Pengadilan Negeri Magetan Meluncurkan Layanan SiLAwU

Silawu online : Konsultasi informasi layanan bantuan hukum, Penandatanganan Mou psbakum online pengadilan negeri Magetan dengan perkumpulan lawyer Magetan

Beritatrends, Magetan – Pengadilan Negeri Magetan Meluncurkan Layanan SiLAwU Pengadilan Negeri Magetan kembali meluncurkan aplikasi unggulan sebagai upaya mendekatkan masyarakat Kabupaten Magetan terhadap akses keadilan. Kali ini fokus utama Pengadilan Negeri Magetan ada pada layanan bantuan hukum, yang selama ini digunakan oleh masyarakat di Pengadilan Negeri Magetan.

Bertempat di ruang Jamuan Pendopo Surya Graha, dihadapan Bupati Magetan, Forkopimda, Sekretaris Daerah, Para Camat, dan Para Kepala Desa. Ketua Pengadilan Negeri Magetan Lalu Moh. Sandi Iramaya, SH. MH., didampingi oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Magetan Meilina Nawang Wulan, SH. MH. Meluncurkan layanan POSBAKUM Online yang diberi nama SiLAwU.

SiLAwU menambah jumlah Aplilaksi yang telah ada di Pengadilan Negeri Magetan, diantaranya PTSP Online, ARATRA (Aplikasi Ramah Difabel Netra), SARANGAN (Sarana Informasi Ramah pengadilan) dan SiDaTu (Sistem pengiriman Dokumen Elektronik Dakwaan & Tuntutan) yang dibuat secara mandiri oleh Pengadilan Negeri Magetan untuk memberikan kemudahan dan pelayanan prima kepada masyarakat Kabupaten Magetan.

Ketua Pengadilan Negeri Magetan Lalu Moh. Sandi Iramaya, SH. MH. menyampaikan bahwa layanan bantuan hukum merupakan hak setiap orang yang tersangkut perkara maupun yang memiliki permasalahan hukum, untuk memperoleh bantuan hukum bagi yang memerlukan bantuan dan Negara menanggung biaya perkara atau biaya bantuan hukum bagi masyarakat yang tidak mampu.

Berdasarkan peraturan Mahkamah Agung RI No 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum bagi masyarakat tidak mampu di Pengadilan Negeri, Pengadilan Negeri Magetan berkewajiban menyediakan POSBAKUM.

Yang mana metode penyediaan POSBAKUM tidak selamanya harus secara fisik atau Offline namun juga disiapkan secara digital atau Online melalui layanan SiLAwU yang diluncurkan pada hari ini.

Baca Juga  Apresiasi Polres Tubaba dan Terus Kawal Kasus Oknum Kepalo Tiyuh Sumber Rejo Tubaba

Layanan konsultasi, informasi layanan bantuan hukum online atau SiLAwU merupakan layanan digital yang memudahkan masyarakat Kabupaten Magetan berinteraksi dengan advokat POSBAKUM yang ada di Pengadilan Negeri Magetan.

Melalui aplikasi ini masyarakat Magetan dapat melakukan interaksi secara virtual melalui chat yang nantinya akan direspon oleh para advokat yang bertugas di POSBAKUM Pengadilan Negeri Magetan.

Beragam layanan dapat di akses masyarakat melalui aplikasi SiLAwU diantaranya, pemberian konsultasi, informasi, advice hukum, atau bantuan pembuatan dokumen hukum yang dibutuhkan. Bahwa, bantuan hukum bagi masyarakat tidak mampu adalah suatu keharusan namum demikian bantuan hukum yang diberikan tentu saja tidak bersinggungan dengan independensi dan kemandirian Peradilan.

Oleh karena itu Pada prinsipnya Pengadilan Negeri Magetan hanya menyediakan sarana atau aplikasi. Untuk operasionalisasinya akan dilaksanakan oleh para Advokat yang bertugas di POSBAKUM Pengadilan Negeri Magetan. Senada dengan Ketua Negeri Magetan, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Magetan Meilina Nawang Wulan, SH. MH menyampaikan masyarakat Kabupaten Magetan tidak perlu membuang waktu untuk menjangkau kantor Pengadialan Negeri Magetan, cukup mengakses layanan aplikasi SiLAwU selanjutnya masyarakat Kabupaten Magetan dapat melakukan interaksi virtual secara gratis dan tanpa dipungut biaya apapun.

Intinya Pengadilan negeri Magetan ingin lebih dekat dengan masyarakat, lebih melayani dan lebih progresif menyesuaikan dengan tuntutan zaman. Dengan SiLAwU, masyarakat Magetan dapat melakukan konsultasi dan mendapatkan informasi melalui Handphone.

Ditambahkan Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto, SH. M,Si, menjelaskan hari ini Pengadilan Negeri Magetan melaunching aplikasi yang bernama SiLawU. Saya selaku Bupati mengucapkan terima kasih dan selamat atas inisiatif ini karena ini adalah menjawab era digital ini, jadi era sekarang ini kan era kecepatan kemudian efisien tentu ini adalah salah satu efisien yang dibuat oleh temen-temen dari Pengadilan, mungkin sekarang ini nanti kita belajar dari Aplikasi Peduli Lindungi aplikasi satu bisa buat semua, kemudian yang ketiga kecepatan orang itu sekarang mengandalkan kecepatan, ambil contoh kenapa sekarang makanan cepat saji itu laris karena ukuran orang digital itu lebih cepat, lebih cepat layanannya, lebih banyak orang datang.

Baca Juga  Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula

“Itu salah satu contoh yang bisa kita lihat secara singkat bagaimana ukuran-ukuran, kecepatan menjadi ukuran setiap hal yang besar oleh sebab itulah hari ini salah satunya di jawab oleh ketua Pengadilan Negeri Magetan.

Ditempat yang sama Direktur LBH Perkumpulan Lawyer Magetan, Dasi, SH. Selaku pengelola POSBAKUM di Pengadilan Negeri Magetan, pihaknya memberikan apresiasi atas peluncuran aplikasi SiLAwU dan berkomitmen untuk menyebarluaskan aplikasi ini. Dengan aplikasi ini masyarakat semakin dimudahkan karena terfasilitasi secara virtual.

POSBAKUM Pengadilan Negeri Magetan siap melayani masyarakat setiap hari kerja, Senin – Kamis dari jam 09.00 wib sampai dengan jam 14.00 Wib, Jumat dari jam 09.00 wib sampai dengan jam 11.00 Wib.

Para advokat siap melayani Masyarakat Kabupaten Magetan melalui aplikasi SiLAwU Sebagai tindak lanjut Pengadilan Negeri Magetan akan terus melakukan sosialisasi aplikasi SiLAwU kepada masyarakat kabupaten Magetan. Sekarang, cukup melalui Handphone konsultasi hukum dapat dengan mudah dilaksanakan.

Pos terkait