Gandeng UMKM, Begini Serunya Berburu Takjil Ala Rutan Magetan

Beritatrends, Magetan – Memasuki hari puasa yang ke-28, Rutan Magetan Kanwil Kemenkumham Jatim menggelar acara buka bersama bagi seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), di Lapangan Rutan, Rabu (19/04/2023).

Berbeda dari sebelumnya, kegiatan buka bersama kali ini menghadirkan live musik dan juga bazar Ramadhan UMKM dari Karang Taruna Kelurahan Magetan.

Antusias warga binaan tampak dari antrian mengular di depan stand masing-masing produk UMKM.

Kepala Rutan Magetan, Eries Sugianto menjelaskan, adanya bazar di dalam Rutan adalah untuk mendukung UMKM itu sendiri sekaligus mengenalkan kepada warga binaan agar dapat memiliki usaha sendiri ketika bebas nanti.

“Kami mendukung usaha UMKM untuk kita perkenalkan dan juga dapat dirasakan oleh warga binaan nanti. Tujuannya agar mereka paham terkait UMKM itu apa dan mudah-mudahan juga bisa memberikan kontribusi terkait pengembangan UMKM setelah bebas nanti,” terangnya.

Rencananya, lanjut Eries, kegiatan kolaborasi dengan UMKM ini akan dilanjutkan tak hanya pada momen ramadan.

“Mudah-mudahan ada rekan-rekan dari masyarakat luar yang memberikan perhatian untuk membagikan keterampilannya dalam rangka mendukung skill pengembangan UMKM Kabupaten Magetan,” harapnya.

Sementara itu, berkaitan dengan pemberian remisi Hari Raya Idul Fitri mendatang, Eries mengatakan bahwa Rutan Magetan telah mengusulkan sebanyak 167 orang.

“Sejumlah 167 warga binaan telah kami ajukan untuk mendapatkan remisi. Untuk nama-namanya nanti bisa dilihat di layanan inovasi Pelangi mulai besok,” jelasnya.

Diketahui 167 warga binaan yang akan menerima remisi setelah Salat Idul Fitri, merupakan sebagian dari total keseluruhan warga binaan sebanyak 231 orang, baik dari kasus pidana umum maupun khusus.

Pos terkait