DTPHPKP Selenggarakan Pelatihan Budidaya Bonsai

Beritatrends, Magetan – Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Magetan (DTPHPKP) menyelenggarakan pelatihan bagi petani bunga dan tanaman hias di Kebun Refugia Jalan Raya Plaosan – Sarangan, Kamis (16/12/2021)

Dalam Pelatihan tersebut mendatangkan narasumber dan anggota pemateri Komunitas Bonsai Magetan (KBM). Dihadiri dari kelompok petani tanaman hias, khususnya dari Kelurahan Sarangan dan Desa Dadi.

Kepala DTPHPKP Ir. Uswatun Chasanah melalui Kasi Buah-Buahan dan Tanaman Hias, Muji sri Rahayu mengatakan, untuk menginisiasi desa-desa disekitar Kebun Refugia Magetan (KRM), tempat ini menjadi penunjang kebutuhan tanaman hias untuk KRM dan juga untuk pengunjung wisata yang nantinya bisa diarahkan. Dan di Magetan ini ada pengembang tanaman hias yaitu disekitar KRM. Untuk peserta dari kelompok petani tanaman hias, khususnya dikelurahan Sarangan dan Desa Dadi.

“Pihaknya berharap selain memberikan edukasi pada petani, guna lebih memajukan produksinya, juga menjadikan sentral-sentral Desa Wisata tanaman hias, selain KRM. Karena DTPHPKP cuma menjadi percontohan tempat wisata, diharapkan desa-desa disekitar KRM dapat menjadi Desa wisata,”papar Muji sri Rahayu.

Anggota KBM Syaifudin menambahkan untuk materi ada edukasi Bonsai. Nanti selepas ini apa bila kurang paham tentang bunga ada edukasi bunga, waktunya cuma ada satu setelah jam, ini temen-temen bonsai yang awam, supaya punya kepedulian tentang bonsai atau alam sekitar.

“Bibitnya dibudidayakan dengan system dicangkok, dari biji biasanya begitu. Kalau untuk (dangkel) akar di alam itu sudah langka sekali dan untuk bahan-bahan di alam sudah sangat terbatas, sangat minim sekali. Sekarang teman-teman KBM sudah mulai membudidayakan,”pungkas Syaifudin.

Pos terkait