Mengembangkan Bisnis Dengan Cara Kemitraan

  • Whatsapp
Mengembangkan Bisnis Dengan Cara Kemitraan
Mengembangkan Bisnis Dengan Cara Kemitraan

Punya usaha atau bisnis adalah keinginan bagi banyak orang. Namun tahukah anda bahwa menurut statistik banyak bisnis baru gagal bertahan tidak lebih dari 1 tahun sejak dimulai? memulai bisnis memang sangat susah dan mempertahankan bisnis dan mengembangkannya juga jauh lebih susah.

Pernahkah berpikir tentang mengembangkan bisnis anda dengan cara waralaba atau kemitraan? Waralaba dan kemitraan adalah salah satu cara yang bisa dipakai pelaku usaha atau bisnis untuk mengembangkan usahanya secara cepat.

Konsep waralaba dan kemitraan menjanjikan perkembangan bisnis yang cukup cepat, bidang usaha yang bisa di waralabakan atau dibuat sistem kemitraan kini tak sebatas pada bidang usaha kuliner atau makanan cepat saji. Kemitraan dan waralaba kini menyentuh hampir semua jenis usaha seperti kesehatan, pendidikan, layanan otomotif, keuangan dan masih banyak lagi.

Untuk anda yang ingin mengembangkan bisnis dengan sistem waralaba atau kemitraan, ada baiknya anda menyimak artikel berikut ini tentang tips dan cara mengembangkan bisnis atau usaha anda dengan sistem waralaba atau kemitraan.

Mengembangkan Bisnis Dengan Cara Kemitraan
Mengembangkan Bisnis Dengan Cara Kemitraan

Apa perbedaan Waralaba (Franchise) dengan Kemitraan?

Sebenarnya konsep besar dari dua istilah ini hampir sama, namun kemitraan atau Business Opportunity memiliki syarat dan aturan yang lebih mudah dibanding franchise. Perbedaan yang terlihat jelas adalah mengenai SOP dan perjanjian. Untuk franchise, franchisor atau pemberi franchise harus mempunyai cabang yang sukses minimal 5 tahun. sedangkan untuk kemitraan anda hanya butuh perjanjian kesepakatakan kedua belah pihak dan franchisor tidak harus punya cabang yang sudah terbukti sukses minimal dalam 5 tahun.

bagaimana? sudah paham konsep dasar dan perbedaan franchise dan Kemitraan? sudah diputuskan anda akan menggunakan sistem yang mana untuk mengembangkan bisnis anda? Semua kembali kepada keputusan pemilik bisnis. Namun jika anda butuh pengembangan yang cepat dan tidak terhambat oleh banyaknya syarat maka kemitraan bisa jadi pilihan yang tepat untuk anda. Selain itu proses kemitraan meringankan beban modal anda jika ingin mengembangkan bisnis. sehingga anda tidak perlu sampai berhutang di luar kemampuan karena ingin segera memiliki banyak cabang untuk bisnis anda.

Hal hal yang perlu disiapkan untuk mengembangkan bisnis lewat cara kemitraan

 1. Lakukan riset tentang seluk beluk bisnis kemitraan

Langkah pertama saat Anda ingin ingin mengembangkan bisnis lewat kemitraan adalah mempelajari lebih lanjut tentang kemitraan secara umum, termasuk cara kerjanya, apa yang diharapkan, dan cara memilih bentuk kerjasama yang tersedia untuk Anda. anda bisa mempelajari kemitraan yang sudah sukses mendapatkan banyak mitra. apa yang mereka tawarkan dan sistem kerja apa yang mereka terapkan. Hal yang paling penting adalah membuat bentuk kemitraan yang saling menguntungkan untuk anda dan calon mitra anda.

2. Daftarkan Merek Bisnis anda

Merek merupakan salah satu hal yang menarik bagi mitra bisnis anda. Merek yang sudah terkenal juga merupakan daya tarik bagi bisnis kemitraan yang anda tawarkan. Jadi jika anda ingin membuat sistem kemitraan, maka daftarkan merek anda ke DJKI. Hal ini untuk menghindari permainan plagiat dan melindungi merek anda agar tidak disalah gunakan.

4. Buat Legalitas Usaha anda

Jika anda pemilik bisnis yang selama ini berbisnis dengan cara sederhana, ada baiknya anda mulai melakukan legalisasi payung hukum usaha anda sebelum melakukan pengembangan lewat cara kemitraan.  anda bisa membuat CV atau PT. Hal ini selain meningkatkan rasa trust dan profesionalitas bisnis anda juga melindungi bisnis anda secara hukum.

3. Jadikan 1 Cabang anda sebagai contoh sukses

Satu cabang atau tempat bisnis anda yang sukses bisa dijadikan contoh model kemitraan yang anda tawarkan. Neraca pembukuan dan proyeksi keuntungan pada tempat usaha anda bisa dijadikan acuan untuk mitra anda. Prinsip dasar Kemitraan dan franchise adalah tentang copy paste metodologi usaha yang sukses. Jadi kajian kelayakan usaha adalah hal penting dalam bisnis kemitraan anda.

