RSUD dr Sayidiman Magetan dan Admin BM Sepakat Saling Berbagi Informasi Buat Masyarakat

  • Whatsapp

Diruang Media Centre Kominfo Magetan – Bantuan Pihak Dinas Kominfo Kabupaten Magetan yang sudah memberikan fasilitas Pihak RSDS (Rumah Sakit dr Sayidiman) bertemu dan duduk bersama dengan Admin BM di ruang Media Center Kominfo pada hari Kamis (26 Agustus 2021)

Beritatrends, Magetan – Berita sebelumnya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Sayidiman Magetan melakukan somasi terhadap admin grub Facebook BM.

Saat itu Plt Direktur Utama (Dirut) RSUD dr Sayidiman, drg Ratnawati didampingi Kuasa hukum (Madani Center) mengungkapkan, atas pertimbangan dari unit konsultasi hukum kami menyikapi dengan mengajukan somasi, atas unggahan sejumlah netizen di grup Facebook BM.

Menjelaskan, Postingan Saudari MF di Grub Facebook Berita Magetan pada 4 Juni 2021 yang berisi tentang meninggalnya pasien berinisial P, yang mana apa yang diceritakan tidak benar (Hoax) dan mencemarkan nama baik rumah sakit,” katanya, dihadapan awak media dan perwakilan Dinas Kominfo Kabupaten Magetan, di ruang rapat RSUD dr Sayidiman, Selasa (24/08/2021) yang lalu.

Plt Direktur RSUD Sayidiman Magetan drg. Ratnawati mengatakan, akhirnya pada Jumat (27/8/2021) malam, Permohonan Maaf dari BM ternyata sudah diunggah di Medsos BM sendiri.

“Hal tersebut atas bantuan Pihak Dinas Kominfo Kabupaten Magetan yang sudah memberikan fasilitas Pihak RSDS (Rumah Sakit dr Sayidiman) bertemu dan duduk bersama dengan Admin BM di ruang Media Center Kominfo pada hari Kamis (26 Agustus 2021) ”terang Ratna.

Lanjutnya, dalam Mediasi tersebut Pihak RSDS mempertanyakan Perihal Unggahan dari BM yang dimana hanya berdasarkan data Sepihak dan tidak menayangkan keseluruhan dari ISI BERITA SESUNGGUHNYA.

“RSDS juga menjelaskan bilamana unggahan tersebut lengkap justru kita berterima kasih karena dapat informasi dari masyarakat melalui Medsos,” ucapnya.

Namun kalau tidak lengkap akan membuat Opini Negatif kepada pembaca (netizen) terhadap RSDS, karena dampaknya sangat besar sekali bilamana Masyarakat Magetan pada umumnya akan takut berobat ke RSDS.

“Secara otomatis masyarakat yang seharusnya sakitnya bisa diobati dan bisa diupayakan sembuh, bila ditangani secara dini di Pelayanan RSDS Magetan, tetapi karena mereka takut ke RSDS karena Berita yang tidak / kurang Benar salah satu contoh yang di Covidkan lah dan lain-lanya justru memburuk kondisinya dirumahnya dengan penanganan obat seadanya,”jelas drg Ratna.

Bahkan ada yang meninggal di rumah dengan alasan tidak mau dibawa berobat karena takut DI COVIDKAN di RUMAH SAKIT.

“Selain itu Pihak RSDS juga menekankan pihaknya terbuka dan Siap menerima Kritik dan saran demi kemajuan dan perbaikan Pelayanan di RSDS Magetan. Jika terdapat aduan masyarakat Magetan yang telah menggunakan Jasa atau pelayanan RSDS bisa disampaikan melalui unit layanan pengaduan, kotak saran maupun melalui aplikasi WA keluhan di nomor 081133352898. Dari aduan tersebut pihak RSDS Magetan pasti akan MERESPON dengan memberikan penjelasan atau arahan serta tindak lanjut bilamana ada sesuatu hal dari Masyakat Magetan mengenai Sistem atau pelayanan dr RSDS Magetan,”papar Plt Direktur RSDS.

Lebih lanjut, Pihak RSDS juga meminta Agar Admin BM lebih selektif dalam menjadi filter dalam unggahan-unggahan selanjutnya.

“Dan Alhamdulillah dari Pihak BM menerima dan meminta maaf atas unggahan-unggahan tersebut yang dianggap pihak RSDS membuat Opini Kurang Baik di Masyarakat untuk RSDS, sehingga menjadi Beban Moral RSDS di Masyarakat. BM juga menjelaskan sebenarnya tidak ada tujuan dari Pihak ADMIN BM untuk membuat atau menggiring Opini Negatif Masyarakat Magetan kepada RSDS,”.

Ditempat yang sama Admin BM mengatakan, kita hanya memfasilitasi masyarakat Magetan dalam menyampaikan aspirasi atau keluhan dalam Pelayanan Publik di Magetan. Dan Admin BM juga bersedia memperbaiki Sistem Filter untuk lebih Selektif dalam unggahan di BM, sehingga tidak akan menimbulkan kepanikan dan keraguan di masyarakat Magetan khususnya dalam hal kesehatan di masyarakat Magetan.

“Admin BM juga membuka pintu komunikasi dengan Pihak RSDS bilamana ada Informasi yang bisa diunggah, yang bersifat Edukasi Kesehatan untuk masyarakat Magetan pada umumnya. Demikian juga RSDS Magetan juga membuka Pintu komunikasi bilamana pihak Admin BM membutuhkan informasi untuk Klarifikasi dalam unggahannya perihal RSDS Magetan melalui unit layanan pengaduan, kotak saran maupun WA keluhan RSDS Magetan,”pungkas Admin BM.

Pos terkait