Profil Desa Sidokerto Magetan

  • Whatsapp

Nama Kepala Desa : Agung Susilo

Selamat Datang di Desa Sidokerto.

Beritatrends, Magetan – Desa Sidokerto adalah desa yang paling utara di Kecamatan Sidorejo, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur.

Desa ini merupakan salah satu desa yang penduduknya saling berdekatan, dan saling mendukung satu dengan yang lain guna membangun desa yang kreatif serta mandiri.

Desa Sidokerto ini mempunyai luas wilayah kurang lebih 210.30 ha, dengan pembagian wilayah permukiman kurang lebih 40 ha, wilayah persawahan kurang lebih 110 ha, dan bengkok kurang lebih 51 ha. Secara geografis desa ini berbatasan dengan beberapa desa lainnya.

Dari sisi utara berbatasan langsung dengan Desa Sumberdodol, dari sisi selatan berbatasan dengan Desa Widorokandang, dari sisi barat berbatasan dengan DSesa Sumbersawit, dan dari sisi timur berbatasan dengan Desa Tanjungsari.

Dari luas wilayah kurang lebih 210.30 ha, Desa Sidokerto ini juga ditunjang dengan 4 dusun, antara lain dusun teguhan, dusun serut, dusun batang, dan dusun bendo. dari ke 4 dusun ini terdapat 17 Rt dan 4 Rw. Jumlah kk 834 kk. dengan pembagian 17 Rt dan 4 Rw.

Jarak dari kecamatan ke Desa Sidokerto ini kurang lebih sekitar 2 km, Kabupaten ke desa 6 km dan Provinsi ke desa kurang lebih 200 km.

Dengan luas wilayah ini, Desa Sidokerto dihuni sekitar 2.351 jiwa, dengan rincian laki – laki sebanyak 1.162 jiwa, perempuan sebanyak 1.189 jiwa.

Mayoritas penduduk desa bermata pencaharian sebagai petani.

Dengan mayoritas sebagai petani tentunya dapat menghasilkan sayur – sayuran yang sangat berkualitas yang dapat menunjang perekonomian masyarakat di Desa Sidokerto ini.

Dibawah hiruk pikuk penguasa. Desa Sidokerto yang menjadi desa yang bersih, aman, guyub, adil, makmur, berbudi luhur, bermartabat serta religius. seperti halnya visi dan misi dari pemerintah desa sendiri.

Iklim Desa Sidokerto ini sebagaimana dengan desa – desa yang lainnya di wilayah indonesia, yang mempunyai dua iklim, yakni iklim kemarau dan penghujan.

Hal tersebut mempunyai pengaruh langsung terhadap pola tanam yang ada di Desa Didokerto.

Dari mayoritas bermata pencaharian petani, yang bergelut dengan tanaman, berbagai jenis sayur ini sendiri bisa menghasilkan ekonomi yang bernilai tinggi serta dapat dijadikan kebutuhan pokok bagi penduduk desa.

Semua kekayaan ini tidak terlepas dari berbagai unsuk pihak, yang diantaranya dari perangkat desa, tokoh agama, serta elemen masyarakat yang lainnya.

Rutinitas aparatur perangkat desa untuk mempersiapkan administrasi dan dokumen penting guna pelayanan masyarakat yang optimal dan maksimal.

kepala desa menjadi orang nomor satu di desa, tetap memberikan pelayanan penuh serta menjamin kesejahteraan masyarakat desa Sidokerto serta untuk tetap mengkondisikan aparatur desa guna menjadikan aparatur desa yang disiplin

Dari cangkupan kedudukan kepala desa, yang menaungi dan telah memiliki kelembagaan desa, serta memiliki struktur yang kuat dari dorongan pkk desa yang sangat kompak untuk memajukan wilayahnya.

Dari penyelesaian pembangunan yang ada dari berbagai infrastruktur, yang diantaranya infrastruktur akses jalan yang efisien dan nyaman untuk dilewati, guna menunjang perputaran roda perekonomian masyarakat, khususnya di desa sidokerto ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pos terkait