Sukseskan PTM 100 Persen, Pemkab Madiun Pastikan Vaksinasi anak 6-11 Tahun Selesai Bulan Ini

VAKSINASI—Bupati Madiun meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun di SDN 1 Pajaran, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Senin (10/1/2022).

Beritatrends, Madiun – Pemerintah Kabupaten Madiun memastikan vaksinasi covid-19 bagi anak-anak usia 6-11 tahun selesai bulan ini. Upaya itu dilakukan pelaksanaan PTM 100 persen sukses, terjamin keselamatan dan kesehatan para siswa dari penularan covid-19.

“Kami targetkan vaksinasi anak usia 6-11 tahun selesai dalam bulan ini agar pelaksanaan PTM berjalan dengan baik dan aman,” ujar Bupati Madiun, Ahmad Dawami disela-sela meninjau pelaksanaan PTM dan vaksinasi anak di SDN Pajaran I, Kecamatan Saradan, Senin (10/1/2022) lalu.

Pria yang akrab disapa Kaji Mbing ini menuturkan sasaran dosis pertama vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak usia 6-11 di Kabupaten Madiun sebanyak 58 ribu anak.

Untuk dosis pertama akan diselesaikan bulan ini. Sementara untuk dosis kedua, 58 ribu anak usia 6-11 akan mendapatkan dosis kedua vaksinasi covid-19 akhir bulan Februari 2022.

Kaji Mbing mengatakan Surat Keputusan Bersama (SKB) empat Menteri, Kabupaten Madiun masuk kedalam daerah yang diperbolehkan untuk menggelar PTM 100 persen. Pasalnya Kabupaten Madiun saat ini berada di level satu PPKM.

Untuk memastikan sekolah menyelenggarakan PTM dengan menerapkan prokes, Kaji Mbing mengecek kesiapan masing-masing sekolah dalam menerapkan protokol kesehatan selama PTM 100 persen. Terlebih penerapan protokol kesehatan menjadi hal yang utama guna menentukan keberlanjutan pelaksanaan PTM 100 persen di sekolah tersebut.

“ Saya minta tidak hanya siswa dan guru saja untuk disiplin prokes. Orang tua siswa juga tidak boleh lengah menjaga protokol kesehatan,” pinta Kaji Mbing.

TINJAU PTM—Bupati Madiun, Ahmad Dawami meninjau pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di salah satu sekolah di wilayah Kabupaten Madiun, Senin (10/1/2022).

 

Ia berharap PTM 100 persen dapat memudahkan guru memberikan materi pelajaran dan transfer ilmu kepada siswa. Tak hanya itu, guru akan lebih optimal memberikan penanaman nilai moral serta pendidikan karakter siswa.

Kaji Mbing mengatakan setidaknya 1.145 satuan pendidikan di Kabupaten Madiun mulai TK, SD hingga SMP yang hari ini mulai melaksanakan PTM di Kabupaten Madiun. Teknisnya, untuk SD dan SMP diberlakukan 6 jam pelajaran tanpa istirahat dengan durasi 35 menit setiap jam pelajaran untuk SD dan 40 menit setiap jam pelajaran untuk SMP.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun, Siti Zubaidah mengatakan orang tua memiliki peran untuk keberhasilan vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun. Untuk itu wali murid harus diberikan pemahaman terkait manfaat dari vaksin untuk melindungi anak-anak dari penularan covid-19.

“ Saya harap orang tua untuk ikut membantu agar pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun lancar. Selain itu dirumah para orang tua juga tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan supaya nanti pelaksanaan PTM mulai dari TK sampai SMA berjalan dengan aman dan lancar,” kata Zubaidah

Menurut Zubaidah, vaksinasi bagi anak-anak usia 6-11 tahun akan mencegah para siswa tertular covid-19 saat mengikuti PTM 100 persen di masing-masing sekolahnya. Untuk itu berharap semua pihak mendukung dan membantu sehingga pelaksanaan vaksinasi covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun dosis pertama dapat selesai bulan ini. (ADV)

Pos terkait