Pelepasan 34 Mahasiswa Program Setara D1 Akademi Teknik Kulit

  • Whatsapp

Pelepasan praktik kerja lapangan anak-anak yang mau lulus D1 teknik kulit di Magetan ini jumlahnya 34 mahasiaswa, nanti ada yang di Magetan tempatnya, Madiun dan Jogja.

Beritatrends, Magetan – Pelepasan praktek kerja lapangan mahasiswa program setara D1 kerjasama Pemerintah Kabupaten Magetan, Politeknik ATK Yogyakarta dilaksanakan di Pendopo Surya Graha, Rabu (8/9/2021)

Pelepasan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Suprawotom, sebagai program lulusan pertama mahasiswa ATK yang ada di kabupaten Magetan, Bupati Magetan sangat mengapresiasi dan semoga kedepannya lebih maju lagi

Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto, SH. M.Si mengatakan, acara hari ini pelepasan praktik kerja lapangan anak-anak yang mau lulus D1 teknik kulit di Magetan ini jumlahnya 34 mahasiaswa, nanti ada yang di Magetan tempatnya, Madiun dan Jogja.

Ini sebetulnya di desain wirausaha yang bersangkutan harus tahu proses membuat sepatu dan yang lain-lain prodak-prodak terbuat dari kulit, oleh sebab itu anak-anak ini juga harus dikenalkan sama industri selama inikan hanya teori.

Sedangkan untuk prakteknya harus di sebuah industry, nantinya apa anak-anak ini menjadi seorang wirausaha baru.

“Kemudian yang paling bagus juga Poltek kulit di Jogja, sebagai lembaga sertifikasi profesi jadi anak-anak ini nanti selain dapat ijasah D1 juga dapat sertifikat profesi, bahwa dia mempunyai kwalifikasi seperti ini misalnya prodak sepatu dan lain sebagainya. Jadi keahliannya diakui. Lembaga itulah yang dipercaya pemerintah untuk menguji keahlian itu,”jelas Bupati Suprawoto.

Mudah-mudahan bisa memberikan peluang masa depan anak-anak, bisa mengembangkan perakitan di Magetan.

“Mereka juga diberikan peluang untuk melanjutkan D3 di Jogja. Dan kami berharap di Magetan tidak hanya D1 mungkin D2 atau malah D3,”terangnya.

Ditempat yang sama Direktur Poltek PTK Yogjakarta Sugianto mengatakan, ini untuk mempersiapkan adik-adik mahasiswa sebelum nanti lulus sebagai gelar D1, nanti ada uji kompensi mahasiswa dibekali praktek di industri untuk mendapat wawasan pengetahuan tingkat pengetahuannya.

“Setelah ini ada uji kompetensi sesuai dengan keahlian para mahasiswa, setelah itu nanti para mahasiswa akan mendapat pembinaan dari Kementerian dan dari drijen PAL terkait nanti beberapa pelatihan. Jadi Politeknik ATK membuka untuk pendidikannya kemudian untuk peningkatan wirausaha atau ekopes (ekonomi perusahaan) dan sebagainya,”terang Sugianto.

Harapannya nanti setelah lulus dari program D1 ini adik-adik mahasiswa ini menjadi wirausaha yang ada di Magetan ini, baik produk kulit maupun non kulit. Sehingga kedepan Magetan akan semakin maju, tangguh kompetensi yang ada di Kabupaten Magetan terkait dengan kulit dan produk kulit. Sehingga semakin maju baik dari SDM maupun produk produk kulitnya.

“Jumlah mahasiswa pertama ada 34, yang insyaallah semua bisa menyelesaikan tugas akhirnya, kegiatan magangnya dan nanti setelah lulus mereka memiliki kompetensi yang bermitra dan berwirausaha ataupun kalau mau menjadi industry, kami sudah bekerja sama dengan industri persepatuan di beberapa Kabupaten, ada di Caruban, Ngawi,  kemudian di Mojokerto semua siap untuk menampung dengan kesepakatan bersama, kita akan dijadikan wirausaha tapi nanti kalau ingin menambahkan kawasan Industri, kami siap bersama Kabupaten Magetan dan industri persepatuan yang ada di Jawa Timur,”pungkas Sugianto.

Pos terkait