Satlantas Polres Ponorogo Sosialisasikan Pelarangan Pemasangan Lampu Strobo

Petugas dari Satlantas Polres Ponorogo memberikan sosialisasi kepada toko variasi kendaraan

Beritatrends, Ponorogo – Petugas dari Satuan Lalu Lantas (Satlantas) Polres Ponorogo memberikan sosialisasi atau himbauan kepada sejumlah toko varisiasi kendaraan baik roda empat dan roda dua, Selasa (25/01).

Kasat Lantas Polres Ponorogo AKP Ayip Rizal mengatakan bahwa sosialisasi tersebut berupa larangan pemasangan strobo pada kendaraan umum roda empat dan roda dua. Sebab pemasangan lampu strobo pada kendaraan umum baik rada empat maupun roda dua dilarang oleh udang-undang.

“Penggunaan lampu strobo ternyata sudah diatur oleh negara melalui Undang-Undang. Aturan ini tercantum lengkap pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pada undang-undang tersebut mengatur bahwa terdapat tiga jenis lampu strobo yang penggunaannya terbatas. Pertama, lampu isyarat warna biru dan sirene yang berbunyi, terbatas penggunaannya untuk kendaraan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Kedua, lampu isyarat warna merah dan sirene yang berbunyi, terbatas penggunaannya untuk mobil jenazah, mobil tahanan, pengawalan Tentara Nasional Indonesia, pemadam kebakaran, ambulans, serta Palang Merah Indonesia. Dan ketiga, lampu isyarat warna kuning tanpa sirene yang berbunyi, penggunaannya terbatas untuk pembersihan fasilitas umum, menderek kendaraan dan angkutan mogok di tengah jalan, perawatan dan pembersihan jalan tol, pengawasan sarana dan prasarana Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, serta kendaraan dan angkutan barang khusus,” kata AKP Ayip Rizal.

AKP Ayip Rizal menambahkan, umumnya, lampu strobo atau lampu rotator yang digunakan untuk keperluan modifikasi memiliki warna serupa dengan tiga warna isyarat di atas. Hal ini dikhawatirkan akan menimbulkan salah paham dari pengguna jalan lainnya. Selain itu, lampu strobo yang dipasang pada kendaraan pribadi juga bisa memunculkan penyalahgunaan yang merugikan orang lain.

Baca Juga  Gencar Target 75 % , Vaksinasi Serentak Kembali di Lakukan Polres Batu bara Di Desa dan Dusun

“Maka dari itu kita berharap, setelah dilaksanakan kegiatan sosialisasi dan himbauan dari Satlantas Polres Ponorogo dapat mengurangi penggunaan strobo pada kendaraan roda empat dan roda dua. Setelah kami sosialisasikan, jika masih ada yang nekat memasang lampu strobo maka, kami tidak segan-segan untuk menindak dengan tegas, “pungkasnya.

Pos terkait