Peduli Keberlangsungan Satwa, Perumda Tirta Dharma Purabaya Madiun Berikan Donasi Bagi Umbul Square

  • Whatsapp

Wakil Bupati Madiun, Hari Wuryanto menyerahkan donasi Rp 15 juta dari Perumda Air Minum Tirta Dharma Purabaya Kabupaten Madiun kepada Dirut Madiun Umbul Square, Afri Handoko, Senin (6/9/2021). Hadir dalam penyerahan bantuan tersebut Direktur Utama Perumda Air Minum Purabaya Kabupaten Madiun, Maryono

Beritatrends, Madiun-Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Dharma Purabaya Kabupaten Madiun memberikan donasi sebesar Rp 15 juta bagi Madiun Umbul Square, Senin (6/9/2021).

Bantuan itu sebagai bentuk kepedulian Perumda Air Minum Tirta Dharma Purabaya Kabupaten Madiun terhadap keberlangsungan ratusan satwa di Umbul Square selama pandemi.

Bantuan donasi sebesar Rp 15 juta diserahkan langsung Wakil Bupati Madiun, Hari Wuryanto kepada Dirut Madiun Umbul Square, Afri Handoko. Hadir dalam penyerahan bantuan tersebut Direktur Utama Perumda Air Minum Purabaya Kabupaten Madiun, Maryono.

“Bantuan Ini adalah bentuk apresiasi Perumda Purabaya Kabupaten Madiun kepada Umbul Square yang secara regulasi disaat pandemi tidak bisa buka. Tetapi mereka tetap harus memberikan makan dan merawat satwa yang dipelihara didalam,” ujar Wabup Hari Wur, panggilan Hari Wuryanto.

Menurut Hari Wur, untuk kebutuhan 164 jenis satwa yang dipelihara rata-rata satu bulan membutuhkan anggaran sampai Rp 30 jutaan. Padahal selama pandemi tidak ada pemasukan karena harus ditutup sesuai dengan aturan pemerintah pusat.

Kondisi itu, kata Hari Wur, menjadikan Madiun Umbul Square membutuhkan bantuan dari pihak yang peduli untuk menjaga keberlangsungan satwa yang dipelihara didalam taman wisata.

“Tentunya kalau tidak ada pemasukan maka Madiun Umbul Square membutuhkan bantuan atau donasi dari lembaga dan simpatisan yang peduli terhadap satwa,” jelas Hari Wur.

Hari Wur berharap tak hanya Perumda Air Minum Purabaya Kabupaten Madiun yang berdonasi untuk keberlangsungan hidup satwa di Madiun Umbul Square.

“Saya berharap instansi lain dan para dermawan turut peduli dan membantu agar kebutuhan makan satwa dapat tercukupi setiap bulannya,” kata Hari Wur.

Tak hanya itu, Hari Wur berharap pandemi pun segara berakhir sehingga Madiun Umbul Square dapat buka kembali.

Apalagi Madiun Umbul Square menjadi salah satu kekayaan aset berharga yang dimiliki Kabupaten Madiun. Kehadiran Madiun Umbul Square dapat mengedukasi anak-anak bahwa satwa Indonesia itu luar biasa. Pasalnya selama banyak anak-anak yang mengetahui aneka satwa dari televisi atau layar handphone saja.

Untuk menggalang donasi bagi keberlangsungan satwa, manajemen sudah menyampaikan ke media massa dan media sosial bahwa Madiun Umbul Square menerima donasi untuk membantu keberadaan satwa yang ada didalamnya.

Hari Wur menambahkan bila pemerintah pusat sudah mengizinkan membuka tempat wisata maka Madiun Umbul Square akan dibuka dengan menerapkan ketat protokol kesehatan. Tak hanya itu berbagai sarana untuk menunjang keberlangsungan penerapan prokes pun sudah disiapkan mulai dari thermo gun hingga tempat cuci tangan.

Sementara itu Direktur Madiun Umbul Square, Afri Handoko menyatakan apresiasinya atas donasi yang diberikan Perumda Air Minum Tirta Dharma Purabaya Kabupaten Madiun. “Kami sampaikan banyak terima kasih karena sudah membantu kami untuk menjaga keberlangsungan satwa yang ada disini,” ujar Afri.

Menurut Afri selama tiga bulan tutup Madiun Umbul Square praktis kehilangan pendapatan. Padahal setiap bulannya dibutuhkan anggaran Rp 20 juta hingga Rp 30 juta untuk operasional. “Khusus pakan dalam satu bulan kami membutuhkan anggaran sekitar Rp 20 juta,” kata Afri.

Afri menambahkan Madiun Umbul Square tetap membuka pintu donasi bagi yang peduli terhadap keberlangsungan 164 jenis satwa didalamnya. Tak harus berbentuk uang, warga atau instasi dapat memberikan dalam bentuk makanan untuk satwa.

 

Pos terkait