Tips Sukses Jadi Pengembang Aplikasi Mobile

  • Whatsapp

Trend pengunaan telepon seluler semakin hari semakin naik.  Pandemi semakin membuat kebutuhan smartphone menjadi seperti menjadi kebutuhan wajib. Menurut data, Orang indonesia menghabiskan banyak waktu di ponsel mereka. Dewasa ini, Telepon seluler menjadi sarana membantu melakukan aktivitas di tengah keterbatasan masa pandemi. Dari sekedar chatting, bersosial media hingga meeting dan mengerjakan sekolah tugas. Pertumbuhan konsumsi telepon seluler seiring dengan peningkatan produksi dan konsumsi aplikasi pendukungnya.

Perkembangan dunia aplikasi telepon seluler baik dalam platform android dan ios semakin hari semakin pesat dan kompetitif. Persaingan antara developer tidak terhindarkan dalam menghasilkan aplikasi yang mampu menunjang dan memenuhi kebutuhan para pengguna. Aplikasi baik berupa game, aplikasi berupa tools untuk penunjang kerja smartphone, aplikasi sosial dan komunikasi dan masih banyak jenis aplikasi yang lain.

Pasar bisnis aplikasi mobile masih sangat terbuka dan menggiurkan bagi siapa saja yang ingin masuk menjadi developer. Kentungan bisnis aplikasi memang sangat besar. developer bisa mendapat pemasukan sebagai publisher iklan atau mendapat keuntungan langsung dengan menjual software apps mobilenya. Anda Tertarik menjadi developer? Menjadi pemain baru di tengah persaingan sengit pasar mobile apps memang bukan hal mudah, namun bukan berarti hal yang mustahil dilakukan . Ikuti tips berikut untuk memaksimalkan peluang membuat aplikasi ponsel yang bisa dilirik pasar dan menjadi sukses.

Mencari celah pasar yang masih belum di penuhi oleh developer besar

Mulailah dengan melakukan brainstorming dan riset pasar. Carilah ide aplikasi yang baru sehingga anda masih bisa bersain. Pertahankan fokus tidak pada aplikasi yang sudah ada dan yang sudah populer tetapi pada cara aplikasi baru dapat mengisi celah tersebut. Sebaiknya anda melakukan riset untuk ide dan keyword baik di Google play store atau app store ios. Banyak tools atau software yang bisa anda gunakan untuk riset ini. Software riset aplikasi mobile ini berisi data yang bisa anda analisa sehingga anda bisa mendapatkan ide aplikasi yang banyak dicari user namun di tingkat persaingan yang masih rendah karena tidak banyak developer mobile yang sudah mapan mengisi celah ini.

Kesalahan umum para pengembang aplikasi mobile pemula adalah membuat aplikasi yang memiliki target market dan fungsi sama dengan aplikasi yang sudah ada dan telah dikembangkan oleh developer yang sudah mapan. Melepas aplikasi baru pada pasar dan bersaing dengan aplikasi yang dikembangkan oleh developer besar akan menjadi sia sia. Jika aplikasi anda tidak mendapatkan respons postif dan instalasi, maka aplikasi yang anda release di pasar tidak akan mendapatkan penghasilan atau revenue baik dari iklan maupun penjualan.

Fokus pada ide anda dan mulailah mengembangkan Aplikasi anda

Setelah mendapatkan ide berdasar riset pasar, sekarang saatnya untuk fokus dalam pembuatan. Jika anda memang bukan seorang programer atau tidak menguasai pemograman untuk membuat aplikasi mobile. Anda bisa membawa ide anda kepada orang yang membuat pemrogaman untuk anda.  Atau jika memang aplikasi anda tidak terlalu rumit, anda bisa menggunakan software pembuat aplikasi tanpa koding yang banyak tersebar di internet. Yang perlu diingat, semakin banyak waktu yang anda habiskan untuk pembuatan aplikasi bisa menyebakan ide aplikasi anda diambil developer lain. Atau bisa juga persaingan di aplikasi sejenis semakin banyak, sehingga menyulitkan anda saat melempar produk aplikasi anda di pasar.

Pilih sumber pemasukan aplikasi dari Iklan atau dari layanan?

Cara terbaik untuk membuat pengguna mencoba aplikasi baru adalah dengan memberikan akses dasar secara gratis. Jika aplikasi menawarkan beberapa nilai dalam bentuk dasar dan gratisnya, pengguna cenderung tidak akan menolak pembayaran untuk fitur atau layanan yang lebih canggih. Meskipun gratisa anda masih bisa menghasilkan pemasukan dari iklan yang anda masukan pada aplikasi.

