Operasi Mindset Wilayah Kecamatan Ngebel Menurut Bupati Sugiri

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko

Beritatrends, Ponorogo – Wilayah Kecamatan Ngebel yang terletak di lereng Wilis menjadi perhatian tersendiri bagi Kang Bupati Sugiri Sancoko. Orang nomor satu di Ponorogo ini menegaskan bahwa Ngebel harus dikelola secara apik. Baik wisatanya maupun kondisi alamnya yang notabene berfungsi sebagai kawasan konservasi air. Oleh karena itu ia mengajak masyarakat Ngebel untuk segera mengadakan “Operasi Mindset”.

Hal ini disampaikan langsung Kang Bupati ketika mendampingi sang istri, Susilowati Sugiri Sancoko menyalurkan Program PKK Peduli Bakti Sosial di Desa Ngrogung, Desa Wagir lor, Desa Sahang, Desa Ngebel, dan Desa Sempu, Rabu (09/02/2022).

Operasi mindset yang dimaksud Kang Bupati adalah merubah pola mikir masyarakat agar lebih terbuka dan ramah dalam mengelola alam dan pariwisata. Kang Bupati juga mengajak para RT untuk memanfaatkan dana RT yang telah diberikan untuk memantik gerakan gotong royong untuk merawat kawasan Ngebel.

“Ada dana RT. Nanti bisa buat biopori agar air hujan tidak melimpas ke sungai dan dapat langsung diserap oleh tanah. Sehingga kita kalau musim kemarau juga punya tabungan air. Nanti juga bisa untuk penanaman pohon yang berfungsi menyimpan air. Lalu yang ibu-ibu bisa ikut andil dengan membantu menanam bunga supaya lebih indah,” harapnya.

Sementara itu Ketua TP PKK Ponorogo Susilowati Sugiri Sancoko mengajak para ibu untuk berperan aktif dalam menjaga keindahan kawasan Ngebel dengan gerakan menanam bunga.

“Ini nanti kan kalau di sepanjang jalan ditanami bunga kan jadi indah. Kalau disini kan tidak perlu beli, cukup barter dengan ibu yang lainnya. Itu nanti yang pertama akan indah, yang kedua perlu diingat bahwa bunga itu juga bagian dari ekosistem. Nanti semakin banyak menanam bunga, maka ekosistem juga semakin membaik. Misalnya yang pelihara tawon, nanti madu yang dihasilkan juga akan semakin banyak dan berkualitas,” tutur Susilowati.

Pos terkait