4. Buat Tim Manajemen

Dalam pengembangan kemitraan, anda tidak bisa hanya bekerja sendiri. anda tidak mungkin menghandle semua hal sendiri. mungkin di awal awal saat mitra masih sedikit atau saat masa pencarian mitra usaha. semua kerjaan bisa anda lakukan sendiri. namun saat anda mulai mendapatkan banyak mitra, tentu anda tidak bisa melakukan semua itu sendiri. oleh karena itu anda harus membuat tim manjemen yang tangguh. tim ini memiliki tugas utama untuk memberi pelatihan dan monitoring atau pendampingan pada mitra usaha anda sehingga semua berjalan sesuai dengan kesepakatan yang telah disetujui bersama mitra anda.

5. Rumuskan starter kit untuk mitra anda

Starter kit untuk kemitraan itu berupa surat perjanjian, materi produk atau hal apapun yang menyangkut permulaan bagi mitra untuk memulai usaha. Apa saja yang termasuk starter kit dalam kemitraan adalah sebagai berikut :

  • Surat Perjanjian Kemitraan yang mengatur jelas hak dan kewajiban kedua belah pihak dalam proses kemitraan
  • Alat atau produk awal yang anda berikan ke mitra untuk permulaan usaha. baik berupa alat atau materi promosi
  • Pelatihan Kemitraan, anda diharuskan memberi pelatihan kepada mitra usaha anda sehingga mitra anda bisa bekerja sesuai dengan SOP yang sudah disepakati
  • Pendampingan Kemitraan, setelah melakukan pelatihan. anda harus melakukan pendampingan kepada mitra sesuai dengan kewajiban yang telah dijanjikan dalam kesepakatan kemitraan anda. monitoring atau pendampingan ini meliputi pengawasan supply bahan baku, pemasaran atau promosi dan problem solving jika mitra mempunyai kendala dalam pengembangan usaha.

6. Promosikan Bisnis Kemitraan anda

Promosi merupakan hal yang penting untuk agar anda bisa mendapatkan mitra buat bisnis anda. Media promosi untuk model bisnis kemitraan saat ini sangat bervariasi. Semua tergantung dari budget promosi anda. Cara konvensional adalah melakukan promosi lewat event pameran waralaba dan kemitraan. Biasanya asosiasi atau kumpulan waralaba selalu aktif melakukan pameran atau event. cobalah bergabung dan aktif mencari informasi sehingga anda bisa ikut berpromosi jika ada event pameran waralaba berikutnya. Keunggulan ikut pameran waralaba adalah bisa langsung ketemu dengan calon mitra. orang orang yang datang ke pameran waralaba atau kemitraan adalah calon mitra potensial. Tujuan mereka datang ke pameran tidak lain adalah untuk mencari model bisnis baru yang ingin mereka miliki dan geluti.

Promosi lain adalah dengan menggunakan internet. Promosi menggunakan internet saat ini adalah promosi usaha yang paling efektif dikarenakan memangkas waktu, tempat dan jarak. anda tidak perlu dipusingkan dengan banyaknya waktu yang tersita dengan melakukan promosi secara konvensional. Promosi dengan internet bisa dilakukan secara gratis dan juga secara berbayar. Promosi secara gratis bisa anda lakukan melalui akun sosial media anda atau posting di forum forum bisnis tentang konsep bisnis kemitraan anda.

Sedangkan untuk promosi berbayar bisa dilakukan dengan menggunakan google adword atau layanan iklan di media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan masih banyak lagi jaringan sosial yang memiliki layanan iklan berbayar. layanan iklan berbayar ini tentu memiliki jangkauan promosi dan efektifitas lebih dari pada sekedar yang gratis. Anda bisa langsung menset iklan anda sesuai dengan target market yang anda tuju.

7. Pertemuan dengan mitra dan calon mitra

Adakan follow up atau pertemuan dengan mitra atau calon mitra. dalam pertemuan ini anda bisa mempresentasikan secara detail tentang konsep bisnis kemitraan anda dan meyakinkan calon mitra untuk mengambil program kemitraan yang anda tawarkan. UUntuk yang sudah menjadi mitra, anda bisa menjalin hubungan baik dan mendapatkan feedback berupa kritik dan saran serta memberikan tips bagi mitra agar usahanya semakin maju dan berkembang.

Bagimana trends lovers? sudah tau langkah langkah mengembangkan bisnis dengan cepat memakai sistem kemitraan. tidak perlu menunggu lebih lama lagi. saatnya kini anda segera melakukan aksi dan langkah langkah seperti diatas guna membuat bisnis anda berkembang lebih cepat dan menghasilkan banyak pendapatan bagi anda.

 

Pos terkait