Wisata Buatan Bagus, Tapi Jangan Sampai Wisata Alam Yang Ada Terabaikan

Ketua DPRD Magetan Sujatno, SE, MM : Magetan potensinya juga luar biasa, saya melihat salah satu sektor yang bisa mendongkrak perekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat itu melalui sektor pariwisata.

Beritatrends, Magetan – Pemerintah Daerah dan kita semua berharap dalam penyelenggaraan pembangunan kepariwisataan Daerah itu mengingat potensi sumber daya alam Magetan yang ada sangat mendukung serta belum sepenuhnya dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mendukung kepariwisataan.

Pembangunan destinasi pariwisata, pembangunan pemasaran pariwisata, pembangunan industry pariwisata, dan pembangunan kelembagaan kepariwisataan. Untuk pelaksanaannya dilakukan secara bertahap yang diselenggarakan secara terpadu oleh Pemda, dunia usaha dan masyarakat.

Pembangunan pariwisata cenderung pada wilayah yang potensial pasarnya dan pengembangan pariwisata jangan sampai mengurangi nilai- nilai kearifan lokal serta fasilitas penunjang dalam obyek wisata agar dipenuhi. Selain hal tersebut, untuk infrastruktur jalan menuju tempat wisata agar diperlebar karena saat ini diwilayah tujuan wisata jalannya masih sempit sehingga membahayakan keselamatan pengunjung.

Ketua DPRD Magetan Sujatno, SE, MM mengatakan, merutnya pariwisata di Magetan luar biasa jadi kalau saya bandingkan nyuwon sewu (minta maaf) saya pernah ke Cina saya pernah ke pantainya, jauh beda dengan Indonesia, nah di lingkup Magetan potensinya juga luar biasa, saya melihat salah satu sektor yang bisa mendongkrak perekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat itu melalui sektor pariwisata.

“Magetan ada wisata alam Sarangan dan sekitarnya, ada wisata buatan serta wisata religi, jadi Magetanku sangat lengkap sekali, sehingga kalau ini di kelola dengan baik, wisata alam misalkan di kelola dengan baik ini nanti akan mendatangkan banyak orang, kalau wisata itu kan tujuannya mendatangkan orang banyak untuk rekreasi dan ini akan memperoleh bathi (untung) bagi Pemerintah Kabupaten Magetan,”paparnya.

Jadi Magetan punya Sarangan, lalu ada wisata religi, Magetan juga punya potensi yang luar biasa ada pahlawan nasional pejuang kemerdekaan yaitu Gubernur Suryo yang selama ini menurut kita belum pernah di branding, bahkan saya tanya-tanya ke masyarakat bahwa katanya Gubernur Suryo itu di Ngawi.

“Ternyata Gubernur Suryo itu aslinya dari Magetan dimakamkan di Magetan bahkan kami berharap ada komunikasi dengan DPRD Provinsi Jawa Timur secara langsung karena itu asetnya Provinsi Jawa Timur, seandainya kita membuat kegiatan Haulnya Gubernur Suryo seperti di Blitar haulnyan Bung Karno,”ujarnya

Nah di Magetan diadakan haulnya Gubernur Suryo nanti kalau bisa terlaksana, ini akan sangat luar biasa, karena kegiatannya dalam rangkaian tidak hanya seremonial saja, jadi kita menggelar kegiatan tsyukuran.

“Saya rasa ketua DPRD Provinsi akan menyetujui, acara Haul Gubernur Suryo dilaksanakan satu minggu, ini nanti akan bergerak semuanya, UMKM bergerak, ekonomi tumbuh, kesejahteraan rakyat otomatis nanti tercapai itu yang namanya Wisata Religi,”jelasnya.

Sedangkan wisata buatan sangat luar biasa sekali, ini yang sudah dikembangkan Pemerintah Daerah Magetan, baik mandiri maupun pemerintah Magetan contohnya di Genilangit, akhir-akhir ini membuat Kebun Buah Srogo, Taman Bunga Refugia.

“Menurut saya membuat wisata buatan itu sangat bagus sekali, tapi jangan sampai wisata alam yang sudah menjadi kekayaan Kabupaten Magetan terabaikan itu yang utama, kalau memang ini semua dikelola, semua wisata jalan biasanya makanan laku, sovenir laku, jajanan laku transportasi laku, hotel laku, rumah pendudukpun di sewa oleh para wisatawan sehingga ini efeknya luar biasa itu yang menjadi perhatian kami selama ini,”pungkas Sujatno

Pos terkait