Selamat Datang di Desa Sidomulyo

  • Whatsapp

Profil Desa Sidomulyo Magetan

Nama Kepala Desa : Siswo Pranoto

Beritatrends, Magetan – Desa Sidomulyo merupakan salah satu desa yang mana penduduknya saling berdekatan untuk mendukung dan saling bekerjsama guna membangun desa yang kreatif serta mandiri.

Desa Sidomulyo merupakan desa yang terletak di dekat Gunung Lawu tepatnya di salah satu kecamatan sidorejo, kabupaten magetan, provinsi jawa timur.

Menurut sejarah, Desa Sidomulyo ini merupakan desa dari penyatuan atau penggabunga dari dua desa.

Desa ini memiliki luas wilayah kurang lebih sekitar 475.885 ha.

Jarak dari kecamatan  ke desa ini kurang lebih 5 km, kabupaten ke desa 10 km, dan provinsi ke desa 200 km.

Secara geografis sidomulyo juga berbatasan langsung dengan beberapa desa – desa lainnya.

Desa ini, dari sisi utara berbatasan langsung dengan desa sumbersawit, dari sisi selatan berbatasan dengan desa getas anyar, dari sisi timur berbatasan dengan desa widorokandang, dan dari sisi barat berbatasan dengan gunung lawu.

Dari luas wilayah sekitar 475.885 ha, dengan pembagian permukiman 147,46 ha, luas pertanian 280 ha, dan kas desa sekitar 14 ha.

Desa Sidomulyo ini juga di tunjang oleh 5 dusun yakni dusun gangging, dusun klatak, dusun gondang, dusun ngijo, dan dusun ngrobyong. dari ke 5 dusun ini terdapat 46 Rt dam 8 Rw.

Desa ini terdapat kurang lebih sekitar 4.626 jiwa, mulai usia dini, usia kanak – kanak, usia muda, dewasa hingga orang tua.

Dengan rincian laki – laki sebanyak 2.300 jiwa, perempuan 2.326 jiwa.

Dengan mayoritas mata pencaharian penduduk desa sebagai petani dapat menghasilkan sayur dan buah yang berkualitas tinggi.

Dibawah hiruk pikuk penguasa. Desa Sidomulyo ini dapat menjadi desa yang bersih, aman, guyub rukun, adil dan makmur serta berbudi luhur dan bermartabat. seperti halnya visi dan misi dari pemerintah desa sidomulyo sendiri.

Pembangunan di Desa Sidomulyo yang merata dapat menciptakan kerukunan antar umat beragama serta masyarakat lainnya.

Dari mayoritas mata pencaharian petani yang bergelut dengan tanaman, berbagai jenis sayur dan buah – buahan bisa menghasilkan ekonomi yang bernilai tinggi serta dapat dijadikan kebutuhan pokok bagi penduduknya.

Semua kekayaan alam yang ada di desa sidomulyo ini dapat menunjang perekonomian masyarakat yang bisa menjadikan desa yang kreatif dan mandiri.

Rutinitas aparatur desa berserta perangkat tetap mengkondisikan untuk mempersiapkan administrasi dan dokumen penting guna pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Kepala Desa menjadi orang nomor satu di desa, tetap memberikan kesejahteraan yang penuh kepada masyarakat Desa Sidomulyo.

Di desa ini memiliki lembaga desa. antara lain bpd 9 orang, lpm 10 orang, karang taruna 10 orang, pkk 25 orang, dan bumdes 1 orang.

Di Desa Sidomulyo ini juga memiliki sarana dan prasaranaumum antara lain 5 masjid, 3 sd, dan 4 paud.

 

 

 

Pos terkait