Profil Desa Durenan Magetan

  • Whatsapp

Nama Kepala Desa : Puryono

Beritatrends, Magetan – Desa Durenan merupakan salah satu desa yang mana penduduknya saling berdekatan untuk mendukung dan saling bekerjsama guna membangun desa yang kreatif serta mandiri.

Desa Durenan merupakan salah satu desa yang terletak di sisi paling selatan, yang tepatnya di salah satu kecamatan sidorejo, kabupaten magetan, provinsi jawa timur.

Desa Durenan ini mempunyai luas wilayah kurang lebih sekitar 174.75 ha.

Secara geografis desa durenan juga berbatasan dengan beberapa desa lainnya.

Dari sisi utara berbatasan dengan desa Sidorejo, dari sisi timur berbatasan dengan desa Sambirobyong, dari sisi selatan berbatasan dengan Nitikan, dan dari sisi barat berbatasan dengan Sendang Agung.

Dari luas wilayah 174.75 ha dengan pembagian permukiman 28,35 ha, pertanian 124,46 ha, dan tanah kas desa seluas 14,05 ha. Desa Durenan juga di tunjang oleh 4 dusun atau dukuh/yaitu Waduk, Cigrok, Durenan, dan Watugarit. Dari ke empat dusun ini terdapat 23 Rt atau 4 Rw.

Dari luas wilayah ini juga terdapat kurang lebih sekitar 2.671 jiwa atau penduduk, dari usia dini, usia kanak-kanak, usia  muda, dewasa hingga orang tua.

Dengan rincian laki – laki sebanyak 1.295 jiwa, dan perempuan 1.376 jiwa.

Mayoritas penduduk desa bermata pencaharian sebagai petani dan pedagang.

Tak hanya itu juga, industri industri rumahan juga melengkapi keberagaman yang ada di desa ini.

Mulai dari industri bolu, industri kue satu, kerajinan bambu, dan berbagai macam lainnya.

Di bawah hiruk pikuk penguasa. Desa Durenan yang menjadi desa yang bersih, aman, guyub rukun, adil dan makmur, berbudi luhur, bermartabat, serta religius seperti halnya visi dan misi dari pemerintah desa sendiri.

Iklim Desa Durenan sebagaimana dengan desa-desa yang lain di wilayah Indonesia yang mempunyai dua iklim, yakni iklim kemarau dan penghujan.

Hal tersebut mempunyai pengaruh langsung terhadap pola tanam yang ada di Desa Durenan, Kecamatan Sidorejo, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur.

Dari mayoritas mata pencaharian petani yang bergelut dengan tanaman, berbagai jenis sayuran ini sendiri bisa menghasilkan ekonomi yang bernilai tinggi serta  di jadikan kebutuhan pokok bagi penduduknya.

Selain itu, juga di tunjang dari ketrampilan dari masyarakat dengan adanya produk usaha anyaman bambu yang dijadikan usaha pokok warga masyarakat sekitar.

Semua kekayaan ini tidak terlepas dari berbagai unsur pihak/yang diantaranya dari perangkat desa /tokoh agama/ serta elemen masyarakat yang lainya.

Kepala desa menjadi orang nomor satu di desa, tetap memberikan kesejahteraan penuh kepada masyarakat di Desa Durenan

Tak hanya kesejahteraan penuh kepada masyarakat di desa durenan saja, desa ini juga tetap melestarikan budaya nenek moyang dan pendahulu yang ada di Desa Durenan ini.

Sejarah desa, serta peninggalan – peninggalan yang ada di desa durenan ini sangatlah kental dan benar – benar di jaga oleh pemerintah desa serta masyarakat lainnya.

 

 

Pos terkait