Rombongan Akhiri Safari Nuzulul Qur’an Hari Kelima di Pasilambena

Safari Nuzulul Qur’an Hari Kelima di Pasilambena

Beritatrends, Selayar – Route perjalanan safari Nuzulul Qur’an yang dipimpin dan dirangkaikan dengan agenda kunjungan kerja Wakil Bupati Selayar, H. Saiful Arif, SH, menapaki kecamatan kelima, yang berada di pesisir terluar, Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan, Pasi Lambena.

Rombongan safari Nuzulul Qur’an yang beranggotakan sekitar dua puluh empat orang personil, tiba dan mendarat di Kecamatan Pasilambena dengan mengusung materi inti terkait dengan Nuzulul Qur’an dan atau Syahru Ramadhan, yang berkaitan dengan bulan diturunkannya Al Qur’an.

Hal ini terungkap dari materi sambutan wabup H. Saiful Arif, SH dalam rangkaian peringatan Nuzulul Qur’an tingkat Kecamatan Pasilambena yang dipusatkan di Masjid Jami’ Babussalam Desa Kalao toa, Senin, (03/04) malam.

Lebih lanjut, Saiful Arif mengutarakan, penyelenggaraan peringatan Nuzulul Qur’an yang dilaksanakan lebih awal di lima kecamatan pulau didasarkan pada pertimbangan kesepakatan dan keputusan time schedule peringatan Nuzulul Qur’an tingkat kabupaten yang jatuh pada hari, Jum’at, (7/4) malam.

Perjalanan safari Nuzulul Qur’an di lima wilayah kecamatan pulau sengaja dilaksanakan lebih awal agar rombongan tetap bisa menjangkau dan hadir bersama bupati, ketua bersama anggota DPRD, pejabat pemerintahan serta para jama’ah di sekitar kota Benteng untuk bersama sama memeriahkan malam peringatan Nuzulul Qur’an yang bertepatan dengan malam 17 Ramadhan dan atau 7 April 2023.

Oleh karenanya, ceramah tarwih di seluruh kota Benteng akan dikosongkan untuk kemudian jamaahnya diharapkan bisa bergabung ke Masjid Agung Al Umaraini.

Agenda ini akan disusul dengan rangkaian peringatan Nuzulul Qur’an tingkat kecamatan yang akan digelar secara serentak pada hari, Sabtu, (8/4) malam.

Berbeda dengan kecamatan lain, peringatan Nuzulul Qur’an tingkat Kecamatan Bontoharu dilaksanakan pada hari, Rabu (05/04) malam, dirangkaikan dengan penutupan muballiq hijrah yang digelar Pondok Pesantren Babussalam di dua belas titik di Kecamatan Bontoharu.

Baca Juga  DPRD Kabupaten Madiun Gelar Rapat Paripurna Pengusulan Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Madiun

Kegiatan muballiq hijrah dikemas dalam bentuk lomba tadarrus, lomba sholat berjamaah, lomba hafalan surah surah pendek, serta kegiatan kerja bakti massal, bersama unsur pimpinan, jamaah dan santri senior Pondok Pesantren Babussalam yang menyebar di dua belas titik di Kecamatan Bontoharu.

Penutupan kegiatan dilaksanakan secara serentak di Tanabau, bersamaan dengan peringatan Nuzulul Qur’an, tandasnya mengakhiri rangkaian sambutan di hadapan jamaah, tokoh masyarakat, dan unsur pemerintah desa se Kecamatan Pasilambena.

Pos terkait