Profil Desa Widorokandang Magetan

  • Whatsapp

Beritatrends, Magetan – Desa Widorokandang merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Sidorejo, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur.

Desa Widorokandang ini memiliki luas wilayah sekitar 209.69 ha, dengan pembagian permukiman 22.00 ha, pertanian 122,49 ha, kas desa 15.90 ha, dan pasar 0.04 ha.

Desa ini dihuni sekitar 2.047 jiwa dengan rincian laki – laki sebanyak 1.000 jiwa, dan perempuan sebanyak 1.047 jiwa.

Jarak dari kecamatan sidorejo ke desa ini sekitar 2 km, sedangkan dari kabupaten ke desa sekitar 5 km, dan dari provinsi ke desa sekitar 196 km.

Desa Widorokandang didominasi oleh lahan pertanian.

Mayoritas penduduk desa Widorokandang menggantungkan perekonomian sebagai petani dan pedagang, tidak jarang pula yang menjadi peternak ayam, sapi dan kelinci.

Dengan tanah yang subur dan masyarakat yang saling bekerjasama menjadikan desa Widorokandang mampu bersaing dengan desa – desa yang lainnya.

Desa ini juga berkembang dibidang peternakan, mulai dari ternak ayam, ternak sapi, hingga ternak kelinci sangat berkembang luas di desa widorokandang ini.

Dengan luas sekitar 209.6900 ha dan memiliki 12 Rt dan 03 Rw, desa Widorokandang berbatasan langsung dengan Sumbersawit di sisi barat, desa Terung di sisi timur, desa Kalang dan Sidorejo di sisi selatan serta desa Sidokerto di sisi utara.

Desa ini juga memiliki 12 anggota tp PKK, 6 kepengurusan BumDes, dan 7 kepengurusan karang taruna.

Wirorokandang terdiri dari 3 dukuh, diantaranya dukuh balepanjang, Wotan, dan Medelan.

Tak hanya itu saja, Desa Widorokandang juga memiliki 2 masjid, 1 sd, 2 tk, dan 2 paud.

Dengan adanya pasar di desa Widorokandang sangat memudahkan masyarakat untuk melakukan proses jual beli di desa ini

Penduduk yang saling bekerjasama dan saling mendukung menjadikan desa Widorokandang ini menjadi desa yang mandiri

Potensi – potensi alam yang melimpah luas mulai dari sayur, buah, dan lain – lainnya sangat berkembang luas di desa ini

Dibawah hiruk pikuk kepemimpinan mampu mendorong desa Widorokandang yang menjadi desa yang asri, seperti halnya visi dan misi desa Widorokandang.

Kepala desa sebagai nomor satu di desa Widorokandang  untuk mengkondisikan aparatur desa guna menjadikan aparatur desa yang disiplin untuk pelayanan penuh kepada masyarakat.

 

 

 

Pos terkait