Banyak aplikasi yang berhasil menawarkan versi gratis dan langganan berbayar. Pengembang menghasilkan uang dari versi gratis dengan mengandalkan iklan, lalu membuat layanan langganan berbayar bebas iklan. Ini adalah strategi kemenangan untuk semua orang mulai dari pengembang aplikasi hingga pengiklan dan, yang paling penting, pengguna akhir.

Rilis Aplikasi anda dalam versi android dan ios

Untuk mencapai hasil yang maksimal, aplikasi baru harus dapat menjangkau sebanyak mungkin pengguna potensial. Aplikasi anda harus hadir dalam versi Android dan iOS. Dengan hadir pada 2 versi sistem operasi tersebut membuat kemungkinan aplikasi mendapatkan instalasi dan pemasukan semakin besar.

Mendesain aplikasi untuk kedua sistem operasi memerlukan penerapan kerangka kerja pengembangan lintas platform. Pengembang berpengalaman tahu persis apa yang diperlukan untuk merancang aplikasi yang berjalan  sempurna pada Android dan iOS.

Buat aplikasi yang bisa diakses baik secara Online maupun Offline

Saat ini akses Internet mungkin sudah ada di mana mana, tetapi itu tidak berarti pengguna tidak akan menyukai fungsi offline dari sebuah aplikasi. aplikasi yang bisa bekerja secara offline memiliki daya tarik atau nilai tambah bagi pengguna. Seainn menghemat kuota pemakaian internet, aplikasi yang bisa diakses secara offline membuat pengguna tidak harus menghadapi kendala menggunakan aplikasi saat data habis atau sinyal internet mengalami gangguan.

Lakukan Pengujian Pada Aplikasi sebelum diluncurkan

Pengujian aplikasi pra-peluncuran adalah langkah penting dalam proses pengembangan, jadi jangan mengambil jalan pintas. Pengembang harus melakukan pengujian secara berkala dan intensif terhadap fitur fitur pada aplikasi, sehingga bisa berjalan dengan baik saat dilepas di pasar. Rencana tersebut kemungkinan akan melibatkan tidak hanya pengujian pra-peluncuran, tetapi juga pengujian beta untuk mendapatkan umpan balik pelanggan. Hal ini juga membantu memastikan bahwa aplikasi akan berfungsi sebagaimana mestinya setelah di lepas atau diluncurkan baik di play store maupun apps store ios.

Pentingnya Umpan Balik Pengguna dalam sebuah aplikasi

Sebelum pengguna mendapatkan akses ke aplikasi, pengembang harus memastikan bahwa mereka memiliki saluran yang mudah untuk berkomunikasi dengan pengguna. Komunikasi dan layanan respon pengembang dalam aplikasi adalah kunci kesuksesan sebuah aplikasi. Saluran layanan pelanggan aplikasi harus responsif dan mudah diakses. peringkat, ulasan, dan umpan balik merupakan fakto penting apakah aplikasi anda mendapat tempat di target pengguna yang ingin anda tuju.

Saluran komunikasi pelanggan yang efektif memiliki tiga tujuan utama seperti yang dimaksud dibawah ini :

  • Membuat pengguna mengomunikasikan masalah secara langsung kepada tim pengembang dan mendapatkan solusi. Sehingga pengguna tidak memberikan ulasan negatif pada aplikasi dalam kolom ulasan umum baik di playstore maupun di appstore
  • Meminimalkan kemungkinan pengguna mendapatkan pengalaman buruk yang dapat menyebabkan mereka beralih ke aplikasi pesaing
  • Memberi data dan masukan kepada pengembang tentang langkah-langkah apa yang dapat mereka ambil untuk lebih meningkatkan fitur pada aplikasi pada pembaruan mendatang.

Strategi Pemasaran yang efektif adalah kunci

Bahkan aplikasi yang sempurna tidak akan bekerja dengan baik jika tidak ada yang mengetahuinya. Membuat rencana pemasaran yang efektif selama tahap pengembangan bisa sangat membantu. Asumsikan bahwa setiap rencana pemasaran yang berhasil akan melibatkan kampanye pra-peluncuran dan pasca-peluncuran.

Buat pemasaran aplikasi yang efektif dengan menarget kepada pasar yang benar. menarget pada audience yang benar bisa meningkatkan ranking dan popularitas aplikasi anda. Seperti halnya pengembangan fitur, rencana pemasaran harus difokuskan. Jangan mencoba menarget semua karakter pengguna.

Siap Memulai jadi pengembang aplikasi mobile?

Dunia online berubah dengan cepat, jadi jangan menunda melakukan lompatan sampai orang lain muncul dengan ide serupa. Ambil tindakan dan hubungi sekarang untuk mendiskusikan langkah pertama dalam proses pengembangan

Pos terkait