Peningkatan Jumlah Penerima BLT DBHCHT di Ponorogo

Beritatrends, Ponorogo – Kabupaten Ponorogo mengalami peningkatan signifikan dalam jumlah penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) pada tahun ini.

Berdasarkan data terbaru, jumlah penerima BLT tahun ini mencapai 5.949 orang, meningkat dari 4.275 orang pada tahun lalu.

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, yang akrab disapa Kang Giri, secara simbolis menyerahkan bantuan tersebut pada Jumat (6/9/2024).

Setiap penerima BLT menerima bantuan sebesar Rp600 ribu. Peningkatan jumlah penerima ini, menurut Bupati Sugiri, tidak terjadi begitu saja. Hal ini sejalan dengan perluasan area tanam tembakau di wilayahnya.

“Kami mengalami penambahan luas lahan perkebunan tembakau yang signifikan, hingga mencapai ratusan hektare. Akibatnya, hasil produksi tembakau juga meningkat,” ujar Bupati Sugiri.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos-PPPA) Kabupaten Ponorogo, Supriadi, menambahkan bahwa pertambahan luas perkebunan tembakau juga berpengaruh pada jumlah kelompok petani tembakau.

“Jumlah kelompok petani tembakau yang semula 70 kelompok kini meningkat menjadi 127 kelompok. Hal ini juga diikuti dengan peningkatan jumlah buruh tani tembakau,” jelas Supriadi.

Peningkatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat setempat dan memperkuat sektor pertanian tembakau di Kabupaten Ponorogo.

Baca Juga  Bupati Rohil Terima Kunjungan Kasdam 1 Bukit Barisan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *