Magetan Raih Penghargaan Bebas Frambusia

Beritatrends, Magetan – Peran Dinas Kesehatan dalam memerangi penyakit frambusia di Kabupaten Magetan membuahkan hasil yang positif, Kabupaten Magetan dinyatakan sebagai Kabupaten dengan Predikat Bebas Fambusia.

Penyerahan Sertifikat ini bertepatan dengan puncak peringatan World Neglected Tropical Diseases (NTD) yang diperingati pada 30 Januari silam. Diketahui NTD atau Penyakit Tropis Terabaikan seperti filariasis, cacingan, schistosomiasis, kusta, dan frambusia merupakan bagian dari 20 penyakit tropis terabaikan yang disebabkan oleh berbagai patogen, termasuk virus, bakteri, protozoa, dan cacing parasit.

Predikat Kabupaten Bebas Frambusia yang disematkan oleh Kementerian Kesehatan kepada Pemerintah Kabupaten Magetan merupakan tantangan bersama agar dapat dipertahankan bersama-sama, dan tentunya membutuhkan peran aktif seluruh lapisan masyarakat.

Raihan prestasi di bidang kesehatan diserahterimakan oleh Menkes Budi Gunadi Sadikin bertempat di Krakatau Grand Ballroom Taman Mini Indonesia Indah. Adapun Bupati Magetan menghadiri penyerahan sertifikat pada Selasa siang, didampingi OPD terkait, Selasa (21/2/2022).

Pada kesempatan tersebut dilakukan Penyerahan Sertifikat Bebas Frambusia kepada 103 Bupati/Walikota dan Sertifikat Eliminasi Filariasis pada 5 Bupati/Walikota serta pembacaan komitmen bagi perwakilan penerima sertifikat.

Baca Juga  Cobain Yuk! Kuliner Bebek Hitam Satu-Satunya di Magetan, Ini Lokasinya

Pos terkait