Magetan Peringati Hari Anak Nasional : Anak Terlindungi, Indonesia Maju

Beritatrends, Magetan – Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, berlangsung dengan penuh keceriaan melalui serangkaian kegiatan yang melibatkan anak-anak dari berbagai jenjang pendidikan.

Dengan tema ‘Anak Terlindungi Indonesia Maju’ subtema ‘Dare Lead and Speak Up : Anak Pelopor dan Pelapor’, acara ini diprakarsai oleh Forum Anak Magetan sebagai bentuk partisipasi aktif anak-anak.

Plt. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPKB-PPPA) Magetan, Miftahuddin, mengajak anak-anak untuk memahami peran mereka sebagai agen perubahan di lingkungan sekitar.

“Kami membina pengkaderan dan kepemimpinan agar anak-anak berani memperjuangkan hak-hak mereka dan melaporkan apabila terjadi pelanggaran. Kesadaran anak-anak akan peran mereka sangat penting untuk membangun masyarakat yang peduli terhadap hak-hak anak,” jelasnya, dalam puncak peringatan HAN di Pendopo Surya Graha, Kamis (18/07/2024).

Sedikitnya terdapat tiga lomba dalam rangka Hari Anak Nasional yang digelar di Magetan, yaitu Lomba Mewarnai Tingkat PAUD/TK, Lomba Menari Tingkat SD/sederajat, serta Lomba Drama Tingkat SMP/sederajat.

Pj. Bupati Magetan, Hergunadi, memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam peringatan Hari Anak ini.

“Terima kasih kepada bapak ibu dan anak-anak yang telah melaksanakan kegiatan ini. Ini adalah bukti kepedulian kita terhadap anak-anak. Saya berharap, anak-anak selalu menaati perintah orang tua dan guru, serta menjadikan mereka sebagai tempat berlindung ketika menghadapi masalah,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Pj. Bupati menyoroti pentingnya infrastruktur yang mendukung perkembangan anak dan pengawasan penggunaan gadget. Ia juga menekankan perlunya peningkatan kegiatan kolaboratif.

Hergunadi turut mengajak masyarakat untuk memberikan masukan dan ide dalam mendampingi anak sejak kecil hingga dewasa.

“Anak-anak tolong diawasi, baik dari orang tua dan pegiat yang peduli anak bisa memberikan masukan dan solusi sehingga dapat mewarnai kebijakan pemerintah dalam mengelola anak,” pintanya.

Baca Juga  Warga Desa Ngrandu Terima Ikan Segar Dari Bupati Ponorogo

Peringatan Hari Anak di Magetan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan anak-anak di Kabupaten Magetan, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan terhadap anak-anak.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *