Ritual Suro di Makam Luhur Eyang Ronggo Galih

Ritual Suro di Makam Luhur Eyang Ronggo Galih.

Beritatrends, Magetan – Memperingati 1 Muharram 144H atau dalam adat jawa biasa disebut bulan Suro, Pemkab Magetan menggelar ritual sungkem leluhur Eyang Ronggo Galih di Makam Luhur Eyang Ronggo Galih, Minggu (31/7/2022).

Acara yang tepatnya berada di Desa Durenan, Kecamatan Sidorejo, menampilkan adat ritual Suroan turun temurun yang sudah dilaksanakan oleh para pengelola makam dari dulu hingga sekarang serta pagelaran wayang kulit semalam suntuk.

Sebelum dilaksanakan pagelaran wayang kulit, para sesepuh beserta pemangku pejabat daerah yang pada acara tersebut hadir secara langsung Bupati Magetan didampingi Sekretaris Daerah Magetan, Kepala OPD terkait, serta Forkopimca Kecamatan Sidorejo melaksanakan ritual sungkeman Mataraman sebelum dilaksanakan pagelaran wayang kulit semalam suntuk.

Dalam sambutannya Bupati Magetan Suprawoto berharap meskipun kita melaksanakan event besar yang melibatkan orang banyak agar tetap menaati protokol kesehatan. Pada satu Muharam ini mari kita jadikan momentum untuk berdoa agar kita dijauhkan dari marabahaya dan Covid-19.

Baca Juga  Bupati Karo Pimpin Upacara Detik - Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke - 77

Pos terkait