Profil Desa Sumbersawit Magetan

  • Whatsapp

Beritatrends, Magetan – Indonesia merupakan negeri yang kaya raya lahan pertanian tumbuh subur hasil pertanian yang kian muncul dari permukaan bumi menjadikan kekayaanter sendiri bagi para nyawa yang ada di atasnya

Selamat datang di Desa Sumbersawit.

Sumbersawit adalah sebuah nama yang ada di wilayah Kecamatan Sidorejo, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur.

Dengan penduduk yang saling berdekatan dan saling mendukung satu dengan yang lain, desa ini dapat berkembang dan maju serta kreatif dan mandiri.

Sumbersawit memiliki luas wilayah sekitar 310.33 ha, dengan pembagian luas wilayah permukiman 210 ha, luas perwasahan kurang lebih 39 ha, luas ladang kurang lebih 71 ha, dan kas desa 70 ha. Secara geografis desa ini berbatasan langsung dengan beberapa desa lainnya.

Meliputi sebelah utara berbatasan dengan Desa Sumberdodol, sebelah utara berbatasan dengan Desa Sidorejo, sebelah timur berbatasan dengan Sesa Widorokandang, dan sebelah barat berbatasan dengan Desa Sidomulyo

Dari luas wilayah kurang lebih sekitar 310.33 ha, desa ini juga ditunjang dengan adanya 3 dusun, antara lain dusun godoh, dusun baran, dan dusun mitir. dari ke 3 dusun tersebut terdapat 33 rt dan 3 rw.

Jarak dari Kecamatan ke Desa Sumbersawit ini sekitar 2 km, Kabupaten ke desa 6 km, dan Provinsi ke desa kurang lebih 200 km.

Desa ini dihuni sekitar 3.451 jiwa, dengan rincian laki – laki sebanyak 1.710 jiwa dan perempuan sebanyak 1.741 jiwa.mulai usia 0-17 tahun sebanyak 1.870 jiwa, 18 – 55 tahun 1.562 jiwa dan diatas usia 55 tahun sebanyak 812 jiwa.

Dengan jumlah kk 838 kk, keluarga pra sejahtera 90 kk, sejahtera 503 kk, dan sejahtera iii plus sebanyak           kk

Mayoritas penduduk desa menggantungkan perekonomian  sebagai petani, dan banyak juga sebagai pengrajin anyaman, pengrajin emping, jamur kuping, peternak kelinci, ayam dan gadung.

Potensi – potensi yang ada di desa sumber sawit ini meliputi wana wisata alam dan pemandian umum, sentra pengrajin keripik gadung, sentra bunga mawar, dan sumber mata air yang mengalir sepanjang tahun.

Dibawah hiruk pingkuk kepemimpinan, mampu menjadikan desa sumbersawit menjadi desa yang titi tata tentrem kerta raharja, subur, makmur, gemah ripah lor jinawi, agamis, guyub, rukun, berkeadilan sosial, manunggal saiyeg saeka kapti mbangun desa. seperti halnya visi dan misi dari pemerintahan desa sumbersawit.

Beberapa missi yang ada di desa sumbersawit sangatlah penting guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Sumbersawit.

Seperti halnya meningkatkan taraf pendidikan, mempertahankan nilai – nilai kerukunan, melestarikan nilai gotong royong, meningkatkan kwalitas pertanian, melestarikan sikap tenggang rasa antar sesama, menanamkan rasa nasionalisme, dan menanamkan sikap disiplin.

Berbagai hasil bumi yang dihasilkan di desa ini sangatlah berkualitas tinggi dan bermanfaat bagi menyeluruh.

Dengan mayoritas bermata pencaharian sebagai petani, berbagai jenis sayur hingga tanaman lainnya sangat bisa menambah perekonomian masyarakat di desa Sumbersawit.

Tak hanya itu saja, potensi desa yang memiliki sumber mata air yang mengalir sepanjang tahun ini juga dapat dinikmati masyarakat umum, dengan suasana yang sejuk, dan pemandangan yang masih asri dapat memikat masyarakat lain untuk berkunjung dan menikmati beberapa potensi desa yang ada di desa Sumbersawit ini.

Semua kekayaan alam yang ada di desa ini tidak terlepas dari berbagai unsur pihak, yang diantaranya dari perangkat desa, tokoh agama, serta elemen masyarakat yang lainnya.

Rutinitas aparatur desa untuk mempersiapkan administrasi dan dokumen penting guna pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Kepala desa menjadi orang nomor satu di desa, tetap memberikan pelayanan penuh serta menjamin kesejahteraan masyarakat di desa Sumbersawit ini, dan tak lupa tetap mengkondisikan aparatur desa untuk menjadikan aparatur yang disiplin dan penuh tanggung jawab.

Bagi anda yang ingin berkunjung di kabupaten magetan tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke desa kecil tapi sejuta kenangan dan kenyamanan karena banyak potensi-potensi yang ada , yang bisa menjadikan referensi tersendiri bagi kita semua.

Potensi alam yang masih memperlihatkan keasrian serta beragam keunikan pasti akan diperlihatkan di desa ini.

 

 

 

 

 

 

Pos terkait