Bupati Rini Syarifah Kukuhkan Anggota Paskibraka Kabupaten Blitar Tahun 2024

Rini Syarifah Kukuhkan Anggota Paskibraka Kabupaten Blitar Tahun 2024

Beritatrends, Blitar – Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah mengukuhkan 78 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Blitar yang akan bertugas dalam upacara bendera Hari Ulang Tahun ke- 79 Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2024 mendatang.

Pengukuhan 78 angota Paskibraka yang terdiri dari 40 putra 38 putri tersebut, dilakukan di Pendopo Ronggo Hadinegoro (RHN), Rabu (14/08/2024).

Kegiatan tersebut, diawali dengan pengucapan Ikrar Putra Indonesia oleh seluruh peserta, kemudian dilanjutkan prosesi memegang dan mencium bendera merah putih, serta penyematan lencana oleh  Bupati Rini Syarifah.

Sebelumnya, anggota Paskibraka yang dikukuhkan tersebut, telah mengikuti seleksi. Baik dari segi fisik, mental, dan spiritual. Mereka diambil dari perwakilan siswa-siswi dari SMA/MA/SMK/MAN se Kabupaten Blitar. Mereka juga telah melaksanakan rangkaian latihan dan karantina.

Bupati Blitar Rini Syarifah dalam sambutannya menyampaikan selamat atas terpilihnya siswa siswa tersebut, sebagai anggota Paskibrka Kabupaten Blitar Tahun 2024.

“Selamat atas terpilihnya anak-anak tercinta ini sebagai anggota Paskibraka Kabupaten Blitar Tahun 2024. Ungkapan terima kasih dan apresiasi juga saya sampaikan kepada seluruh pelatih, sehingga sukses menghantarkan anak-anak ini menjadi anggota Paskibraka Kabupaten Blitar Tahun 2024,” kata Rini Syarifah.

Bupati Rini Syarifah menyampaikan, bahwa anak-anak ini merupakan putra-putri terbaik Kabupaten Blitar yang telah dinyatakan lulus seleksi dengan berbagai proses dan tahapan yang harus dilalui.

“Dengan terpilihnya kalian sebagai Anggota Paskibraka, menunjukkan bahwa kalian dinilai memiliki kemampuan lebih dibandingkan yang lain,” jelas Mak Rini sapaan akrab Bupati Blitar.

Mak Rini menambahkan, tentunya menjadi suatu kehormatan dan kebanggaan bagi diri sendiri, orang tua, dan sekolah.

“Oleh karena itu, laksanakanlah amanat ini dengan sebaik – baiknya. Tunjukkan bahwa kalian memang layak dan pantas memegang kepercayaan sebagai anggota Pasukan Pengibar Bendera,” imbuhnya.

Baca Juga  Persiapan Pengawasan Pemilu 2024, Bawaslu Magetan Gelar Apel Akbar

Mak Rini juga berpesan untuk menjaga penuh kode kehormatan berupa “Dharma Mulia Putera Indonesia“ dan “Ikrar Putera Indonesia”.

“Camkan dalam hati untuk kemudian aplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Mengingat kalian semua adalah contoh bagi teman-teman yang lain dan lingkungan dimana kalian tinggal,” ujarnya.

Tema Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia tahun ini “Nusantara Baru, Indonesia Maju,” sebuah tema yang mencerminkan semangat untuk pembaharuan dan kemajuan yang berkelanjutan.

“Tema ini tidak hanya menggambarkan arah dan cita-cita bangsa Indonesia untuk masa depan, tetapi juga mengajak seluruh rakyat untuk merefleksikan perjalanan sejarah dan mengambil langkah konkret menuju kemajuan bersama. Tema ini juga mengajak kita untuk menjaga keberagaman, karena Nusantara kaya akan budaya, bahasa, adat istiadat dan agama,” tandasnya.

Orang nomor satu di Pemkab Blitar ini berpesan kepada anak-anak, agar selalu menjaga persatua dan menjunjung toleransi. Apalagi tantangan dan tuntutan sekarang ini semakin berat, seiring dengan perkembangan teknologi informasi.

“Sudah menjadi tugas dan tanggungjawab kita untuk tetap menghadapinya, tentu diantaranya dengan bertransformasi dengan teknologi dan bersikap bijak setiap ada informasi yang masuk. Sehingga paham radikalisme, hoaks, dan upaya-upaya untuk menimbulkan disintegrasi bangsa  bisa diantispasi,” pesannya.

Bupati Blitar juga berharap semau anggota Paskibraka Kabupaten Blitar Tahun 2024 tersebut, menjadi influencer, penyampai pesan positif bagi masyarakat.

“Doa dan harapan kita, kalian semua termasuk seluruh anak-anak di Kabupaten Blitar bisa berkarya untuk bangsa. Karena tongkat estafet pembangunan kelak ada di tangan kalian,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *