Ketoprak Humor Bulan Dadari MKKS SMPN Magetan Memukau Penonton

Pagelaran Ketoprak Humor Bulan Dadari MKKS SMPN Magetan Memukau Penonton dengan Judul Ande-ande Lumut

Beritatrends, Magetan – Guna memeriahkan Bulan Dadari setiap bulan Purnama adalah salah satu kegiatan, setiap bulan harus ada kegiatan kali ini giliran MKKS SMPN Kabupaten Magetan mengadakan pagelaran, Ketoprak dengan lakon Ande Ande Lumut bertempat di Pendapa Surya Graha, Minggu (18/9/2022) malam.

Acara ini dipentaskan oleh para pejabat MKKS SMPN Magetan pejabat Dinas Pendidikn Kepemudaan dan Olahraga.

Ketoprak berguru pada Ki Hadjar Dewantara, bercerita tentang perjuangan trio GAM yaitu Dibyo, Juned dan Wisben untuk mendapatkan pendidikan dari Taman Siswa dimana dalam perjalanannya menemui berbagai rintangan seperti ditipu, dirampok dan lainnya hingga pada akhirnya pada sampai di daerah Jogja, mereka bertemu dengan seseorang yang bersedia mengantarkannya.

Bupati Magetan, Dr. drs. H. Suprawoto, SH. M.Si mengatakan, ini acara bulan dadari, itu setiap bulan Purnama, jadi ini salah satu kegiatan, setiap bulan harus ada kegiatan, ini kegiatan sastra, boleh di isi apa saja, nanti sambil jalan akan di perbaiki, apa yang paling bagus, kadang pembacaan puisi, cerpen dll,

“Tujuan kedepannya untuk memberi ruang kepada seniman-seniman, boleh dari mulai SD,SMP, SMA , seniman, karena harus ada ruang untuk interaksi sosial aktualisasi sastra, inilah wahananya setiap bulan diadakan,”ujar Bupati Suprawoto.

Ditambahkan Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Suwata mengatakan, acara bulan dadari yang dilaksanakan setiap bulan, kebetulan memang bulan dadari ini sebagai bulan yang ngisi dari Dinas Pendidikan, pihak sekolah, guru-guru dan dari temen-temen Dikpora.

Malam ini pentas ketoprak humor, dengan lakon Ande-Ande Lumut kuliah S2, pemainnya para kepala sekolah SMP Negeri se-Kabupaten Magetan.

“Tujuan kedepannya ini media disamping istilahnya nguri-nguri buday, kemudian ada unsur literasnya, pemahaman tentang budaya, bahasa dan sebagainya, nanti lain kali ada pentas yang berbeda, sehingga memberikan motivasi kepada temen-temen untuk terus berkreasi, kegiatan ini diadakan setiap bulan, programnya Mbulan Dadari, bulan dadari itu dilaksanakan setiap bulan sekali, tanggal 15 tapi waktunya nanti menyesuaikan,”pungkas Suwata.

Pos terkait