Kunjungan TPI Ke Rutan Ponorogo

  • Whatsapp

Kunjungan TPI Ke Rutan Ponorogo

Beritatrends, Ponorogo – Tim Penilai Internal (TPI) dari Inspektorat Jenderal Kemenkumham melakukan kunjungan ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Ponorogo, Jum’at (10/9/2021).

Dalam kunjungan tersebut tim meninjau ke Ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang berada di depan area kantor, dan bagian dalam Rutan. Mulai dari sarana prasarana pelayanan Rutan Ponorogo, antara lain Restorasi, Ruang Videocall WBP dan Ruang Pelayanan Kesehatan.

Karutan Arya Galung menyampaikan, empat layanan inovasi unggulan Rutan Ponorogo yang dikemas dalam aplikasi e-Si Rupon. Ke empat layanan tersebut terdiri dari WAROK ( WhatsApp Rutan Ponorogo Untuk Keluarga WBP), BUJANG GANONG (Berkomunikasi Kanggo Njangkau Keluarga Ono Ngomah), JATHIL (Jajanan Titip Langsung), dan SINGO (Sistem Integrasi Unggah Online).

“Keempat aplikasi tersebut bertujuan untuk memberikan kepastian kepada Warga Binaan Pemsyarakatan (WBP) dan keluarga di rumah serta mencegah terjadinya praktek pungli dan gratifikasi,” jelasnya.

Menurut Karutan, dengan aplikasi tersebut dapat meminimalisir pertemuan antara petugas dan keluarga WBP serta terciptanya keterbukaan publik.

Sementara, TIM TPI yang diketuai Hari Purwanto menyampaikan evaluasinya pada Rutan Ponorogo.

“Karutan sebagai Role model harus mampu menjadi contoh dan menjelaskan secara mendetail terkait inovasi layanan kepada TPN nantinya,” ucapnya.

Untuk diketahui dalam kunjungan tersebut Tim II TPI Pengendali Teknis oleh Aminulloh Noor Pakpahan. Aminulloh berpesan agar empat inovasi tersebut dapat dijalankan, dimonitoring dan terus dievaluasi.

“Inovasi yang sudah ada harus dijalankan dan terus dievaluasi,” ujarnya.

Sedangkan dari Kantor Wilayah tim turut hadir Kepala Divisi Administrasi Indah Rahayu Ningsih beserta rombongan.

Pos terkait