Rapat Persiapan Kunjungan Presiden Republik Indonesia Di Pringsewu

  • Whatsapp

Bersama Gubernur Lampung Bupati Pringsewu Hadiri Rapat Persiapan Kunjungan Presiden Republik Indonesia Di Pringsewu

Beritatrends, Pringsewu – Bendungan Way Sekampung Pringsewu akan segera diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo, untuk itu Bupati Pringsewu H.Sujadi hadir mengikuti rapat persiapan kunjungan Presiden ke Provinsi Lampung. Rapat ini digelar di Gedung Mahan Agung Bandar Lampung, Jumat (27/08/2021).

Rapat persiapan kunjungan Presiden Republik Indonesia (RI) Ir.Joko Widodo dipimpin langsung oleh Gubernur Lampung Ir.H.Arinal Djunaidi beserta Fokorpimda Provinsi Lampung. Nampak hadir pula di acara tersebut Kapolres Pringsewu AKBP.Hamid Andri Soemantri dan Dandim 0424/Tanggamus Letkol Inf.Arman Aris Sallo.

Dikatakan oleh Gubernur Lampung, menurut rencana, Presiden Jokowi akan meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi para pekerja dan pelajar, kemudian dilanjutkan dengan melakukan peresmian Bendungan Way Sekampung yang terletak di Kabupaten Pringsewu pada tanggal 2 September 2021 mendatang.

Pembangunan Bendungan Way Sekampung ini merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) sebagaimana disebutkan dalam Peraturan Presiden No.109/2020 tentang Percepatan Pelaksanaan PSN.

Bendungan Way Sekampung memiliki kapasitas tampung 68 juta m³ yang akan dimanfaatkan untuk penyediaan air irigasi seluas 72.707 hektare di Daerah Irigasi (DI) Sekampung seluas 55.373 hektare dan menambah areal irigasi di Rumbia Extension seluas 17.334 hektare

Selain mendukung kebutuhan air irigasi di Provinsi Lampung, Bendungan Way Sekampung yang didesain memiliki luas genangan sebesar 800 hektare ini juga dapat dimanfaatkan sebagai infrastruktur pengendalian banjir di Provinsi Lampung sebesar 185 m³/detik karena terintegrasi dengan Bendungan Batu Tegi dan Bendungan Margatiga.

Bendungan multifungsi ini juga berpotensi sebagai penyedia air baku untuk Kota Bandar Lampung, Kota Metro, dan Kabupaten Lampung Selatan sebesar 2.482 liter/detik, tenaga listrik sebesar 5,4 MW serta menjadi destinasi wisata di Kabupaten Pringsewu.

Pos terkait