bus pariwisata yang dicek, 7 akan digunakan untuk program balik gratis. Sementara tidak ada kendala semuanya aman,” ujar Titik.

Diketahui, program Balik Bareng Gratis dari Pemkab Magetan saat ini masih menerima pendaftaran hingga tanggal 18 April, baik melalui laman s.id/balikgratismagetan maupun datang langsung ke kantor Dishub setempat, dengan mempersiapkan persyaratan antara lain fotokopi KTP, KK, dan nomor telepon support Whatsapp.

Pos terkait