Ketua TP-PKK Pesawaran Tinjau Pelaksanaan Lomba Kebersihan Sekolah Tingkat Kecamatan

Tinjau Pelaksanaan Lomba Kebersihan Sekolah Tingkat Kecamatan

Beritatrends, Pedawaran – Guna menjaga kebersihan dilingkungan sekolah dan melatih mental para dewan guru dan murid untuk senantiasa meningkatkan rasa peduli terhadap kebersihan, dengan membudayakan sekolah yang bersih, elok, dan asri pasca libur panjang. Pemerintah Kabupaten Pesawaran, menggelar lomba kebersihan antar sekolah tingkat kabupaten.

Kegiatan lomba sekolah di tinjau langsung Ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi.


Setelah melakukan peninjauan, Ketua TP-PKK secara langsung memberi penilaian lomba kebersihan tersebut.

Dikatakan Nanda Indira Dendi, dengan diberlakukannya pembelajaran tatap muka (PTM) 100%, pihak sekolah diwajibkan untuk mengedepankan terkait dengan Protokol Kesehatan (Prokes) dan juga kebersihan lingkungan sekolah.

“Kalau lingkungan sekolah bapak ibu bersih, tentunya anak murid kita ini menjalankan aktifitas belajar mengajarnya kan menjadi nyaman, apalagi di tengah pandemi saat ini selain penerapan prokes, kebersihan sekolah juga menjadi salah satu cara untuk menekan penyebaran virus covid-19 di lingkungan sekolah,” kata Nanda di TK Negeri Pembina Desa Sukadadi Kecamatan Gedongtataan. Senin (25/07/2022).

Dia menjelaskan, yang paling penting dari lomba tersebut bukan pada lombanya semata, melainkan bagaimana lomba kebersihan sekolah tersebut bisa menumbuhkan kesadaran akan budaya bersih dan peduli pada lingkungan yang sejauh ini sudah jauh terkikis.

“Dengan adanya lomba ini, diharapkan seluruh pihak sekolah, akan lebih giat menjaga lingkungannya, kalau kegiatan ini secara berkelanjutan terus dilakukan, maka lama kelamaan akan menjadi budaya atau kebiasaan di lingkungan sekolah,” jelas dia.

Sementara, ditempat terpisah Kepala disdikbud Kabupaten Pesawaran Anca Martha Utama menyatakan, kegiatan ini diikuti oleh 33 sekolah dari 11 kecamatan yang mana setiap kecamatannya mengirimkan perwakilan satu sekolah disetiap tingkatannya mulai dari Paud, SD dan SMP.

“Sebelum perlombaan tingkat kabupaten, kita sudah menggelar perlombaan di tingkat kecamatan, dan yang saat ini mengikuti perlombaan ini merupakan pemenang dari tingkat kecamatan di tingkatannya masing-masing,” kata dia.

Menurut Anca, dalam perlombaan ini terdapat sejumlah poin yang dilakukan penilaian, mulai dari kebersihan ruang pimpinan, ruang guru, ruang kelas, ruang perpustakaan, kemudian halaman sekolah, dan juga kebersihan kamar mandi di lingkungan sekolah.

“Lomba ini selain dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Pesawaran ke-15, kegiatan ini juga bertujuan untuk memastikan pihak sekolah telah siap dalam pelaksanaan PTM 100% di tengah pandemi covid-19, selain kebersihan kita juga melakukan penilaian terhadap penerapan prokes di areal sekolah,” timpalnya.

Pos terkait