vidcon Gerakan Literasi Digital Usia Dini di Aula Dikpora Magetan

  • Whatsapp

Vidcon terkait gerakan Literasi digital usia dini yang dilaksanakan di aula dikpora Magetan, dihadiri Bupati Magetan, Kepala Dikpora, Bunda Literasi, dan para orang tua murid, Rabu (8/9/2021)

Beritatrends, Magetan – Kabupaten Magetan mengadakan vidcon terkait gerakan Literasi digital usia dini yang dilaksanakan di aula dikpora Magetan, dihadiri Bupati Magetan, Kepala Dikpora, Bunda Literasi, dan para orang tua murid, Rabu (8/9/2021)

Tujuan dari literasi ini salah satunya dapat melatih kemampuan dasar anak untuk menulis, membaca, berfikir kritis sebelum memasuki dunia sekolah.

Bunda Paud sekaligus Bunda Literasi  Titik Sudarti M.Pd menyampaikan pihaknya sangat berterima kasih dan bersyukur karena gerakan Literasi untuk Paud ini sangat produktif. Jadi tidak hanya dari para gurunya tidak hanya membuat buku cerita dan gambar, tapi juga para anak-anak Paud kita di didik untuk membuat buku cerita.

“Pada hari ini kita bersyukur luar biasa Bu Ratna Megawangi Sofyan, di sini berkenan sebagai narasumber, karena beliau sebagai tokoh pendidikan karakter Indonesia, sekaligus beliau juga sebagai ketua dari Folder Indonesia Heritage Foundation (IHF) yang menciptakan atau membuat Semen Dioknosa hampir di seluruh Indonesia ada.

Meskipun pandemi temen-temen Paud bergerak, jadi kamarin kita juga bergerak di Dinas Pendidikan Kabupaten Magetan juga mengadakan Webinar tentang pendidikan karakter.

Pihaknya ingin seperti yang disampaikan Pak Bupati tadi, bahwa anak-anak Paud di semua pendidikan dilaksanakan merdeka belajar, dan itu ada 3 yaitu : Literasi, Imerasi dan Karakter.

“Ini sudah bergerak tidak hanya Literasi tetapi ini juga jaringan buku dan karakter. Sesuai dengan Profil Pancasila yang diharapkan oleh Indonesia dan Mas Menteri Pendidikan itu akan melaksanakan dengan seksama,”imbuh Titik.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magetan Drs. Suwata, M.Si menambah jadi hari ini Dinas Pendidikan melalui temen-temen IPTKI Kabupaten Magetan melakukan seminar gerakan Literasi digital anak usia dini dengan Narasumber dari Bunda Paud, beliau juga bunda Literasi, Bupati, kemudian Ibu Ratna beliau juga dari Lembaga Pendidikan anak-anak

Harapannya, di masa pandemi ini sudah dievaluasi, jenjang Paud bahwa anak-anak itu ternyata pembelajarannya tidak efektif oleh karena itu melalui seminar ini harapannya nanti Pusat Literasi anak-anak itu bisa produktif.

“Selain itu setelah seminar nanti  diimplementasi akan dievaluasi agar menghasilkan karya-karya anak termasuk tenaga pendidiknya Paud,”jelas Suwata.

Selama ini kan ada 18 ribu anak, itu tidak efektif terkait Literasi hanya 1 ribu kemudian yang menghasilkan karya buku ada 50 anak, ada buku gambar, ada buku cerita, kemudian gurunya ada 3 karya, buku-buku varian selama pandemi. Harapannya efektif diikuti kemudian, anak-anak Magetan itu berkarya sebagai buku pembelajar masa pandemic,”pungkas Suwata.

Pos terkait