Puskemas Pagelaran Mengelar Germas Bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu 

UPT. Puskemas Pagelaran Mengelar Kampanye Gerakan Masyarakat Sehat(Germas) Bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu 

Beritatrends, Pringsewu – Unit pelaksana teknis kesehatan Puskesmas Pagelaran Kecamatan Pagelaran  Kabupaten Pringsewu menggelar acara gerakan masyarakat sehat (Germas), Rabu (10/8/2022).

Acara tersebut digelar berlokasi di Lapangan Pekon Gemaripah Kecamatan pagelaran, dimulai pada pukul 07.00 Wib pagi.

Kegiatan diisi dengan jalan sehat, kemudian senam bersama, gerai vaksin, pemeriksaan kesehatan serta pemberian door prize kepada seluruh peserta yang hadir.

Turut hadir dalam acara tersebut Sekdakab Pringsewu Drs.Heri Iswahyudi, M.Ag. didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Pringsewu Sri Prihatin Iswahyudi, serta dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra Purhadi, M.Kes., Kadis Kesehatan dr.Ulinoha beserta sejumlah kepala perangkat daerah, camat dan uspika serta KUPT Puskesmas dan Ka.Pekon se-Kecamatan Pagelaran.

Sekdakab Pringsewu Drs.Heri Iswahyudi, M.Ag. membacakan sambutan tertulis Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah mengatakan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) merupakan program Kementerian Kesehatan dalam rangka mewujudkan Indonesia Sehat. “Germas ini mengedepankan upaya promotif dan preventif tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dalam memasyarakatkan paradigma sehat”, katanya.

Melalui GERMAS, kata Penjabat Bupati melalui Sekda Pringsewu pada acara yang antara lain diisi dengan senam dan makan buah bersama serta vaksinasi yang dimeriahkan oleh Dide Hijau Daun yang juga Duta GERMAS Pemkab Pringsewu ini, diharapkan masyarakat dapat membiasakan diri untuk berperilaku hidup sehat sehingga berdampak pada terjaganya kesehatan, tercipta lingkungan yang bersih, sehingga jika dalam kondisi sehat, produktivitas masyarakat akan meningkat dan biaya berobat berkurang sehingga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup yang lain.

Salah satu pesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat, bahwasanya menjaga kesehatan harus dimulai sejak dini dan berperilaku sehat dapat mencegah kita dari berbagai penyakit. “Saya berharap GERMAS dapat berhasil dan sukses dengan didukung dan dilaksanakan oleh seluruh lapisan masyarakat, pemerintah, swasta, dunia usaha, ormas dan seluruh masyarakat Kabupaten Pringsewu”, harapnya.

Baca Juga  Kegiatan Vaksinasi Covid -19 Di Desa Gedangan Kecamatan Ngrayun

Media ini melihat Gerai Vaksinasi Kepala UPT Puskesmas Pagelaran mengatakan, Kegiatan Germas oleh UPT Puskesmas Pagelaran selalu diadakan di setiap bulannya.

Terselenggaranya kegiatan germas ini kerja bareng dengan Dinas Kesehatan kabupaten Pringsewu bersama UPT Puskesmas Pagelaran,  kegiatan Germas tetap mengedepankan protokol kesehatan.
Selain itu, upaya promotif dan preventif dilakukan, tanpa mengesampingkan upaya kuratif rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen serta memasyarakatkan paradigma sehat.

 

Pos terkait