Masyarakat Desa Nongkodono Kauman Rutin Donor Darah 3 Bulan Sekali

Kegiatan Donor Darah di Desa Nongkodono Kecamatan Kauman Ponorogo

Beritatrends.com, Ponorogo – Puluhan warga masyarakat di Desa Nongkodono Kecamatan Kauman secara sukarela mendonorkan darahnya pada kegiatan donor darah yang dilakukan di Balai Desa Nongkodono mulai pukul 08.00 WIB oleh PMI kabupaten Ponorogo, Rabu (10/11/2021).

Kagiatan donor darah di Desa Nongkodono memang telah menjadi agenda rutin yang dilakukan setiap 3 bulan sekali.

Ayub Bintoro selaku ketua karang taruna Desa Nongkodono mengatakan, kegiatan donor darah ini mulai di laksanakan di Desa Nongkodono pada tahun 2015 hingga sekarang.

Kegiatan donor darah adalah kegiatan sosial kemanusiaan untuk meningkatkan kepedulian kita terhadap sesama. Setetes darah dapat menjadi sangat berarti bagi hidup seseorang. Donor darah juga dapat memberikan manfaat kesehatan bagi pendonornya.

Menurut PMI, setidaknya ada 5 (lima) manfaat donor darah bagi pendonor, yaitu (1) menjaga kesehatan jantung; (2) meningkatkan produksi sel darah merah; (3) membantu penurunan berat sel tubuh; (4) mendapatkan kesehatan psikologis; (5) mendeteksi penyakit secara dini.

Kegiatan donor darah dilakukan oleh petugas PMI dan menjelaskan langsung kepada warga masyarakat bahwa saat mendonorkan darah kondisi badan harus dalam kondisi fit dengan berat badan minimal 45 kg dan usia sekitar 17 hingga 60 tahun. Sebelum seseorang melakukan donor, petugas dari PMI akan mengecek terlebih dahulu apakah pendonor kondisinya fit, sehingga layak untuk mendonorkan darahnya atau tidak.

Mulyadi selaku kepala Desa Nongkodono selalu mendukung kegiatan PMI dari kabupaten Ponorogo demi kegiatan sosial kemanusiaan untuk meningkatkan kepedulian kita terhadap sesama. Kegiatan ini juga dilakukan untuk kebaikan dan kesehatan warga masyarakat Desa Nongkodono Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo.

Baca Juga  Bolos Jam Pelajaran Sekolah, Belasan Pelajar di Magetan Diciduk Satpol PP Saat Nongkrong di Warung

Pos terkait