Penguatan Literasi Magetan Melalui Acara “Ngobrol Inspiratif”

“Kita Menulis dan Menerbitkan Buku Best Seller”, Dinas Kearsipan dan Perpusataan Magetan berharap agar dapat menjawab tantangan bahwa menulis dapat memberikan peluang bagi siapapun.

Beritatrends, Magetan – Dalam rangka menumbuhkan budaya literasi di Kabupaten Magetan, telah digelar acara “Ngopi, Ngobrol Inspiratif Bareng Mbak Okky” di Graha Pusat Literasi, Kamis (8/12/2022).

Tujuannya, adalah untuk penguatan literasi dan mendorong tumbuh kembangnya penulis daerah, khususnya Magetan, agar menghasilkan karya yang luar biasa.

Dengan mengusung tema “Kita Menulis dan Menerbitkan Buku Best Seller”, Dinas Kearsipan dan Perpusataan Magetan berharap agar dapat menjawab tantangan bahwa menulis dapat memberikan peluang bagi siapapun.

Acara tersebut menghadirkan inspirator Bunda Literasi Magetan, Titik Suprawoto, dan seorang penulis profesional, Okky Madasari.

Pada kesempatan tersebut Bunda Titik memberikan motivasi agar generasi muda Magetan dapat terus meningkatkan budaya literasi. Beliau juga berpesan agar ketika menghasilkan karya, penulis harus tetap menjaga lisan, hati, dan pikiran. “Ketika menghasilkan karya jangan lupa nanti mengembangkan bagaimana kita menjaga lisan hati pikiran, bagaimana kita mengalahkan diri, memantaskan diri, menjaga niatan baik dan pikiran positif kita untuk melakukan yang terbaik,” tutupnya.

Sementara itu, Penulis Okky, selain memberikan motivasi juga menyampaikan materi seputar kiat penulisan buku dan penerbitan buku.

Ia juga berpesan terkait literasi agar tidak hanya menjadi jargon semata, melainkan harus dipraktikkan lewat langkah literasi. “Literasi jangan hanya untuk jargon, literasi adalah sebuah proses yang tidak cukup hanya sekedar membaca. Membaca adalah langkah awal. Tahapan selanjutnya adalah kemampuan untuk mencerna serta berpikir kritis terhadap apa yang dibaca. Dan kemudian kita sendiri mampu berkarya dan menghasilkan karya. Ini baru bentuk langkah literasi,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Magetan, yang dalam hal ini diwakili oleh Ir. Hergunadi, MT. selaku Sekretaris Daerah Magetan, sangat mengapresiasi terhadap terselenggaranya acara tersebut. Beliau berharap kelak karya putra-putri Magetan dapat memberikan dampak besar terhadap kemajuan di berbagai bidang. “Tak hanya untuk Magetan semata, namun juga untuk seluruh bangsa Indonesia,” tutupnya.

Pos terkait